Sukses

10 Fungsi Norma Sosial, Ciri-Ciri, Macam-Macam, dan Pengertiannya Menurut Ahli

Fungsi norma sosial yang paling utama adalah mencapai tujuan bersama dalam masyarakat.

Liputan6.com, Jakarta Memahami bahwa fungsi norma sosial tidak sekadar aturan yang harus dipatuhi, penting sekali. Norma sosial adalah bentuk kesepakatan bersama yang tujuan utamanya menciptakan perdamaian sekaligus kesejahteraan.

Maka dari itu menaati norma sosial yang sudah dibuat secara sadar, berdasar kesepakatan bersama, dan berlaku di masyarakat tidak boleh dilakukan semena-mena. Fungsi norma sosial yang paling penting adalah mencapai tujuan bersama dalam masyarakat

Sebenarnya fungsi norma sosial ada banyak sekali. Akan tetapi norma secara umum hanya dihimpun menjadi empat macam saja. Ada norma sosial keagamaan, norma sosial hukum, norma sosial kesusilaan, dan norma sosial kesopanan.

Agar bisa lebih memahaminya, berikut Liputan6.com ulas fungsi norma sosial, ciri-ciri, dan macam-macamnya dari berbagai sumber, Rabu (27/1/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Fungsi Norma Sosial

1. Fungsi norma sosial adalah bisa mencegah terjadinya benturan kepentingan masyarakat.

2. Fungsi norma sosial adalah menciptakan kehidupan masyarakat menjadi aman, tenteram, dan tertib.

3. Fungsi norma sosial adalah memberi petunjuk atau pedoman bagi setiap individu dalam menjalani kehidupan di masyarakat.

4. Fungsi norma sosial adalah membantu mencapai tujuan bersama dalam masyarakat.

5. Fungsi norma sosial adalah mengatur tingkah laku masyarakat agar sesuai nilai yang berlaku.

6. Fungsi norma sosial adalah memberikan batasan berupa larangan atau perintah dalam berperilaku dan bertindak.

7. Fungsi norma sosial adalah memaksa individu menyesuaikan dan beradaptasi dengan norma-norma yang berlaku di dalam masyarakat serta menyerap nilai-nilai yang diharapkan.

8. Fungsi norma sosial adalah dasar pemberian sanksi kepada masyarakat yang melanggar norma.

9. Fungsi norma sosial adalah aturan, panduan, tatanan, pengendalian, ukuran, dan tolok ukur untuk bermasyarakat.

10. Fungsi norma sosial adalah dipatuhi dan dihormati demi kesejahteraan bersama.

3 dari 7 halaman

Memahami Norma Sosial

Norma sosial sangat diperlukan untuk mewujudkan dan menjaga tatanan kehidupan bersama yang harmonis. Apabila fungsi norma sosial benar-benar bisa diberlakukan, maka akan terjadi keteraturan dalam bermasyarakat. 

Secara etimologi, kata norma berasal dari bahasa Belanda, yaitu “norm” yang artinya patokan, pokok kaidah, atau pedoman. Namun beberapa orang mengatakan bahwa istilah norma berasal dari bahasa latin, “mos” yang artinya kebiasaan, tata kelakuan, atau adat istiadat.

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) menyebut norma/nor·ma/ merupakan aturan atau ketentuan yang mengikat warga kelompok dalam masyarakat, dipakai sebagai panduan, tatanan, dan pengendali tingkah laku yang sesuai dan berterima.

Setiap warga masyarakat harus menaati yang berlaku, aturan, ukuran, atau kaidah yang dipakai sebagai tolok ukur untuk menilai atau memperbandingkan sesuatu. Hal ini serupa dengan pengertian norma sosial menurut para ahli.

4 dari 7 halaman

Norma Sosial Menurut Para Ahli

Robert M.Z. Lawang

Norma sosial adalah patokan perilaku dalam suatu kelompok tertentu.

Richard T. Schaefer dan Robert P. Lamn

Norma sosial adalah standar dari perilaku yang lurus yang dipelihara oleh setiap masyarakat.

John J. Macionis ( 1997 )

Norma sosial adalah segala aturan dan harapan masyarakat yang memandu segala perilaku anggota masyarakat.

Soerjono Soekanto

Norma sosial adalah sebuah perangkat di mana hal itu dibuat agar hubungan di dalam suatu masyarakat dapat berjalan seperti yang diharapkan.

