Sukses

15 Cara Belajar Bahasa Inggris yang Cepat dan Efektif

Liputan6.com, Jakarta Seiring perkembangan zaman, rasanya hampir tidak ada orang yang tidak bisa bahasa Inggris. Pasalnya, pengaruh adanya globalisasi membuat bahasa Inggris kerap dijadikan bahasa untuk berkomunikasi dengan orang dari seluruh belahan dunia.

Bahasa Inggris sendiri asalnya dari Britania pada abad ke 8. Perkembangan kosa kata bahasa Inggris juga bisa dikatakan sangat cepat. Peneliti Harvard University menyatakan bahwa setidaknya ada 8500 kosakata baru tiap tahun.

Meski bahasa Inggris sudah banyak digunakan, tapi bukan berarti kemampuannya setara. Jika memang kurang mahir, tidak ada salahnya mengetahui bagaimana cara belajar bahasa Inggris yang cepat dan bisa dilakukan sendiri.

Sudah penasaran bagaimana cara belajar bahasa Inggris yang cepat, ya? Nah, berikut ini Liputan6.com telah melansir dari berbagai sumber, bagaimana cara belajar bahasa Inggris yang cepat tersebut, Jumat (29/1/2021).

2 dari 6 halaman

Cara Belajar Bahasa Inggris

1. Pelajari kata dasar bahasa Inggris

Cara belajar bahasa Inggris yang cepat, dengan pelajari dulu berbagai kata sederhana dalam bahasa Inggris yang sering digunakan dalam percakapan sehari-hari. Seperti kata tunjuk aku, kamu, dia, serta kata lain yang umum digunakan pada percakapan sehari-hari.

 

2. Rutin baca kamus bahasa Inggris

Selain itu, cara belajar bahasa Inggris bisa dengan membaca kamus bahasa Inggris. Cara belajar bahasa Inggris ini berguna untuk menambah kosa kata Anda.

 

3. Dengarkan lagu bahasa Inggris dan tulis liriknya

Jika Anda pecinta musik, belajar sembari mendengarkan musik tentu sangat menyenangkan. Tapi, pada tahap ini tidak hanya sekadar mendengarkan lagunya saja. Coba untuk dengarkan baik-baik liriknya dan catat dalam notes atau mungkin ponsel Anda. Jika lirik sudah selesai ditulis, cek lirik tersebut di Internet, benar semua atau ada yang salah. Cara belajar bahasa Inggris ini bisa menambah kemampuan listening Anda.

3 dari 6 halaman

Cara Belajar Bahasa Inggris

4. Tonton film dengan bahasa Inggris

Selain musik, cara belajar bahasa Inggris bisa dengan nonton film. Bisa dengan mulai nonton film tanpa subtitle bahasa Indonesia. Apabila masih kesulitan, coba gunakan subtitle Indonesia namun jangan terlalu sering. Apabila menemukan kata yang susah, coba catat dan cari artinya agar kosa kata bahasa Inggris Anda semakin banyak.

 

5. latihan Inggris lewat internet

Cara belajar bahasa Inggris yang cepat selanjutnya adalah dengan menggunakan fasilitas internet yang tentu saat ini sudah banyak dimiliki tiap orang. Di internet sangat banyak sekali situs yang bisa membantu Anda untuk belajar bahasa Inggris dengan cepat dan benar.

 

6. Pelajari arti kata bahasa Inggris yang sulit dimengerti

Jika selama mendengarkan musik dan menonton film Anda menemukan kata-kata asing yang tidak dimengerti, Ingat, jangan hanya dilewati saja. Catat, pelajari, lalu hafalkan apa sebenarnya arti dan maknanya.

4 dari 6 halaman

Cara Belajar Bahasa Inggris

7. Baca literatur bahasa Inggris

Selanjutnya, jangan lupa untuk membaca beragam literatur apapun yang menggunakan Inggris. Cara belajar bahasa Inggris ini bisa meningkatkan kemampuan membaca (reading) Anda.

 

8. Tulis sesuatu dalam bahasa Inggris

Kemudian, cara belajar bahasa Inggris ini bisa dilakukan jika dirasa vocabulary (kosa kata) bahasa Inggris Anda sudah banyak. Pertama-tama, coba tulis sesuatu dengan menggunakan bahasa Inggris supaya kemampuan writing Anda makin meningkat.

 

9. Coba berbicara bahasa Inggris pada cermin

Sebelum Anda mulai berbicara dengan orang lain dalam bahasa Inggris. Ada baiknya Anda mencoba cara belajar bahasa Inggris ini di depan cermin supaya lebih fasih dan tidak grogi.

5 dari 6 halaman

Cara Belajar Bahasa Inggris

10. Manfaatkan mesin penerjemah

Mungkin mesin penerjemah bahasa Inggris seperti Google Translate sudah tidak asing bagi Anda. Nah, coba manfaatkan fitur terjemahan dengan audio yang disediakan. Cara ini bisa membantu Anda untuk meningkatkan kemampuan dalam mengucapkan kata bahasa Inggris dengan benar.

 

11. Ngobrol dengan orang yang pintar bahasa Inggris

Jika lingkungan sekitar Anda ada seseorang yang fasih berbahasa Inggris, coba kenalan dan ajak untuk berbicara bahasa Inggris ketika akan ngobrol. Ini tentu akan sangat membantu kemampuan speaking Anda.

 

12. Berteman dengan orang luar negeri

Mengingat saat ini arus globalisasi tak terbendung lagi, serta perkembangan teknologi sudah sangat pesat, maka Anda bisa dengan mudah berteman dengan orang asing. Banyak sekali platform media sosial yang bisa digunakan untuk berkenalan dengan orang luar. Tapi yang perlu diingat, pastikan orang tersebut fasih atau memang orang dari negara yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa utamanya.

6 dari 6 halaman

Cara Belajar Bahasa Inggris

13. Kursus

Kemudian, jika memang masih tidak dirasa ada perkembangan dari cara belajar bahasa Inggris di atas, tidak usah sungkan untuk kursus. Banyak lembaga kursus yang menawarkan fasilitas menark, salah satunya dengan tentor atau guru asli dari luar negeri.

 

14. Jadikan kebiasaan

Meski sudah kursus, jika tidak dijadikan kebiasaan juga pasti tidak memberi pengaruh yang besar. Tentu, melakukan cara belajar bahasa Inggris ini bisa meningkatkan kemampuan Anda.

 

15. Terus berlatih

Kemudian, cara belajar bahasa Inggris yang cepat terakhir, dengan terus menerus berlatih. Penghambat terbesar adalah rasa malas dan malu. Tidak perlu malu jika memang melakukan kesalah ketika mengucapkan bahasa Inggris. Tetap semangat dan semoga berhasil, ya.