Sukses

12 Cara Mencegah Rambut Beruban dengan Alami, Bahan Mudah Didapat

Cara mencegah rambut beruban bisa dilakukan dengan alami, salah satunya dengan merubah gaya hidup.

Liputan6.com, Jakarta Cara mencegah rambut beruban tidak sulit. Sebenarnya, cara mencegah rambut beruban bisa dimulai dari bagaimana gaya hidup serta asupan makanan sehari-hari. Pasalnya, kebiasaan seperti merokok bahkan timbulnya stres bisa menjadi penyebab uban.

Tentu kamu tidak mau rambut jadi beruban, ya kan? Rambut dianggap sebagai mahkota bagi sebagian besar orang. Memiliki rambut hitam yang indah dan berkilau bisa menunjang penampilan. Maka tidak heran jika banyak yang rela merogoh kocek untuk melakukan perawatn rambut.

Meski sudah berusaha membuat rambut indah, jika tidak tahu cara mencegah rambut beruban, rasanya percuma. Sebab, uban tersebut bisa mengganggu keindahan rambutmu.

Lantas, bagaimana cara mencegah rambut beruban tersebut? Berikut ini Liputan6.com telah merangkum dari berbagai sumber, bagaimana cara mencegah rambut beruban yang mudah dilakukan dan efektif, Selasa (2/2/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara mencegah rambut beruban dengan ramuan

Penggunaan ramuan yang digunakan langsung ke rambut bisa jadi pilihan tepat. Berikut bahan-bahan yang bisa digunakan, antara lain:

1. Teh Hitam

Cara mencegah rambut beruban yang pertama bisa menggunakan teh hitam. Teh hitam mengandung antioksidan yang baik untuk rambut, di mana bisa menghambat pertumbuhan uban. Penggunaan teh hitam juga membuat warna rambut lebih gelap dan berkilau.

Cara pakainya, dengan mencampur 2 sdt teh hitam ke secangkir air lalu dinginkan. Kemudian, saring seduhan tersebut dan oleskan ke rambut serta kulit kepala. Pijat kulit kepala beberapa menit, dan diamkan selama 1 jam. Jika sudah, bilas rambut dengan sampo dan kondisioner sampai bersih. Kamu bisa lakukan cara ini 2-3 kali seminggu.

 

2. Daun Kari

Selanjutnya, cara mencegah rambut beruban bisa menggunakan daun kari. Daun ini bisa mencegah timbulnya uban prematur. Cara mencegah rambut beruban ini diperkuat dengan penelitian yang diterbitkan International Journal of PharmTech Research, di mana penggunaan tradisional daun kari untuk mempertahankan warna rambut hitam dan bahkan mampu mencegah uban prematur.

 

3. Bhringaraj (urang-aring)

Kemudian cara mencegah rambut beruban yang cukup terkenal, yaitu dengan menggunakan bhringaraj atau urang-aring. Dalam sebuah penelitian, bhringaraj atau urang-aring, bisa memberi dampa positif seperti menggelapkan rambut serta mencegah rambut jadi putih.

Cara pemanfaatannya bisa dengan merebus daun bhringaraj halus ke dalam minyak kelapa atau minyak wijen, lalu gunakan ke rambut sembari dipijat.

 

4. Rosemary

Cara mencegah rambut beruban yang selanjutnya bisa juga dengan menggunakan rosemary. Caranya dengan mengisi sepertiga toples dengan rosemary kering. Kemudian isi bagian atasnya dengan minyak zaitun ekstra virgin. Selanjutnya, letakan toples di tempat yang terkena cahaya matahari selama 4 sampai 6 minggu.

Kocok setiap beberapa hari sekali. Setelah enam minggu, ramuan tersebut bisa digunakan sebagai minyak rambut dan usapkan secara menyeluruh untuk membantu mengembalikan pigmen rambut.

3 dari 4 halaman

Cara mencegah rambut beruban dengan asupan nutrisi

Selain dengan ramuan yang digunakan langsung pada rambut, perlu juga mengonsumsi nutrisi yang tepat. Berikut ini beberapa jenis asupan nutrisi tersebut:

5. Alpukat

Salah satu cara mencegah rambut beruban dengan mencukupi kandungan vitamin B5 di dalam tubuh. Selain mampu mencegah rambut beruban, vitamin B5 juga berfungsi untuk pembentukan antibody yang menjaga pertahanan tubuh serta membantu menyembuhkan luka.

Alpukat sendiri adalah sumber vitamin B5 yang bisa dikonsumsi. Dengan konsumsi alpukat, maka bisa memperkuat folikel rambut sehingga akan membantu mencegah munculnya uban terutama di usia muda.

 

6. Hati

Selain alpukat, makanan dengan kandungan vitamin B5 lainnya yaitu hati. Dengan konsumsi hati baik dari ayam atau sapi dengan jumlah yang wajar, sudah cukup memenuhi kebutuhan vitamin B5 yang dibutuhkan untuk mencegah timbulnya uban.

 

7. Telur

Di dalam telur, terdapat kandungan vitamin B12. Kandungan vitamin B12 ini mampu memperlancar peredaran darah di tubuh dan kepala. Jika peredaran darah lancar, maka bisa mencegah perubahan warna pada rambut. Selain itu, rambut bisa makin segar dan lebat.

 

8. Almond

Kacang almond dikenal kaya akan vitamin E, protein, serta tembaga yang baik untuk menutrisi rambut dan mencegah penuaan dini. Selain ampuh untuk mencegah munculnya uban di usia dini, kacang almond juga sangat baik untuk menutrisi otak.

4 dari 4 halaman

Cara mencegah rambut beruban dari gaya hidup

Kemudian, perlu juga ada perubahan dari gaya hidup sehari-hari, seperti berikut ini:

9. Jaga Pola Makan

Cara mencegah rambut beruban perlu juga dari pola makan. Pasalnya, dengan aneka nutrisi lengkap yang diterima oleh tubuh, seperti yang disebutkan sebelumnya, dapat jadi salah satu cara mencegah rambut beruban.

 

10. Mengurangi Stres

Cara mencegah rambut beruban yang selanjutnya dengan mengurangi stres. Stres memang tidak bisa dihindari, tapi bisa dikelola agar tidak menyebabkan timbulnya masalah kesehatan lainnya. Kamu bisa memperbanyak kegiatan di luar pekerjaan yang membuat rileks, seperti yoga atau teknik relaksasi lainnya.

 

11. Olahraga

Cara mencegah rambut beruban juga perlu dilakukan olahraga teratur. Sebab dengan tubuh yang sehat dan fit merupakan syarat agar aliran darah menjadi lebih lancar, termasuk aliran darah ke kepala. Jika aliran darah menuju kepala lancar, bisa mencegah timbulnya uban dan memperbaiki pertumbuhan rambut.

 

12. Stop Merokok

Cara mencegah rambut beruban yang terakhir yaitu dengan stop merokok. Rokok sudah lama dikenal sebagai sumber penyakit, serta mempercepat penuaan. Salah satu tanda dari penuaan yaitu timbulnya uban.

Maka dari itu, dengan stop merokok akan mencegah munculnya uban serta mencegah timbulnya komplikasi kesehatan lainnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.