Sukses

Cara Buat Daftar Isi dengan Mudah, Bisa Otomatis dan Manual

Ternyata, cara buat daftar isi bisa dilakukan dengan mudah dan cepat.

Liputan6.com, Jakarta Cara buat daftar isi perlu diketahui, sebab daftar isi dibutuhkan ketika sedang membuat karya tulis, seperti skripsi, laporan, serta penulisan buku. Tujuan dari membuat daftar isi tentunya untuk memudahkan ketika mencari halaman yang ingin dituju. Tapi sangat disayangkan mungkin masih ada yang belum tau dengan benar bagaimana cara buat daftar isi agar lebih rapi.

Mungkin Anda salah satu yang masiah bingung bagaimana cara buat daftar isi agar rapi. Banyak yang bahkan terlalu lama berkutat untuk menyelesaikan bagian daftar isi agar semakin rapi. Tentu, hal ini akan mmbuang waktu produktif untuk melakukan hal lainnya.

Agar tidak semakin bingung, berikut ini Liputan6.com melansir Brillio.net bagaimana cara buat daftar isi tersebut, Selasa (2/2/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cara buat daftar isi secara otomatis

Untuk membuat daftar isi bisa dengan cara otomatis. Cara ini tentu akan cukup cepat dan mudah dilakukan. Berikut langkah-langkahnya:

1. Atur bagian heading

Pertama-tama, langkah awal dalam cara buat daftar isi secara otomatis di Microsoft Word yaitu dengan mengatur bagian heading terlebih dahulu. Terutama, jika kondisi dari tulisan yang disusun ternyata memiliki banyak sub-bab serta poin penting yang cukup banyak.

Lantas bagaimana caranya? Berikut cara mudah membuatnya:

a. Blok kata atau kalimat yang ingin dibuat sebagai daftar isi.

b. Selanjutnya, atur Heading dengan fitur Style. Letaknya ada di bagian tab Home tepatnya di bagian pojok kanan atas.

c. Kemudian pilih Heading 1 untuk bagian utama serta Heading 2 untuk sub bagian. Jalankan langkah ini secara terus menerus hingga sub bagian selesai.

d. Langkah terakhir, pada pop up menu Styles, setelah pilih Heading dapat dipilih tanda panah yang ada di sampingnya lalu klik Options. Kemudian akan muncul pop up baru untuk mengatur jenis font, ukuran, ketebalan, jarak kalimat, dan lain sebagainya. Sesuaikan dengan keinginan Anda.

 

2. Mulai masukkan daftar isi

Jika pada tahapan heading telah selesai, maka Anda bisa mulai lanjut ke halaman kosong yang akan dijadikan sebagai daftar isi. Tidak sulit, berikut langkah untuk memasukkannya:

a. Masuk ke menu References pada bagian atas, tepatnya ada berdampingan dengan Home dan lainnya.

b. Kemudian pilih menu Table of Contents.

c. Selanjutnya pilih antara cara buat daftar isi dengan otomatis atau manual.

d. Opsi pertama dan kedua adalah Tabel Otomatis (Automatic Table 1 dan Automatic Table 2), pilihan ketiga dengan Manual Table.

e. Tambahkan atau mengubah rincian dengan cara klik pada bagian daftar isi. Lalu klik Update Table di pojok kiri atas, maka angka halaman juga ikut otomatis terisi.

f. Sedangkan opsi ketiga merupakan Tabel Manual (Manual Table). Pada opsi ini Anda tidak perlu mengatur Heading seperti contoh di atas.

g. Apabila membuat perubahan pada dokumen daftar isi tipe manual, perbarui daftar isi dengan mengklik bagian daftar isi tersebut, lalu ketikkan kalimat apa yang diinginkan.

 

3. Lakukan pembaruan tabel

Selanjutnya, Anda bisa juga perbarui tabel. Terutama jika memang ada beberapa perubahan yang diterapkan pada dokumen, seperti halaman atau judul sub bab, sehingga diperlukan adanya perubahan juga pada daftar isi. Caranya adalah:

a. Pertama, pilih tombol Update Table di pojok kiri atas.

b. Kemudian Anda bisa menentukan apakah akan memperbaharui nomor halaman saja atau mengupdate tabel secara keseluruhan.

3 dari 3 halaman

Cara buat daftar isi secara manual

Biasanya, langkah cara buat daftar isi manual ini digunakan jika tugas Microsoft Word tidak punya sub bagian, dan tidak terlalu panjang. Berikut langka-langkahnya:

 

1. Mengatur Right Tab

a. Langkah pertama dengan mengatur right tab terlebih dahulu. Guna menampilkan ikon right tab, Anda harus menampilkan Ruler pada tab View.

b. Jika Ruler sudah ditampilkan, Anda baru bisa melihat ikon Tab ini, di pojok kiri atas, tepatnya di bawah ikon Paste. Klik ikon Tab tersebut hingga terpilih Right Tab.

c. Langkah selanjutnya Anda bisa mengatur posisi Right Tab tersebut melalui ruler yang telah ditampilkan, di bagian atas dokumen. Dengan begitu, Anda bisa meletakkan nomor halaman dengan rapi dari sini.

d. Kemudian, Anda bisa double click pada Tab pojok kiri atas, atur untuk membuat batas titik-titik daftar isi akan berhenti atau mengatur panjangnya titik-titik daftar isi.

e. Terakhir, Anda bisa buat sekali lagi sebagai letak penomorannya.

 

2. Memasukkan daftar isi

a. Langkah pertama, Anda tinggal memasukkan isi dari daftar isi laporan tersebut pada Microsoft word. Setelah memasukkan judul bagian, tekan tombol Tab pada keyboard untuk memunculkan titik-titik secara otomatis.

b. Terakhir, Anda hanya cukup memasukkan nomor halaman yang sesuai dengan letak judul bagian tersebut.

 

Itulah beberapa cara buat daftar isi otomatis di word yang mudah dan praktis. Begitu sederhana untuk diterapkan sebagai cara untuk Anda merapikan tampilan halaman daftar isi tanpa merepotkan diri lagi membuat titik-titik sendiri. Semoga bermanfaat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.