Sukses

6 Cara Mencegah Kutu Air di Telapak Kaki, Perhatikan Kebersihan

Liputan6.com, Jakarta Cara mencegah kutu air di telapak kaki adalah dengan memperhatikan kebersihan diri. Kutu air disebabkan oleh jamur kulit yang menimbulkan ruam di antara jari-jari kaki atau telapak kaki. Kutu air atau Tinea pedis disebabkan oleh jamur dengan jenis dermatophytes.

Jamur ini banyak ditemui pada area yang lembap, seperti kolam renang, kamar mandi, dan WC umum); serta bersuhu hangat. Area yang terinfeksi jamur pada kutu air biasanya terlihat memutih, merah, kering, pecah-pecah, gatal, dan melepuh.

Cara mencegah kutu air di telapak kaki cukup sederhana, yaitu dengan menjaga kebersihan kaki, sepatu, dan kaus kaki. Namun, jika sudah telanjur terkena kutu air, bersihkan kaus kaki dan sepatu dengan menggunakan air hangat untuk membunuh jamur.

Selain itu, pengobatan dengan menggunakan salep (harus dengan anjuran dokter) bisa digunakan untuk mengatasi kutu air pada kaki. Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (28/1/2021) tentang cara mencegah kutu air di telapak kaki.

2 dari 4 halaman

Cara Mencegah Kutu Air di Telapak Kaki

Rajin mencuci kaki

Cara mencegah kutu air yang pertama tentunya adalah dengan manjaga kebersihan kaki. Usai beraktivitas di luar, pastikan kamu mencuci kaki sebelum masuk ke rumah maupun kamar.

Tidur dengan kaki yang kotor juga jadi pemicu lain kaki jadi kena kutu air. Setelah mencuci dengan menggunakan air mengalir dan sabun, jangan lupa untuk mengelap kering kaki dengan handuk.

Mengganti kaus kaki secara teratur

Penggunaan kaus kaki secara berulang dapat menyebabkan jamur penyebab kutu air jadi berkembang biak. Hal ini karena kaus kaki yang kamu pakai telah bercampur dengan keringat kaki dan lembapnya suhu sepatu. Oleh karena itu, gantilah kaus kaki setiap kali menggunakan sepatu. 

Pilih sepatu yang berpori dan berbahan alami

Sepatu yang memiliki ventilasi adalah jenis sepatu yang terbaik, sebab kaki mendapat udara dan terhindar dari kelembapan berlebih. Sebaiknya jangan gunakan sepatu berbahan sintetis yang menyebabkan keringat berlebih pada kaki. Bantu kaki bernapas dengan menggunakan sepatu yang terbuat dari bahan alami seperti kulit dan gunakan kaus kaki berbahan katun.

3 dari 4 halaman

Cara Mencegah Kutu Air di Telapak Kaki

Jangan gunakan sepatu secara berulang

Sepatu yang dipakai secara terus-menerus dan jarang dicuci, akan menimbulkan jamur yang membuat kaki jadi gatal dan timbul kutu air. Biarkan sepatu “istirahat” sejenak sebelum akhirnya kamu gunakan lagi beberapa hari kemudian. Gantilah sepatu setidaknya setiap dua hari sekali. 

Jangan gunakan pelembap, gunakan bedak di kaki

Jamur suka pada daerah yang lembap, jadi jangan gunakan pelembap pada bagian kaki jika kamu ingin menggunakan sepatu. Gunakan bedak atau talc pada bagian kaki guna menghindari keringat yang menimbulkan kelembapan pada sela-sela kaki.

Pastikan sepatu kering setelah dicuci

Jamur gemar tinggal di area yang lembap dengan suhu yang hangat. Untuk itu, pastikan sepatu kamu kering luar dan dalam setelah dicuci. Menggunakan sepatu yang masih basah tidak hanya membuat kaki jadi kena kutu air, tapi juga membuat kaki jadi bau. 

4 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Kutu Air Secara Alami

Jika terlanjur mengalami kutu air, kamu mungkin perlu berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat. Selain penggunaan obat-obatan dari dokter, kamu juga bisa menggunakan beberapa bahan alami, seperti:

Bawang putih

Bawang putih dipercaya mengandung antiseptik alami yang dapat membantu mengobati kutu air di telapak kaki. Penelitian menunjukkan, kandungan ajoene dalam bawang putih diduga mampu mengobati kutu air.

Teh

Kandungan polifenol yang terdapat pada teh hijau bersifat antijamur, sehingga dapat mengatasi kutu air di telapak kaki. Caranya dengan merendam kaki ke dalam seduhan teh hijau. Pengelupasan dan kemerahan pada kulit akan terjadi, namun ini merupakan tanda kandungan polifenol tengah bekerja. Lakukan perawatan ini setiap hari selama 3 bulan untuk mendapatkan khasiatnya.

Larutan cuka

Asam asetat yang terkandung dalam cuka diyakini memiliki sifat antijamur, sehingga mampu mengatasi kutu air di telapak kaki. Untuk mendapatkan manfaat cuka ini, kamu dapat mencampur 1 cangkir cuka dengan 2 gelas air. Lalu, rendam kaki yang telah dibersihkan ke dalam larutan cuka tersebut.

Garam laut

Larutkan satu cangkir garam laut ke ke dalam air hangat, kemudian rendam kaki dengan larutan air garam tersebut selama 20 menit, lalu keringkan. Garam laut memiliki sifat antibakteri dan antijamur yang kuat, sehingga dapat mengatasi kutu air di telapak kaki sekaligus menghambat penyebarannya.