Sukses

7 Cara Menghilangkan Bau Amis Daging Sapi, Bisa dengan Bahan Alami

Cara menghilangkan bau amis daging sapi, cukup dengan bantuan beberapa bahan berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta Sangat beragam olahan daging yang bisa dijadikan aneka masakan nikmat. Daging sapi salah satu yang memiliki banyak penggemar. Meski daging sapi memiliki rasa dan tekstur yang khas, sayangnya tidak banyak orang yang dapat mengolah masakan yang menggunakan daging sapi hingga benar-benar nikmat.

Pasalnya daging sapi punya tekstur yang cukup alot dan bau khas yang bagi beberapa orang cukup mengganggu. Namun tenang, ada beragam cara menghilangkan bau amis daging sapi yang bisa dilakukan.

Cara menghilangkan bau amis daging sapi cukup menggunakan bahan-bahan alami dan diproses dengan langkah yang tepat. Berikut Liputan6.com telah merangkum dari berbagai sumber, bagaimana cara menghilangkan bau amis daging sapi yang tepat, Rabu (27/1/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

1. Buang Lemak pada Daging

Cara menghilangkan bau amis daging sapi yang pertama yaitu dengan menyingkirkan kandungan lemak yang ada di daging sapi. Pasalnya, bau amis yang dihasilkan justru berasal dari kandungan lemaknya. Maka dari itu, dengan menghilangkan lemaknya setidaknya akan mengurangi bau amis pada daging sapi tersebut.

3 dari 8 halaman

2. Gunakan Cuka

Selanjutnya, cara menghilangkan bau amis daging sapi bisa menggunakan bantuan baha berupa cuka. Selain mudah ditemukan di warung sekitar, cuka sangat efektif menghilangkan bau amis pada daging sapi tersebut.

Langkah yang perlu dilakukan, yaitu dengan memastikan daging sapi sudah bersih dari kotoran dan darah yang masih mengalir. Kemudian balur daging sapi menggunakan cuka hingga rata. Jangan terlalu banyak dalam menggunakan cuka, cukup gunakan sekitar setengah sendok teh cuka untuk satu potongan daging. Pasalnya, apabila terlalu banyak giunakan, ditakutkan justru akan menghilangkan cita rasa dari daging sapi tersebut.

4 dari 8 halaman

3. Baluri Parutan Nanas

Cara menghilangkan bau amis daging sapi dengan nanas mungkin sudah tidak asing lagi. Ya, selain ampuh menghilangkan bau amis pada sapi, penggunaan nanas juga bisa membuat daging sapi lebih empuk.

Namun yang perlu diperhatikan, jenis yang harus dipilih adalah nanas muda. Harus menggunakan nanas muda karena adanya getah dari nanas tersebut. Di mana dapat menghilangkan bau amis yang ada pada daging sapi lebih efektif.

Langkah yang perlu dilakukan adalah dengan memarut nanas tersebut. Kemudian cukup tabur nanas ke seluruh bagian daging sapi hingga rata. Selanjutnya diamkan selama 20 menit supaya bau amis yang ada pada daging sapi dapat segeara hilang.

Tapi, pastikan juga jangan terlalu lama saat membalur nanas tersebut, karena berpotensi membuat tekstur daging sapi jadi terlalu lunak bahkan bisa hancur.

5 dari 8 halaman

4. Taburi Garam

Apabila daging sapi sudah terlanjur dicuci, maka cara menghilangkan bau amis daging sapi bisa dengan menaburkan atau melumuri daging dengan garam. Menaburi daging sapi menggunakan garam secara keseluruhan sangat efektif dalam menetralkan bau tidak sedapnya.

Langkahnya, yaitu dengan menaburi garam secara merata ke seluruh bagian daging sapi. Ada pun jenis garam yang bisa digunakan yaitu garam kasar atau juga bisa dengan garam halus. Jika sudah merata, selanjutnya perlu diamkan daging selama 60 menit. Jika sudah, jangan lupa bersihkan daging sapi dari garam dengan air kemudian langsung rebus dan olah sesegera mungkin.

6 dari 8 halaman

5. Parutan Jahe

Cara menghilangkan bau amis daging sapi juga bisa dengan parutan jahe. Langkah yang bisa dilakukan, yaitu dengan memarut jahe terlebih dahulu. Kemudian oleskan hingga rata pada daging sapi. Jika sudah, lanjut diamkan kurang lebih sekitar 30 menit. Setelah itu bersihkan daging dari sisa ampas parutan jahe. Barulah daging sapi dapat diolah menjadi aneka jenis masakan.

7 dari 8 halaman

6. Lumuri Jeruk Nipis

Cara menghilangkan bau amis daging sapi berikutnya yaitu dengan memberikan jeruk nipis. Sebenarnya, tidak harus dengan air dari buahnya, bisa juga menggunakan bagian daunnya. Tapi tidak hanya ampuh mengurangi bau amis, penggunaan jeruk nipis juga bisa melunakkan daging.

Langkah yang perlu dilakukan, pertama-tama adalah dengan memeras jeruk nipis hingga mengeluarkan sarinya. Jika menggunakan daunnya, bisa dengan menghancurkan hingga cukup halus. Setelah itu, baluri daging sapi dengan air atau daun jeruk nipis tersebut.

Ternyata, selain ampuh mengurangi bau amis pada daging sapi, jeruk nipis juga berfungsi untuk membunuh bakteri yang ada pada daging sapi.

8 dari 8 halaman

7. Bungkus Daun Pepaya

Lalu cara menghilangkan bau amis daging sapi yang terakhir juga bisa dengan menggunakan daun papaya. Pasalnya di dalam daun pepaya ada suatu enzim yang dapat menetralkan bau amis pada daging sapi sekaligus melembutkan dagingnya.

Caranya juga cukup mudah. Pertama-tama siapkan beberapa lembar daun pepaya yang sudah dibersihkan. Selanjutnya bungkus daging sapi yang telah dipotong-potong menggunakan daun pepaya tersebut.

Apabila daging sapi dibungkus dengan daun pepaya, maka enzim yang ada di dalam daun pepaya juga akan bekerja melembutkan daging. Jika tidak ada daun pepaya, alternatif lain untuk menggantikan daun pepaya yaitu daun jati.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini