Sukses

12 Penyebab Korsleting Listrik di Rumah, Waspadai dan Ketahui Cara Mencegahnya

Ada beragam penyebab korsleting listrik di rumah yang patut diwaspadai.

Liputan6.com, Jakarta Listrik menjadi salah satu kebutuhan yang penting dalam kehidupan sehari-hari. Tapi sangat disayangkan, dalam penggunaannya masih kerap tidak diperhatikan, terutama dari segi keamanannya. Padahal, hal tersebut bisa menjadi penyebab korsleting listrik di rumah.

Kurang pengetahuan perihal penyebab korsleting listrik di rumah, meningkatkan risiko timbulnya kerugian yang lebih besar. Salah satunya bisa menjadi penyebab kebakaran hebat. Lantas apa yang dimaksud dengan korsleting listrik?

Korsleting listrik atau hubungan arus pendek ini dapat terjadi karena adanya hubungan langsung antara konduktor negatif dengan positif. Penyebab korsleting listrik di rumah tersebut bisa timbul karena adanya penyambungan kabel yang tidak memperhatikan kutub-kutub listrik, atau karena adanya konduktor listrik yang tidak tertutup dengan bahan isolator sehingga bersentuhan dengan tidak sengaja.

Tapi sebenarnya, masih banyak penyebab korsleting listrik di rumah lainnya yang perlu diketahui. Pasalnya, penyebab korsleting listrik di rumah tidak hanya dari kesalahan instalasi, namun bisa dikarenakan kebiasaan-kebiasaan yang kurang memperhatikan sisi keselamatan.

Berikut ini Liputan6.com telah merangkum dari berbagai sumber, apa saja penyebab korsleting listrik di rumah yang harus diwadpadai dan bagaimana cara pencegahannya, Rabu (27/1/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Penyebab Korsleting Listrik di Rumah

1. Masalah instalasi listrik

Penyebab korsleting listrik di rumah yang palig umum, bisa dikarenakan instalasi listrik yang tidak baik sehingga memiliki potensi besar jadi penyebab korsleting listrik di rumah. Ada baiknya menggunakan penyedia jasa layanan instalasi listrik yang punya kompetensi di bidang tersebut.

Penyedia jasa tersebut hendaknya memiliki bukti kompetensi berupa Sertifikat Layak Operasi (SLO). Meski demikian, mungkin tidak semua penyedia jasa tersebut memiliki Sertifikat Layak Operasi tersebut. Tapi, setidaknya penyedia jasa instalasi listrik haruslah terdaftar sebagai anggota dari Asosiasi Kontraktor Listrik Indonesia atau yang disingkat dengan AKLI.

 

2. Kabel-kabel rusak

Kondisi lingkungan terkadang membuat kabel yang digunakan pada instalasi listrik menjadi rusak. Seperti, mengelupasnya lapisan pembungkus kabel karena digigit oleh tikus, atau mungkin karena terlindas lemari.

Maka dari itu, perlu dilakukan pengecekan secara rutin terhadap kondisi instalasi listrik di rumah. Apabila ditemukan ada kabel yang terkelupas dan berpotensi jadi penyebab korsleting listrik di rumah, maka Anda perlu menutupnya dengan plester khusus listrik yang banyak dijual di toko-toko alat listrik. Atau, jika sudah sangat parah, ada baiknya diganti.

Kemudian, perlu tentunya selalu memperbarui instalasi listrik di rumah minimal sekali dalam jangka waktu lima tahun.

3 dari 7 halaman

Penyebab Korsleting Listrik di Rumah

3. Colokan listrik menumpuk

Selanjutnya, hal lain yang bisa jadi penyebab korsleting listrik di rumah yaitu terlalu banyaknya kontak T atau sejenisnya yang menumpuk pada colokan listrik. Dikhawatirkan, penumpukan pada colokan listrik tersebut akan menimbulkan suhu panas yang berasal dari aliran listrik, lalu panas tersebut terperangkap, dan akhirnya menyebabkan korsleting listrik.

