Sukses

Cara Membuat Kremesan Gurih dan Bersarang, Bikin Nagih

Liputan6.com, Jakarta Ayam goreng kremes termasuk salah satu menu favorit banyak orang. Selain ayam gorengnya yang lezat, kremesan pendampingnya jadi bagian yang tak kalah digemari. Kremesan ayam ini punya rasa gurih, renyah, dan bikin nagih.

Orang terkadang tak segan memesan kremesan lebih untuk menikmatinya. Kremesan bahkan bisa jadi lauk sendiri tanpa ayam goreng. Kremesan bisa dinikmati bersama nasi hangat dan sambal yang pedas.

Cara membuat kremesan ayam ternyata cukup sederhana. Dengan bahan seperti tepung tapioka, tepung beras, air kaldu, dan baking powder, kremesan bisa dinikmati. Sebagian orang mungkin kesulitan membuat kremesan yang renyah dan bersarang.

Dengan memerhatikan teknik dan bahan yang tepat, kamu bisa membuat kremesan renyah dan bersarang. Berikut cara membuat kremesan ayam dan tipsnya agar renyah bersarang, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Sabtu (30/1/2021).

2 dari 7 halaman

Cara membuat kremesan dengan santan

Bahan:

125 gram tepung sagu, boleh diganti tapioka

3 sdm tepung beras

65 ml santan

1 butir kuning telur

150 cc kaldu ayam

85 ml air

penyedap rasa secukupnya

1/2 sdt baking powder double acting

Cara membuat kremesan dengan santan:

1. Campur santan, kaldu ayam, air dan kuning telur, aduk rata.

2. Tambahkan tepung sagu, tepung beras, aduk rata.

3. Panaskan minyak, sambil menunggu minyak panas, tambahkan baking powder ke adonan.

4. Ambil adonan dengan tangan, kucurkan adonan pakai tangan dengan gerakan berputar. Goreng kremesan sampai garing. Angkat dan tiriskan.

3 dari 7 halaman

Cara membuat kremesan tanpa santan

Bahan:

100 gr tepung tapioka

260 ml air kaldu (bisa juga menggunakan bumbu sisa mengungkep ayam)

3 sdm tepung beras

1 sdt baking powder

garam secukupnya

Cara membuat kremesan tanpa santan:

1. Campur semua bahan pastikan adonan tidak terlalu kental.

2. Panaskan minyak cukup banyak, tuang satu sendok sayur adonan sedikit demi sedikit dengan arah memutar sehingga merata di permukaan minyak.

3. Goreng hingga matang sambil sesekali disirami dengan minyak panas. Ketika sudah keras dan tampak matang krispi, angkat.

4 dari 7 halaman

Cara membuat ungkepan ayam

Bahan:

1 kg ayam, potong sesuai selera

Bahan bumbu halus:

5 siung bawang putih

3 butir bawang merah

1 sdt ketumbar

3 cm kunyit

5 lembar daun jeruk, sobek-sobek

4 lembar daun salam

5 cm lengkuas, digeprek

3 batang serai, digeprek

500 ml air

garam dan penyedap rasa secukupnya

Cara membuat ungkepan ayam:

1. Haluskan semua bumbu halus dengan food processor atau ulekan.

2. Ungkep ayam dengan bumbu halus selama 30 menit.

3. Ayam bisa digoreng dalam minyak panas dan sisa air ungkepan bisa dimasukkan pada adonan kremesan.

5 dari 7 halaman

Tips membuat kremesan bersarang

Jenis tepung

Jenis tepung yang bisa digunakan untuk membuat kremesan adalah tepung tapioka dan tepung beras. Tepung tapioka juga bisa diganti dengan tepung sagu. Jangan menggunakan tepung terigu karena akan lembek dan tidak menghasilkan kremes yang renyah dan garing.

Kaldu ayam untuk penambah gurih

Untuk mendapatkan rasa kremesan yang gurih, gunakan kaldu ayam. Kamu bisa menganti air biasa dengan kaldu ayam instan atau kaldu ayam yang didapat langsung dari rebusan ayam. Kamu juga bisa menggunakan sisa air ungkepan ayam yang kaya akan rempah dan perpaduan rasa ayam.

6 dari 7 halaman

Tips membuat kremesan bersarang

Baking powder

Bahan lain yang tak kalah penting untuk membuat kremesan adalah baking powder. Pilihlah jenis baking powder double acting untuk hasil maksimal. Fungsi baking powder sangat penting dalam membuat kremes yang tidak terlalu keras ketika dimakan.

 Gunakan minyak panas yang banyak

Agar kremesan yang dihasilkan lebih kriuk dan renyah, gunakan minyak dalam jumlah banyak. Minyak terlalu sedikit tidak akan bisa menghasilkan gorengan yang matang merata. Kremes juga tidak akan renyah dan garing. Sebelum menuangkan adonan, pastikan juga minyak benar-benar panas. Ini supaya kremesan bisa bersarang. Setelah bersarang, turunkan suhu kompor agar matang merata.

7 dari 7 halaman

Tips membuat kremesan bersarang

Gunakan wajan besar

Tepung tapioka dan tepung beras memiliki tekstur yang lengket. Tepung ini kadang bisa menempel pada wajan. Jadi pastikan menggunakan wajan antilengket. Pilih juga wajan yang besar. Wajan yang besar juga mempermudah saat ingin menyiram atau mengaduk kremes agar matang merata.

Cara menuangkan adonan

Penuangan adonan juga berpengaruh pada bentuk kremesan yang bersarang. Ketikan menuangkan adonan ke wajan panas, angkat tangan agak tinggi dan kucurkan dengan gerakan melingkar. Ini membuat kremesan menyebar dan tidak menggumpal.