Sukses

12 Fungsi Humas dalam Organisasi, Simak Penjelasannya Menurut Ahli

Fungsi humas dalam organisasi yang paling penting, berkaitan dengan strategi komunikasi.

Liputan6.com, Jakarta Fungsi humas dalam organisasi yang paling utama adalah mampu menjembatani hubungannya dengan publik atau masyarakat. Sesuai dengan namanya, humas adalah hubungan masyarakat, istilah lainnya public relation. Dalam sebuah organisasi, keberadaan humas sangat penting dan krusial sekali.

Menurut pendapat para ahli, humas adalah pelopor yang mampu membuat strategi perencanaan tertentu. Bukan hanya untuk kepentingan organisasi. Namun, fungsi humas dalam organisasi yang sesungguhnya bisa menciptakan lingkungan yang saling menguntungkan antara publik dan organisasi.

Fungsi humas dalam organisasi bukan sekadar membangun reputasi positif dan nama baik organisasi. Melainkan membantu organisasi lebih dipercaya dan mampu mencapai tujuan organisasi itu berdiri. Menjadi praktisi humas dituntut memiliki skill komunikasi yang mumpuni.

Berikut Liputan6.com ulas fungsi humas dalam organisasi dan keberadaannya menurut ahli dari berbagai sumber, Kamis (28/1/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Fungsi Humas dalam Organisasi

1. Fungsi humas dalam organisasi adalah mengantisipasi, menganalisis, dan mengartikan opini dan sikap publik terhadap organisasi serta menyusun strategi dengan menggunakan media untuk memberikan pengaruh pada publik.

2. Fungsi humas dalam organisasi adalah merancang strategi untuk mendukung setiap kampanye atau gerakan baru melalui konten editorial organisasi tersebut.

3. Fungsi humas dalam organisasi adalah menulis dan mendistribusikan siaran pers kepada publik terkait dengan organisasi.

4. Fungsi humas dalam organisasi adalah membuat atau menyusun penulisan pidato yang menjadi tanggung jawab organisasi.

5. Fungsi humas dalam organisasi adalah merencanakan dan melaksanakan acara yang berhubungan dengan publik dan media.

6. Fungsi humas dalam organisasi adalah menulis konten untuk web resmi yang dimilikinya.

7. Fungsi humas dalam organisasi adalah mengembangkan strategi krisis hubungan masyarakat yang berkaitan dengan organisasi berdiri.

8. Fungsi humas dalam organisasi adalah memberikan pelayanan dan ulasan publik di situs media sosial yang berkaitan dengan kepentingan organisasi.

9. Fungsi humas dalam organisasi adalah melakukan konseling pada karyawan organisasi yang membahas kebijakan tindakan, tanggung jawab organisasi serta tanggung jawab mereka.

10. Fungsi humas dalam organisasi adalah berhubungan dengan badan pemerintah dan legislatif atas nama organisasi.

11. Fungsi humas dalam organisasi adalah berhubungan dengan kelompok publik dan organisasi lain yang berkaitan dengan kebijakan sosial organisasi dan peraturan pemerintah.

12. Fungsi humas dalam organisasi adalah membangun dan memelihara hubungan baik dengan investor berdasarkan kepentingan organisasi berdiri.

3 dari 5 halaman

Humas Menurut Para Ahli

W. Emerson Reck

Humas adalah kelanjutan penetapan kebijakan dari sebuah institusi agar mendapatkan kepercayaan dari masyarakat.

Edward L. Berney

Humas adalah membujuk publik untuk memiliki pengertian yang mendukung serta memiliki niat baik.

Public Relation World Conference

Humas adalah gabungan seni dan ilmu pengetahuan yang memprediksi kecenderungan, memperkirakan konsekuensi, memberi saran kepada pimpinan organisasi, dan melaksanakan rencana kegaiatan sebagaimana yang telah ditetapkan untuk melayani kepentingan publik dan organisasinya.

Scott M. Cutlip dan Allen H. Center

Humas adalah manajemen publik dalam menilai suatu sikap, menilai suatu kebijakan serta tata cara suatu organisasi untuk kepentingan publik.

Anthony Davis

Humas adalah manajemen komunikasi antara suatu organisasi dengan publiknya.

(British) Institute of Humas

Humas adalah keseluruhan upaya yang dilakukan secara terencana dan berkesinambungan dalam menciptakan dan memelihara niat baik (good-will) dan saling pengertian antara suatu organisasi dengan segenap khalayaknya’.

IPRA (International Public Relation Association)

Humas adalah fungsi manajemen dari ciri yang terencana dan berkelanjutan melalui organisasi dan lembaga swasta atau publik untuk mendapatkan pengertian, simpati dan dukungan dari mereka yang terkait atau mungkin ada hubungannya dengan penelitian opini publik diantara mereka.

4 dari 5 halaman

Memahami Humas dalam Organisasi

Humas adalah kepanjangan dari hubungan masyarakat. Dalam sebuah organisasi, humas berperan mengomunikasikan segala yang berkaitan dengan masyarakat dan organisasi. Peranan humas yang paling utama adalah membangun hubungan baik dan saling menguntungkan dengan publik.

Membangun sebuah citra yang baik di masyarakat adalah tugas seorang humas. Begitu juga fungsi humas dalam organisasi, mampu mengomunikasikan segala sesuatu dengan baik dan bijak. Humas bekerja dengan strategi komunikasi, bisa mengelola penyampaian dan penyebaran informasi yang dapat dimengerti sekaligus diapresiasi publik terkait organisasi.

Tujuan utama humas didirikan adalah mengoptimalkan keberadaan organisasi. Bukan sekadar membangun reputasi positif dan nama baik organisasi. Melainkan membantu organisasi lebih dipercaya dan mampu mencapai tujuan organisasi itu berdiri. Begitu juga mampu memberikan keuntungan bagi organisasi dan publik.

5 dari 5 halaman

Keuntungan Humas dalam Organisasi

1. Keuntungan humas dalam organisasi yang berkaitan dengan kredibilitas adalah bisa mendapatkan kepercayaan publik, karena publik biasanya lebih percaya terhadap pesan yang datang dari pihak ketiga dibandingkan konten yang dibuat oleh organisasi tersebut.

2. Keuntungan humas dalam organisasi yang berkaitan dengan jangkauan adalah strategi hubungan masyarakat yang baik dapat menarik banyak media, sehingga dapat menyebarkan informasi dan konten ke khalayak yang lebih luas.

3. Keuntungan humas dalam organisasi yang berkaitan dengan efektivitas biaya adalah proses hubungan masyarakat dapat membantu menghemat biaya untuk menjangkau khalayak yang lebih luas dibandingkan penggunaan promosi berbayar.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.