 

4. Alat listrik terkena cairan

Alat atau sumber listrik yang terkena cairan, bisa menjadi salah satu penyebab korsleting listrik di rumah. Maka dari itu, letakkan benda yang mungkin mengandung cairan seperti dispenser air minum, aquarium, tempat cuci piring, mesin cuci, dan berbagai lokasi di rumah yang dapat menimbulkan percikan air sejauh mungkin dari peralatan atau sumber listrik agar terhindar dari hal yang tidak diinginkan.

4 dari 7 halaman

Penyebab Korsleting Listrik di Rumah

5. Alat listrik dekat sumber panas

Penyebab korsleting listrik di rumah selain dikarenakan cairan, adanya paparan panas berlebih juga bisa menjadi salah satu penyebab korsleting listrik di rumah. Sumber listrik yang terpapar panas berlebih akan berpotensi menimbulkan percikan api. Itulah mengapa, ada baiknya untuk menjauhkan peralatan listrik dari sumber panas seperti kompor dan sebagainya.

 

6. Sambungan kabel tidak rapi

Selain perihal masalah instalasi listrik yang tidak baik, kondisi sambungan kabel yang tidak rapi juga akan menjadi penyebab korsleting listrik di rumah. Maka dari itu, jika memang harus menyambung kabel, ada baiknya untuk menyambung kabel dengan rapi, baik saat menyolder atau memberi isolator. Tujuannya tentu agar potensi adanya hubungan arus pendek bisa diminimalisir.

5 dari 7 halaman

Penyebab Korsleting Listrik di Rumah

7. Kapasitas kabel tidak sesuai

Kemudian, penyebab korsleting listrik di rumah yaitu adanya penggunaan ukuran serta kapasitas kabel yang tidak sesuai dengan arus listrik yang dihantarkannya. Padahal, ukuran kabel hendaknya disesuaikan dengan besar arus listrik yang akan dilewatinya. Semakin besar arus listrik, maka semakin besar pula kabel yang diperlukan.

 

8. Kontak colokan kendur

Selanjutnya, penyebab korsleting listrik di rumah bisa karena kontak listrik kendur. Posisi colokan yang sudah tidak stabil akan berpotensi menimbulkan percikan api yang bisa menyebabkan hubungan arus pendek.

6 dari 7 halaman

Penyebab Korsleting Listrik di Rumah

9. Alat elektronik yang tidak digunakan

Banyaknya peralatan yang memerlukan listrik dalam satu rumah, bisa menyebabkan beban listrik jadi terlalu berat. Hal tersebut bisa menyebabkan sekring menjadi naik turun dan akhirnya memutus aliran listrik tersebut.

Kemudian, yang menjadi berbahaya, jika terus menerus dibiarkan. Pasalnya, arus listrik bisa tidak stabil dan berisiko tinggi mengalami korsleting. Maka dari itu, solusinya dengan mengurangi beban listrik tersebut dengan mencabutnya, atau menaikkan daya listrik rumah.

 

10. Komponen atau alat listrik tidak standar

Selain itu, penggunaan komponen atau alat listrik tidak standar seperti yang ditetapkan, juga meningkatkan risiko timbulnya korsleting listrik. Itulah mengapa, cara mencegah yang paling tepat adalah dengan menggunakan berbagai peralatan listrik, baik seperti kabel-kabel, stop kontak, saklar, steker, dan berbagai peralatan yang membutuhkan daya listrik agar dapat beroperasi, yang tentunya harus memiliki label Standar Nasional Indonesia (SNI), Standar PLN (SPLN), atau standar dari Lembaga Masalah Kelistrikan (LMK).

7 dari 7 halaman

Penyebab Korsleting Listrik di Rumah

11. Kebocoran rumah

Mungkin jarang disadari, adanya kebocoran di atap rumah bisa saja membasahi beberapa bagian yang terdapat sumber listrik. Hal ini sangat perlu diwaspadai dan segera diatasi. Jika tidak , bukan tidak mungkin korsleting listrik akan terjadi.

 

12. Sumber listrik ilegal

Lalu, penyebab korsleting listrik di rumah yang terakhir, karena ada penambahan daya secara ilegal atau memodifikasi KWH Meter sendiri. Hal ini tentu sangat tidak patut dicontoh dan ada baiknya tidak dilakukan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini