Sukses

Cara Membuat Channel YouTube, Lengkap dengan Tips Sukses Jadi YouTuber

Channel YouTube kini bisa menjadi sumber meraup keuntungan.

Liputan6.com, Jakarta Cara membuat channel YouTube sangatlah mudah. Memiliki channel YouTube kini bisa menjadi sumber meraup keuntungan. Kini, YouTuber menjadi profesi yang makin dipertimbangkan.

Kini siapa saja bisa menjadi YouTuber. Dengan cara membuat channel YouTube, siapapun bisa mendapatkan keuntungan dari YouTube. Cara membuat channel YouTube bisa mengawali perutunganmu dalam dunia digital.

Cara membuat channel YouTube sangat berguna bagi kamu yang hobi membuat konten seperti hobi, vlogging, ulasan, hingga konten penting lainnya. Cara membuat channel YouTube tidaklah serumit yang dipikirkan.

Cara membuat channel YouTube bisa dilakukan dengan cepat dan muda melalui ponsel sekalipun. Berikut cara membuat channel YouTube dan tips menjadi YouTuber sukses, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis (28/1/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Cara membuat channel YouTube dari PC

Kamu bisa membuat channel YouTube dari komputer atau laptop. Cukup dengan sambungan internet, akun Google dan akses browser apapun, kamu bisa membuat channel YouTube dengan mudah. Berikut cara membuat channel YouTube dari PC:

1. Untuk membuat channel YouTube kamu memerlukan akun Google. Ini karena YouTube terintegrasi dengan Google.

2. Buka situs https://www.youtube.com/ di browsermu.

3. Klik Login di pojok sebelah kanan dan masuk dengan akun Googlemu.

4. Setelah masuk dengan akun Google, pada pojok kanan atas, klik akunmu.

5. Pilh opsi Buat Channel atau Create Channel.

6. Akan muncul pop-up untuk memilih nama channel sesuai akun Google atau membuatnya sendiri secara kustom. Pilih nama kustom agar kamu bisa menentukan nama Channel YouTubemu sendiri.

7. Setelah itu masukkan nama channel yang ingin kamu buat, centang syarat dan ketentuan, lalu klik buat.

8. Channel YouTube sudah berhasil dibuat.

9. Kamu bisa mengganti foto profil, deskripsi channel, dan memberi tautan ke situs atau media sosial lainnya.

10. Setelah semuanya selesai kamu bisa mulai mengunggah videomu.

3 dari 7 halaman

Cara membuat channel YouTube dari ponsel

Selain dari PC, kamu juga bisa membuat channel YouTube dari ponsel. Cara ini cukup praktis dan efisien karena kamu tidak perlu repot membuka laptop atau komputer. Sama seperti cara membuat channel YouTube dari PC, kamu memerlukan akun Google untuk bisa membuat channel. Berikut caranya:

1. Buka aplikasi YouTube pada ponselmu.

2. Jika menggunakan ponsel Android, biasanya akun Google sudah terintegrasi di aplikasi YouTube. Pilih ikon akun di pojok kanan atas.

3. Pilih opsi Your Channel. Setelah itu akan muncul pop-up untuk mengisi nama channel. Isi nama channel sesuai keinginanmu.

4. Klik Create Channel.

5. Channel YouTube sudah berhasil dibuat. Ubah foto profil, deskripsi channel, dan kamu juga bisa memberi tautan ke situs atau media sosial lainnya.

4 dari 7 halaman

Cara upload video ke YouTube

Dari PC

1. Di bagian atas halaman, klik ikon Upload Video. Pilih Upload video.

2. Sebelum mulai mengupload video, kamu dapat memilih setelan privasi video. Pilih video yang ingin diupload dari komputer.

3. Kamu juga dapat mengimpor video dari Google Foto.

4. Saat video diupload, kamu dapat mengedit informasi dasar dan setelan lanjutan untuk video tersebut, serta menentukan apakah ingin mengirimkan notifikasi kepada subscriber atau tidak. Jika kamu menghapus centang opsi ini, subscriber tidak akan mendapatkan notifikasi.

5. Kamu dapat membuat judul dengan panjang hingga 100 karakter dan deskripsi hingga 5.000 karakter. Kamu juga dapat menyesuaikan setelan Monetisasi.

6. Klik Publikasikan untuk menyelesaikan proses upload video publik ke YouTube. Jika kamu mengatur setelan privasi video ke Pribadi atau Tidak Publik, cukup klik Selesai untuk menyelesaikan upload, atau klik Bagikan untuk berbagi video secara pribadi.

7. Jika kamu belum mengklik Publikasikan, video tidak dapat dilihat orang lain. Kamu dapat mempublikasikan video kapan saja di Pengelola Video.

Dari ponsel

1. Tap ikon kamera di bagian atas halaman beranda dari halaman navigasi mana saja.

2. Rekam video baru atau pilih video yang ada untuk diupload.

3. Untuk merekam video baru: Tap ikon kamera video dan mulailah merekam. Untuk memilih video yang sudah ada: Gunakan galeri untuk memilih video.

4. Terapkan penyempurnaan opsional pada video tersebut, lalu tap Berikutnya.

5. Sesuaikan judul, deskripsi, dan setelan privasi video. Kamu dapat membuat judul dengan panjang hingga 100 karakter dan deskripsi hingga 5.000 karakter.kemudian tap Upload.

