Sukses

Cara Membersihkan Face Shield yang Benar, Hilangkan Bakteri

Cara membersihkan face shield perlu dilakukan dengan benar agar virus dan bakteri yang menempel hilang.

Liputan6.com, Jakarta Cara membersihkan face shield yang benar perlu diperhatikan lagi. Berbeda dari masker, pemeliharaan kebersihan face shield masih belum mendapat perhatian khusus dari penggunanya. Padahal, barang satu ini harus sering dibersihkan dan dicuci dengan benar. 

Badan Kesehatan Dunia (WHO) sebenarnya tidak pernah menganjurkan pakai face shield untuk pencegahan utama COVID-19. Namun, untuk proteksi tambahan, face shield boleh digunakan. Asalkan, kamu tetap pakai masker dan cuci tangan dengan sabun dan air secara rutin. 

Cara membersihkan face shield perlu dilakukan dengan benar agar virus dan bakteri yang menempel hilang. Bisa saja ada droplet lawan bicara kamu menempel di face shield. Jika tidak segera dibersihkan, hal ini tentu bisa membahayakan.

Face shield bisa digunakan untuk ke pasar, ke mall, tempat kerja, dan masih aman digunakan jika sering dibersihkan. Tentunya hal ini hanya digunakan untuk tambahan keamanan, karena kamu harus tetap menggunakan masker. Berikut Liputan6.com rangkum dari KlikDokter, Selasa (2/2/2021) tentang cara membersihkan face shield.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cara Membersihkan Face Shield yang Benar

Cara membersihkan face shield yang benar mungkin masih kerap dianggap sepele. Padahal, proteksi tambahan satu ini perlu dicuci dengan cara yang tepat, tidak boleh sembarangan atau sekadar kena air saja.

Berikut cara membersihkan face shield yang benar:

1. Pertama, rendam face shield dalam air hangat untuk menghilangkan partikel droplet, debu, atau bakteri.

2. Bersihkan bagian dalam serta luar face shield dengan kain, spons, atau lap bersih yang dibasahi dengan sabun (bisa pakai sabun pencuci piring). Setelahnya bilas dengan air. 

3. Lalu seka bagian luar pelindung wajah menggunakan kain bersih yang dibasahi larutan desinfektan. Lakukan dengan hati-hati, jangan menggosok terlalu keras.

4. Setelah itu, bilas bagian luar pelindung wajah dengan air bersih untuk menghilangkan residu sabun. 

6. Agar plastik kaca face shield tetap bening, seka dengan alkohol.

7. Setelah selesai, keringkan face shield dengan handuk atau kain lembut berbahan katun.

8. Tempatkan pelindung wajah di wadah penyimpanan yang memiliki sirkulasi udara.

Itulah beberapa cara membersihkan face shield yang benar. Saat mencuci face shield, kamu juga harus memastikan bahwa kamu telah mencuci tangan. Cuci tangan dengan air dan sabun sebelum dan sesudah membersihkan face shield.  Kebersihan tangan diperlukan supaya kamu tidak mengotori face shield dengan bakteri dan virus yang mungkin ada di tangan.

3 dari 3 halaman

Cara Membuat Face Shield Sederhana

Face shield memang bisa digunakan berulang, namun bukan berarti bisa digunakan selamanya. Alat proteksi ini ada masa kedaluwarsa atau masa pakainya. Kamu harus membuagnya jika karet-karet penyangganya sudah kendur, kaca sudah buram, atau kacanya sudah retak, bahkan bolong-bolong.

Gantilah dengan baru dan rawatlah dengan baik kalau face shield mau berumur lebih panjang. Kamu juga bisa membuat face shield dari beberapa bahan sederhana yang tentunya bisa lebih menghemat pengeluaran.

Cara membuat face shield dari map

Salah satu cara membuat face shield sederhana adalah dengan memanfaatkan map plastik. Kamu bisa memanfaatkan map bekas yang kamu punya di rumah. Berikut cara membuat face shield dari map plastik:

Bahan:

- 1 map plastik yang memiliki mika bening sebagai lapisannya

- Selembar handuk atau kain

- Lem tembak

- gunting

- Alat untuk melubangi plastik

- Karet bekas map

- Selotip dekorasi (opsional)

Cara membuat face shield dari map plastik:

1. Siapkan map plastik, ambil bagian mika beningnya saja.

2. Gunting tiap sisi bawah mika menjadi sudut melingkar.

3. Lubangi kedua sisi bagian atas dengan alat untuk melubangi plastik.

4. Siapkan handuk atau kain, gunting dan lipat menjadi lembaran kecil yang bisa ditempel di bagian atas face shield.

5. Tempel handuk ke bagian atas face shield menggunakan lem tembak.

6. Tutupi pinggiran mika dengan selotip dekorasi.

7. Siapkan karet. Anda bisa menggunakan karet yang biasa ada pada map.

8. Ikatkan karet di kedua sisi mika yang dilubangi.

9. Face shield dari map plastik siap digunakan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini