Sukses

9 Fungsi Air bagi Tubuh Manusia, Penting untuk Kesehatan

Liputan6.com, Jakarta Fungsi air bagi tubuh manusia sangat penting untuk memastikan seluruh kinerja tubuh normal. Jika tubuh kekurangan asupan air, maka tidak menutup kemungkinan jika fungsi tubuh akan terganggu, bahkan bisa menyebabkan risiko gangguan kesehatan. Kendati demikian, masih banyak yang kurang menghiraukan fungsi air bagi tubuh manusia.

Mengutip keterangan dr. Andika Widyatama dari KlikDokter, selain dapat membuat dehidrasi, kurang minum air putih juga dapat menimbulkan gangguan pada fungsi tubuh, sehingga menyebabkan masalah kesehatan.

Kemudian menurut dr. Andika, secara terus-menerus tubuh manusia mengeluarkan cairan melalui proses pernapasan, buang air kecil serta besar, dan ketika berkeringat melalui kulit. itulah mengapa, tiap orang perlu mengganti cairan yang keluar dari tubuh tersebut, di mana berasal dari konsumsi air secara cukup.

Lantas, apakah fungsi air bagi tubuh manusia secara lebih luas? Berikut Liputan6.com merangkum dari berbagai sumber, apa saja fungsi air bagi tubuh manusia yang patut diketahui, Selasa (2/2/2021).

2 dari 4 halaman

Fungsi Air bagi Tubuh Manusia

1. Lembapkan mukosa

Fungsi air bagi tubuh manusia yang pertama adalah melembapkan mukosa, tepatnya pada bagian mulut, hidung, serta mata. Mengutip Klikdokter, berdasar keterangan dr. Nurul yang merupakan Ketua Departemen Ilmu Gizi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, ketika sedang bernapas, terdapat kandungan air dalam udara.

Itulah mengapa, tidak heran jika pada area dalam hidung akan basah. Serta bagian mulut normalnya juga akan basah, sebab ada air liurnya. Maka, juga tidak mengherankan apabila saat sedang puasa, bagian mukosa di mulut akan terasa kering.

 

2. Menjaga suhu tubuh

Kemudian, fungsi air bagi tubuh manusia juga berguna untuk mengatur suhu tubuh agar tetap stabil, terutama saat sedang kondisi panas. Sebagai contoh, saat belum mengonsumsi air sama sekali hingga berjam-jam, tubuh akan jadi haus. Kemudian, akan muncul rasa hangat di dalam tubuh. Hal ini karena adanya dehidrasi yang diakibatkan udara dari luar yang panas.

Maka dari itu, fungsi air bagi tubuh manusia yaitu untuk mengatur suhu tubuh agar tetap stabil tertuma saat dalam kondisi panas.

 

3. Menjaga fungsi organ dan jaringan dalam tubuh

Selanjutnya fungsi air bagi tubuh manusia air yaitu berguna untuk melindungi organ dan jaringan dalam tubuh. Pasalnya, beragam sel-sel di dalam tubuh manusia semuanya adalah air. Maka sangat penting untuk menjaga asupan air agar selalu tercukupi.

3 dari 4 halaman

Fungsi Air bagi Tubuh Manusia

4. Pelumas sendi

Fungsi air bagi tubuh manusia juga untuk melumasi bagian-bagian sendi. Sebab sendi manusia agar mampu berfungsi dengan optimal dan normal, perlu air. Ketika tubuh kekurangan air, maka kerja dari sendi tidak nyaman, terutama saat digunakan untuk bergerak.

 

5. Cegah konstipasi

Timbulnya konstipasi erat kaitannya dengan masalah kekurangan serat. Ya, memang hubungannya dengan serat, namun yang perlu diketahui, fungsi air bagi tubuh manusia berperan dalam proses pencernaan.

Pasalnya, sebelum dibuang menjadi kotoran, air akan diabsorbsi oleh tubuh. Sehingga, jika Anda kurang minum, kemampuan absorbsi di dalam tubuh terutama bagian usus besar juga akan berkurang. Hal ini tentu akan berakibat pada konsistensi kotoran yang juga akan jadi lebih keras serta semakin sulit untuk BAB.

 

6. Buang sisa metabolisme

Fungsi dari darah yaitu membawa air, membuang sisa metabolisme, serta membantu proses biokimia. Proses biokimia di dalam tubuh manusia berguna untuk mencerna karbohidrat, protein, lemak. Seluruh hal tersebut membutuhkan air sebagai buffer. Sebab, tanpa adanya bantuan air, maka tubuh tidak dapat memetabolisme zat-zat tersebut.

Lantas apa dampaknya? Tentu saja hal tersebut bisa mengganggu kerja dari metabolisme pada tubuh, dan tentu saja hal ini bisa menimbulkan banyak masalah.

4 dari 4 halaman

Fungsi Air bagi Tubuh Manusia

7. Pelarut zat gizi

Fungsi air bagi tubuh manusia juga untuk melarutkan zat gizi serta membawanya ke seluruh bagian tubuh. Secara teknis, zat gizi tersebut akan dibawa darah. Sedangkan darah sendiri hampir 80 persen lebih komponennya berupa air.

Maka dari itu, bisa dibayangkan jika seseorang kekurangan air, maka bisa dipastikan jika proses membawa nutrisi ke seluruh organ tubuh jadi sangat terganggu.

 

8. Menenangkan saraf

Selanjutnya, fungsi air bagi tubuh manusia bisa menenangkan sistem saraf pusat dalam tubuh manusia. Fungsi air bagi tubuh manusia ini sangat berguna bagi penderita masalah sendi serta pegal linu.

Namun, ada baiknya untuk mengonsumsi air hangat. Pasalnya, hangat yang ditimbulkan bisa memberi sensasi relaks. Jadi tidak heran juga, apabila fungsi air bagi tubuh manusia terutama dalam suhu hangat, banyak digunakan untuk meredakan rasa nyeri akibat kram serta ketegangan otot perut.

 

9. Bawa oksigen ke seluruh jaringan tubuh

Darah di dalam tubuh, selain berfungsi untuk membawa nutrisi, juga menyalurkan oksigen serta zat besi ke berbagai jaringan tubuh. Apabila kekurangan asupan cairan, maka proses transfer oksigen bisa sangat terhambat. Maka sangat tidak heran, apabila banyak orang yang mengalami pusing ketika dehidrasi.

Dengan berbagai fungsi air bagi tubuh manusia di atas, maka jangan sampai kekurangan cairan. Kemudian, pastikan kebutuhan air harian tercukupi. Pada wanita dewasa membutuhkan 1,8 liter atau setara dengan 7 gelas air per hari. Sedangkan pria dewasa membutuhkan 2 liter atau setara dengan 8 gelas air per hari.