6. Kamu juga dapat mengubah jenis koneksi yang digunakan untuk mengupload video. Caranya adalah buka ikon akun. Tap Setelan> Umum> Upload.

7. Gunakan pengaturan ini untuk membatasi upload melalui Wi-Fi saja.

8. Terkadang Youtube akan mulai mengupload video saat kamu sedang merekam video tersebut. Namun YouTube tidak pernah mempublikasikan video tanpa persetujuan kamu.

5 dari 7 halaman

Tips sukses membuat konten YouTube

Ada beberapa tip berguna untuk memastikan bahwa konten YouTube-mu akan sukses di kemudian hari. Berikut tips sukses membuat konten YouTube:

Rencanakan konten

Sebelum membuat channel YouTube, kamu perlu memutuskan jenis konten video apa yang ingin kamu tampilkan. Kamu harus konsisten pada tema dan konsep yang kamu pilih. Misalnya, banyak YouTuber sukses memiliki saluran khusus untuk perjalanan, tutorial, atau kehidupan sehari-hari mereka.

Biasanya penonton akan tertarik jika konten mewakili dirinya. Jadi berikan konten yang dibutuhkan dan mewakili banyak orang.

Bekali dengan peralatan

Untuk menjaga kualitas konten, kamu mungkin memerlukan peralatan yang mumpuni. Menggunakan smartphone merupakan kebutuhan minimal untuk membuat konten. Tetapi jika kamu ingin penonton menikmati kontenmu, akan sangat membantu jika kamu berinvestasi dalam peralatan yang tepat.

Sebagian besar YouTuber menggunakan DSLR atau kamera mirrorless, bersama dengan aksesori penting lainnya untuk videografi seperti tripod, mikrofon, lensa, dan pencahayaan studio.

Cari Inspirasi

Ketika channel YouTube mulai berjalan, kamu mungkin lebih dituntut menghasilkan konten baru dan segar. Carilah inspirasi untuk konten yang berkualitas. Buat daftar ide dan seringlah mengeksplor konten-konten lainnya.

 

6 dari 7 halaman

Tips sukses membuat konten YouTube

Mulailah dengan Software Pengeditan Sederhana

Kamu tak perlu software pengeditan yang muluk-muluk. Hanya karena kamu membuat video, bukan berarti kamu memerlukan perangkat lunak tingkat lanjut=) untuk mengedit konten. Program perangkat lunak ini tidak serta merta meningkatkan konten, terutama jika kamu tidak mahir menggunakannya. Jika kamu baru mengenal pengeditan video, kamu bisa memanfaatkan program sederhana seperti Windows Movie Maker atau Apple iMovie.

Optimalkan Video

Rahasia lain untuk memberi video lebih banyak penonton adalah dengan mengoptimalkan konten agar mendapat peringkat di YouTube. Segera setelah kamu mengupload video pertama, berikan judul deskriptif yang kemungkinan besar akan dicari oleh penonton di kotak pencarian. Pastikan untuk memasukkan kata kunci utama atau frase kunci. Selain itu, pastikan untuk menggunakan tag relevan yang akan membantu menempatkan videomu di bawah beberapa kategori terkait.

Bangun Jaringan

Meskipun tidak selalu dikategorikan sebagai situs jejaring sosial, YouTube adalah tentang menghubungkan, berbagi, dan berkolaborasi dengan pengguna lain. Jadi, untuk menjadi sukses, kamu perlu membangun jaringan, terutama pada sesama YouTuber. Kamu bisa masuk ke komunitas YouTube. Membuat kolaborasi dengan YouTuber lain juga terbukti efektif dalam membantu mengembangkan channel YouTube-mu.

 

7 dari 7 halaman

Tips sukses membuat konten YouTube

Selalu terhubung dengan penonton

Seiring waktu, perlahan-lahan kamu akan mendapatkan pengikut dan mendapatkan lebih banyak komentar dari penggemar di video. Kamu bahkan bisa mendapatkan pesan di akun media sosial pribadi. Sebisa mungkin, luangkan waktu untuk terhubung dengan penontonmu.

Ingatlah bahwa akun media sosial adalah perpanjangan dari saluran YouTube, jadi cobalah untuk membagikan informasi menarik di platform sosial populer seperti Instagram, Twitter, dan Facebook. Penting juga untuk mencoba membaca dan menanggapi semua tweet, komentar, dan pesan lain yang kamu terima. Berinteraksi dengan penonton juga dapat membantu mendapatkan inspirasi untuk ide konten baru.

Abaikan Semua Komentar Negatif

Tidak peduli seberapa besar atau kecil channel YouTube, akan selalu ada komentar negatif. Bagaimanapun, YouTube adalah sarang bagi orang-orang kejam yang bersembunyi di balik anonim. Alih-alih membiarkan mereka memengaruhimu, anggap itu sebagai pengingat sederhana bahwa kamu tidak dapat menyenangkan semua orang. Jangan lupakan mereka yang menghargaimu. Carilah kekuatan dari orang-orang ini untuk melewati hal-hal negatif dan terus memproduksi konten terbaik.

Upload video secara berkala

Kiat penting lainnya adalah konsisten dengan unggahanmu. Beberapa pemilik saluran YouTube mempublikasikan video sekali atau dua kali seminggu dan mereka memberi tahu penontonnya tentang jadwal ini. Hal ini memberi peluang lebih besar bagi channelmu untuk mendapatkan aliran penayangan yang stabil. Setelah mengetahui jadwal nyaman yang cocok, patuhi itu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.