Sukses

10 Hal yang Bisa Membuat Kucing Kesayangan Menjadi Ketakutan

Liputan6.com, Jakarta Kucing memiliki reputasi sebagai hewan yang mudah ketakutan. Begitu banyak hal yang ditakuti sehingga mengarah pada sebutan kalau kucing itu penakut. Beberapa hal yang paling menakutkan bagi kucing terkadang sesuatu yang tidak disangka-sangka oleh pemilik kucing. 

Tanpa disadari, benda atau mainan yang kamu berikan kepada kucing adalah sesuatu yang menakutkan dan membuat si kucing merasa cemas. Kucing yang ketakutan tidak hanya meningkatkan rasa cemasnya, tetapi juga akan mengancam kesejahteraan mereka secara keseluruhan dan dapat melemahkan ikatan dengan kamu.

Dikutip dari animalwised.com, kamu bisa mengetahui setidaknya ada 10 hal yang umumnya ditakuti oleh kucing. Sehingga kamu dapat menghindarinya agar tidak mengganggu kucing kesayangan. 

Penting juga untuk diperhatikan bahwa tidak semua kucing sama-sama takut dengan hal-hal di daftar ini. Beberapa bahkan mungkin menyukai hal-hal yang biasanya membuat takut kucing lain. Oleh karena itu sebagai pemilik kucing penting untuk mengetahui kepribadian dan kebiasaan si kucing kesayangan.

1. Air

Jika kita senang sekali bermain air, maka sebaliknya bagi sebagian besar kucing, air adalah sesuatu yang dibenci. Bahkan jika hanya beberapa tetes yang jatuh ke tubuh mereka, itu dapat menyebabkan ketakutan besar-besaran. Ini mungkin tampak aneh bagi hewan yang suka bersih-bersih dengan menjilati tubuhnya.

Meskipun kucing adalah hewan yang sangat bersih, ada kalanya mereka perlu dimandikan. Oleh karena itu, kamu perlu memastikan aktivitas mandi kucing dibuat senyaman mungkin. Perkenalkan air secara perlahan, sentuh dia dengan lembut dan yakinkan di setiap sentuhan salurkan energi positif. 

Di samping itu, meskipun kebanyakan kucing mampu berenang, banyak yang memilih untuk tidak dan tidak akan terbiasa dengannya. Karena tidak menutup kemungkinan bisa menyebabkan kepanikan dan bahkan tenggelam.

Meskipun hanya sedikit kucing yang suka pergi ke air dengan bebas, beberapa ras kucing terkenal suka berinteraksi dengan air tanpa rasa takut. Kucing Maine Coon, Siamese, dan Bengal sering senang berinteraksi dengan air.

2 dari 6 halaman

2. Bau yang kuat

Kucing memiliki indera penciuman yang sensitif. Mereka memperhatikan aroma di lingkungan  dan akan merespon berbagai feromon secara intens. Beberapa bau, seperti yang diberikan oleh catnip, akan disukai kucing. Namun, jumlah kesenangan yang mereka dapatkan dari bau yang mereka sukai dapat diimbangi dengan jumlah ketakutan yang mereka alami karena bau yang mereka benci.

Bau kuat tertentu sangat tidak menyenangkan bagi kucing. Ini termasuk cuka, bawang, bensin, minuman beralkohol, buah jeruk dan lain-lain. Beberapa kucing sangat sensitif, bahkan bau yang tertinggal di udara bisa membuat mereka ketakutan. Namun, hal ini tidak selalu terjadi. Beberapa kucing mungkin tertarik dengan bau lemon dan bahkan suka menjilatinya.

3. Dikendalikan 

Kucing adalah hewan yang sangat mandiri. Meski begitu mereka menyukai kasih sayang dan ingin menghabiskan waktu dengan pemilik dan para penghuni rumah. Ketika berinteraksi dengannya juga tetap harus memperhatikan privasi dan keinginannya.

Salah satu hal yang paling membuat kucing takut adalah ketika kita mencoba memeluknya. Sedikit pelukan lembut saat mereka berbaring biasanya bisa diterima olehnya. Namun, jika seseorang mencoba meraih dan memeluknya dengan erat, kebanyakan kucing tidak menganggap ini sebagai tanda kasih sayang.

Mereka akan berpikir bahwa mereka sedang ditahan dan akan menjadi takut jika karena khawatir disakiti. Di samping itu, kucing memiliki cara berkomunikasi yang berbeda dengan manusia, jadi penting bagi kita untuk mempelajari bahasa mereka dan memahami bahwa mereka akan kesulitan mengidentifikasi makna kita.

3 dari 6 halaman

4. Orang asing

Kucing adalah hewan yang jauh lebih kecil daripada manusia dan, oleh karena itu dia memiliki alasan untuk menjadi gentar. Mereka terikat dengan pemilik dan keluarganya karena mereka tahu akan menyediakan makanan, air, tempat berteduh, perawatan dan, yang terpenting, tidak mungkin menyakiti mereka.

Kehadiran orang asing membuat banyak kucing tidak akan merasakan kepercayaan diri yang sama. Mereka mungkin tidak langsung melarikan diri, tetapi banyak yang akan berhenti karena ketakutan atau ketakutan. Seperti yang lain dalam daftar hal-hal yang membuat takut kucing ini, beberapa kucing bisa sangat ramah dan akan mendekati orang asing tanpa rasa takut. Kembali lagi, kenali kepribadian dan kebiasaan kucing kamu.

5. Suara keras

Kucing memiliki indra yang berkembang dengan baik dan pendengaran yang umumnya cukup mahir. Mereka sensitif terhadap suara-suara umum di lingkungan mereka.

Karena kucing tidak begitu memahami semua kenyamanan modern kehidupan manusia, ada banyak hal di rumah yang dapat membuat mereka takut dengan suara. Seperti petasan, penyedot debu, klakson, dan apa pun yang dapat menimbulkan suara keras yang tidak terduga. Termasuk suara-suara yang membuat kita takut.

 

 

4 dari 6 halaman

6. Perubahan rutinitas

Sebagian besar kucing suka memiliki rutinitas dan menaatinya. Mereka makan, tidur, bermain dan kemudian mengulanginya. Mengganggu rutinitas ini bisa membuat mereka takut.  Mereka menjadi takut bahwa sesuatu yang buruk akan terjadi pada mereka. Misalnya, jika kamu mengubah waktu makan malam mereka pada waktu yang berbeda, mereka mungkin menjadi cemas karena tidak diberi makan.

Seputar makanan untuk kucing kesayangan, ini ada pilihan makanan kucing yang sehat dan bernutrisi. Perkenalkan Muezza, makanan dry food Muezza sangat cocok dikonsumsi untuk kucing dewasa karena mengandung protein yang berkualitas tinggi. Makanan kucing ini telah mendapatkan sertifikasi halal dari The Central Islamic Committee Of Thailand, sehingga kamu bisa merasa lebih nyaman dan tenang.

Ada beberapa pilihan rasa yang lezat dan penuh nutrisi dari Muezza, seperti Mackerel Flavor, Ocean Fish Flavor, Tuna Flavor, dan Salmon Flavor. Agar lebih praktis, kamu bisa mendapatkan Muezza dengan paket bundling sekaligus. Tentu dengan varian rasa dan harga yang terjangkau. Sebagai contoh, kamu bisa mendapatkan paket bundling dengan 2 varian sampai 3 varian rasa dari Muezza. Yuk segera beli varian rasa terfavoritnya di Shopee dan Tokopedia.

Beli Muezza di Shopee

Beli Muezza di Tokopedia

Selain perubahan rutinitas waktu makan, biasanya perubahan besar dalam rutinitaslah yang paling menyebabkan ketakutan adalah pindah ke rumah baru atau bahkan memulai pekerjaan baru. Jadi, jangan lupa untuk selalu memperhatikannya ketika berada di tempat baru.

5 dari 6 halaman

7. Mentimun

Ada banyak GIF dan video YouTube yang menunjukkan beberapa hal yang mengejutkan kucing. Salah satu cara yang paling umum adalah menempatkan mentimun di samping kucing dan memperhatikan tanggapan mereka yang berlebihan. 

Bagi kucing, ukuran, tekstur, warna, dan bentuknya mungkin menyerupai predator alami seperti ular atau reptil lainnya. Jika mereka melihat mentimun, apalagi berada di dekatnya, si kucing bisa  mengira akan diserang.

Selain ketimun, ada buah-buahan dan sayuran lain yang dapat menimbulkan kejutan serupa bagi kucing, seperti labu dan pisang. Secara umum, menakut-nakuti kucing dengan cara ini adalah tindakan yang buruk dan dapat menimbulkan kecemasan yang tidak perlu. Jadi, sebaiknya kamu meninggalkan benda-benda ini di mangkuk buah tempatnya berada.

8. Balon

Saat kita melihat balon di sebuah pesta, pemikiran awal kita mungkin adalah benda-benda yang penuh warna, menyenangkan dan menyenangkan. Bagi seekor kucing, mereka mungkin monster karet di udara yang menakutkan. Saat balon dipompa dan terkena arus udara di dalam ruangan, balon dapat bergerak. Bagi seekor kucing, ini bisa terlihat seperti makhluk hidup. Lebih dari itu, makhluk hidup terbang. Jika mereka melihat balon melayang di atasnya, kucing mungkin mengira ini adalah hewan yang akan menyerang.

Seperti beberapa benda menakutkan lainnya pada kucing, balon dapat memberikan kejutan yang tidak menyenangkan. Cakar kucing mungkin bagus untuk menghalangi predator yang lebih konvensional, tetapi ketika mereka menempel di balon, letupan berikutnya bisa menyebabkan ketakutan yang cukup besar dan ini bisa membuat kucing ketakutan.

6 dari 6 halaman

9. Anjing

Banyak kucing dan anjing rukun, tetapi hal ini jarang bisa langsung terjadi. Butuh proses. Kucing dan anjing yang bersosialisasi sejak dini dapat tumbuh menjadi sahabat terbaik. Ini adalah proses yang diperlukan untuk saling membantu menyadari bahwa tidak ada predator dan mereka tidak harus bersaing.

Jika seekor kucing melihat seekor anjing yang tidak mereka kenal atau salah mengartikan perilaku anjing, hal itu dapat menyebabkan ketakutan. Bahkan kucing dan anjing yang biasanya rukun bisa saja jadi saling menakuti yang lain. Oleh karena itu, menjalin hubungan yang positif dan menciptakan lingkungan yang aman adalah cara terbaik untuk membantu mereka bergaul tanpa rasa takut.

10. Ketika Kamu Menatap Matanya

Jika kita menatap kucing dalam waktu lama, maka kita bisa membuatnya ketakutan. Ketakutan yang mereka rasakan adalah karena mereka mungkin mengira kamu menguntit atau mencoba terlibat dalam perkelahian.

Namun, tidak semua kucing akan selalu ketakutan hanya karena kamu menatap matanya. Tergantung gestur tubuh dan ekspresi wajah kamu. Jika kamu terlihat mengintimidasi dan menakuti tentu bisa membuat kucing ketakutan. Jika kamu terlihat penuh kasih, memohon, dan lembut, kemungkinan besar mereka akan merasa yakin.

 

(*)