Sukses

5 Cara Memilih Kosmetik untuk Kulit Kering, Perhatikan Kandungannya

Cara memilih kosmetik untuk kulit kering harus memperhatikan kelembapan kulit.

Liputan6.com, Jakarta Cara memilih kosmetik untuk kulit kering perlu diperhatikan bagi orang-orang yang mengalaminya. Walaupun tidak berdampak serius bagi kesehatan, kulit yang kering dan bersisik tentu akan menimbulkan rasa tidak nyaman dan menurunkan percaya diri seseorang.

Kulit kering ini biasanya disebabkan karena faktor iklim, penggunaan sabun tertentu atau penyakit kulit seperti eksim dan psoriasis, dan faktor lainnya. Memilih kosmetik bagi kulit kering tentunya menjadi suatu hal yang harus diperhatikan dengan baik.

Cara memilih kosmetik untuk kulit kering harus memperhatikan kelembapan kulit. Sebaiknya gunakan produk-produk yang bertekstur cair, dan menghindari penggunaan kosmetik dengan bahan padat atau bubuk.

Berikut Liputan6.com rangkum dari KlikDokter, Selasa (2/2/2021) tentang cara memilih kosmetik untuk kulit kering.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara Memilih Kosmetik untuk Kulit Kering

Pelembap

Penggunaan pelembap tentunya sangat penting bagi kulit kering. Cara memilih kosmetik untuk kulit kering, khususnya pelembap ini juga tidak boleh sembarangan. Kamu perlu memperhatikan jenis pelembap yang digunakan.

Kamu dapat menggunakan pelembap jenis humektan, yang bermanfaat untuk menarik air ke dalam kulit. Salah satu contoh pelembap yang berjenis humektan adalah yang mengandung asam hialuronat. Asam hialuronat bisa ditemukan di gel, losion, krim, atau toner (jenis hydrating toner).

Setelah kadar air di kulit terjaga, kamu juga bisa membantu melembapkannya dengan pelembap jenis emolien. Jenis ini umumnya berupa minyak, seperti squalane, minyak kelapa, dan ceramide. Jenis ini banyak ditemukan di pelembap yang berbentuk krim atau minyak.

Foundation

Cara memilih kosmetik untuk kulit kering selanjutnya adalah memperhatikan penggunaan foundation atau alas bedak. Kamu bisa menggunakannya jika ada acara penting. Namun, penggunaan foundation sebaiknya diganti dengan BB cream untuk riasan sehari-hari.

Pilihlah alas bedak berbentuk cair atau cream. Hindari yang berbentuk padat atau bedak karena dikhawatirkan dapat membuat kulit menjadi semakin kering, bahkan menonjolkan garis halus di wajah. Sebaiknya kamu juga memilih alas bedak dengan hasil akhir dewy, satin, atau “basah” daripada matte karena dapat membuat kulit terlihat lebih kering.

3 dari 4 halaman

Cara Memilih Kosmetik untuk Kulit Kering

Lip Balm

Cara memilih kosmetik untuk kulit kering juga perlu diperhatikan dalam penggunaan lip balm. Hal ini disebabkan karena orang dengan kulit wajah kering, pada umumnya kulit bibirnya pun kering.

Memperhatikan penggunaan lip balm tentunya sangat penting dalam hal ini. Saat bibir sedang kering, sebaiknya oleskan lip balm terlebih dahulu sebelum mengenakan lipstik. Dengan demikian, kelembaban bibir akan terjaga.

Jika tidak mengenakan lip balm, hindari penggunaan lipstik matte yang tahan lama dan dapat membuat bibir makin kering dan mengelupas. Sebaliknya, gunakan lip cream atau lipstik satin yang dapat memberikan kelembapan ekstra pada bibir.

Blush-On

Pemilihan blush-on juga sangat penting diperhatikan sebagai cara memilih kosmetik untuk kulit kering. Kamu dapat memilih blush-on bertekstur krim dibandingkan blush-on dengan dasar bedak.

Water Spray

Kunci dalam mengatasi kulit kering adalah menjaga kelembapan. Kamu bisa menggunakan water spray khusus kulit kering sebagai alternatif. Kamu dapat menggunakan water spray yang disemprotkan setiap beberapa jam sekali atau ketika kulit mulai terasa kering dan kosmetik terlihat pecah-pecah. Jadi, jangan lupakan water spray sebagai kosmetik untuk kulit kering.

4 dari 4 halaman

Penggunaan Bedak untuk Kulit Kering

Penggunaan bedak cukup penting pada riasan, terutama untuk mengunci foundation. Namun, jika kamu memiliki kulit keirng, hal ini tentunya akan membingungkan. Kulit kering tidak terlalu memerlukan bedak, karena bedak dapat menyerap minyak atau kelembapan dari kulit, yang memang kurang lembap.

Kamu tidak perlu mengenakan bedak, tetapi kamu dapat membawa bedak padat atau tabur di tas untuk touch up jika lama kelamaan terdapat minyak berlebih di zona T. Cara menggunakannya pun harus diperhatikan.

Gunakan pelembap terlebih dahulu, sebelum menggunakan bedak, dan jangan lupa gunakan rangkaian skincare yang lainnya. Kemudian gunakan foundation tipis-tipis saja, lalu aplikasikan bedak di area kulit yang tidak terlalu kering, untuk menghindari kosmetik yang pecah-pecah di kulit wajah. Jangan lupa gunakan setting spray, yang diformulasikan untuk kulit kering, agar kosmetik bertahan lebih lama.

Memilih bedak untuk kulit kering

Bedak dengan formula khusus. Cara memilih bedak untuk kulit kering adalah dengan menggunakan bedak yang memiliki formula khusus untuk kulit kering. Biasanya bedak yang dikhususkan untuk kulit kering, adalah bedak yang memiliki label khusus.

Bedak dengan kandungan pelembap. Pilihlah bedak yang cocok, yaitu dengan memilih bedak yang memiliki kandungan pelembap. Bedak yang memiliki kandungan pelembap, bisa membantu melembapkan kulit kering, dan menutrisi kulit akan tidak kering. Bedak dengan model seperti BB cushion, bisa digunakan untuk pemilik kulit kering, karena formulasinya bisa membuat kulit menjadi lembap.

Bedak dengan kandungan hypoallergenic. Kamu juga bisa memilih bedak dengan kandungan hypoallergenic, yang dikhususkan untuk kulit kering. Bedak yang memiliki kandungan hypoallergenic, bisa digunakan untuk kulit yang kering, karena formulasinya dikhususkan untuk kulit sensitif dan mudah alergi.

Bedak yang bebas alkohol dan parfum. Kandungan alkohol dan parfum, bisa membuat kulit menjadi iritasi, kering hingga mengelupas. Bedak yang mengandung alkohol dan parfum, bisa menghilangkan dan menghambat produksi minyak di kulit wajah, sehingga kulit wajah kering dan kusam. Jadi kamu harus menghindarinya.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.