AA. Nurdiaman

Norma sosial adalah suatu bentuk tatanan hidup yang berisikan aturan-aturan dalam bergaul di masyarakat.

Bellebaum

Norma sosial adalah sebuah alat untuk mengatur setiap individu dalam suatu masyarakat agar bertindak dan berperilaku sesuai dengan sikap dan keyakinan tertentu yang berlaku di masyarakat tersebut.

E. Utrecht

Norma sosial adalah segala himpunan petunjuk hidup yang mengatur berbagai tata tertib dalam suatu masyarakat atau bangsa yang mana peraturan itu diharuskan untuk ditaati oleh setiap masyarakat, jika melanggar maka akan adanya tindakan dari pemerintah.

5 dari 7 halaman

Ciri-Ciri Norma Sosial

1. Ciri-ciri norma sosial adalah secara umum tidak tertulis.

2. Ciri-ciri norma sosial adalah bagian dari hasil kesepakatan bersama.

3. Ciri-ciri norma sosial adalah menjadikan masyarakat sebagai pendukung yang menaatinya.

4. Ciri-ciri norma sosial adalah bagi yang melanggar harus mendapatkan sanksi atau hukuman.

5. Ciri-ciri norma sosial adalah bisa menyesuaikan dengan perubahan sosial sehingga dapat dikatakan norma sosial dapat mengalami perubahan.

6. Ciri-ciri norma sosial adalah sudah dibuat secara sadar dan transparan.

6 dari 7 halaman

Macam-Macam Norma Sosial

Norma Sosial Keagamaan

Sila pertama yang tertulis dalam Pancasila berbunyi “Ketuhanan yang Maha Esa” yang berarti setiap warga negara Indonesia bebas menganut agama dan menjalankan ibadah yang sesuai dengan ajaran agamanya, bertoleransi serta menghormati satu sama lain.

Macam-macam norma sosial yang harus dipatuhi oleh masyarakat ada norma agama yang harus ditaati bagi penganutnya sesuai kepercayaan masing-masing.

Norma agama merupakan peraturan hidup yang harus diterima manusia sebagai perintah-perintah larangan-larangan dan ajaran-ajaran yang berasal dari Tuhan yang Maha Asa. Norma ini bersifat dogmatis, tidak boleh dikurangi dan tidak boleh ditambah.

Norma Sosial Hukum

Macam-macam norma sosial yang harus ditaati  yang kedua yaitu norma hukum. Norma hukum merupakan peraturan hidup yang dibuat oleh lembaga kekuasaan negara yang bertujuan mewujudkan ketertiban dan kedamaian dalam masyarakat untuk menciptakan keadilan dan kepastian hukum.

Tentu saja agar bisa melindungi kepentingan orang lain misalnya berkaitan dengan jiwa, badan, kehormatan, dan kekayaan harta benda. Keberadaan norma hukum akan tercipta tatanan kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara yang tertib, aman, rukun, dan damai.

7 dari 7 halaman

Macam-Macam Norma Sosial

Norma Sosial Kesusilaan

Macam-macam norma sosial yang harus kamu pahami selanjutnya norma susila atau kesusilaan. Norma susila merupakan peraturan hidup yang bersumber dari hati nurani manusia.

Norma ini menentukan mana yang baik dan mana yang buruk sesuai kabaikan yang ada dalam diri masing-masing orang

Norma sosial kesusilaan menata tindakan manusia dalam pergaulan sosial sehari-hari, seperti pergaulan antara pria dan wanita. Hal ini dilakukan untuk mengendalikan tutur kata sikap dan perilaku setiap individu melalui teguran hati nuraninya sendiri.

Norma Sosial Kesopanan

Macam-macam norma sosial yang harus dipahami selanjutnya adalah norma kesopanan atau norma sopan santun, tata krama, dan adat istiadat.

Norma kesopanan yang khas dan aktual akan berbeda antara masyarakat satu dengan yang lainnya kerana Indonesia memilki beragam suku budaya masing-masing.

Keberadaan norma sosial kesopanan adalah bentuk ketentuan hidup yang bersumber dari pergaulan masyarakat. Norma ini didasari kebiasaan, kepatutan, kepantasan yang berlaku dalam masyarakat.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.