Sukses

4 Cara Membersihkan Termometer Sesuai Jenisnya, Lakukan Secara Rutin

Memberisihkan termometer tak cukup dengan air biasa.

Liputan6.com, Jakarta Termometer menjadi kebutuhan penting saat ini. Setiap rumah harus memiliki setidaknya satu termometer di kotak obatnya. Termometer penting untuk mengukur suhu tubuh saat sedang merasa tidak enak badan.

Memantau suhu tubuh menjadi kebutuhan penting, terutama selama masa pandemi. Mengingat termometer merupakan alat yang sering digunakan saat ini, penting mengetahui cara membersihkannya. Karena termometer bersentuhan langsung dengan anggota tubuh, virus dan bakteri bisa mudah menyebar. Ini terutama penting jika termometer digunakan banyak orang.

Ada berbagai macam termometer yang bisa digunakan. Untuk kebutuhan rumahan, termometer digital yang bisa digunakan di ketiak, oral, maupun rektal merupakan pilihan yang paling praktis. Ada juga jenis lain seperti termometer raksa dan termometer infrared. Membersihkan termometer tak cukup dengan membilasnya dengan air biasa. Siapkan kapas, alkohol isopropil, sabun antibakteri, cotton bud, dan tisu.

Dengan membersihkan termometer secara rutin, Anda dapat melindungi keluarga dari penyebaran penyakit. Berikut cara membersihkan termometer sesuai jenisnya, dirangkum Liputan6.com dari The Spruce, Rabu(3/2/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Cara membersihkan termometer non-digital

Termometer non-digital merupakan termometer yang banyak digunakan sebalum termometer digital bermunculan. Termometer merkuri memberikan pembacaan suhu yang akurat dan dapat digunakan secara oral, rektal, atau di bawah lengan. Berikut cara membersihkannya:

Beri termometer dengan air hangat dan beberapa tetes sabun cair antibakteri. Bilas bersih dengan air hangat untuk menghilangkan sisa sabun. Basahi bola kapas dengan alkohol isopropil. Pastikan kandungan alkohol setidaknya 60 persen. Seka termometer dari ujung ke ujung dengan kapas yang dibasahi alkohol.

Bilas termometer dengan air hangat untuk menghilangkan sisa-sisa alkohol. Keringkan termometer dengan tisu. Pastikan termometer benar-benar kering sebelum disimpan untuk mencegah kemungkinan pertumbuhan bakteri.

Sebaiknya bersihkan bagian dalam wadah penyimpanan secara berkala dengan mengelapnya dengan kapas atau cotton bud yang dicelupkan ke dalam alkohol isopropil. Biarkan wadah mengering.

3 dari 6 halaman

Cara membersihkan termometer digital

Termometer digital bekerja dengan menggunakan sensor panas yang menentukan suhu tubuh. Mereka dapat digunakan untuk mengukur suhu di mulut, rektum, atau ketiak. Termometer digital dianggap lebih praktis, cepat, dan terjangkau. Termometer digital memberikan pembacaan yang akurat dalam waktu sekitar 1 menit atau kurang.

Termometer ini kini paling banyak digunakan untuk mengukur suhu. Berikut cara membersihkan termometer digital:

Basahi bola kapas dengan alkohol isopropil dan seka seluruh termometer dari gagang ke ujung. Anda juga dapat menggunakan lap desinfektan untuk membersihkan termometer. Selalu bilas dengan air hangat untuk menghilangkan sisa-sisa disinfektan.

Gunakan tisu yang sudah dibasahi untuk membilasnya. Jangan membilas termometer dengan air mengalir untuk mencegah kerusakan pada komponen elektronik. Hindari bagian tampilan digital saat membilas. Letakkan termometer di atas tisu bersih untuk mengeringkannya.

4 dari 6 halaman

Cara membersihkan termometer telinga (timpani)

Termometer telinga atau timpani memiliki sensor kecil di ujungnya yang dimasukkan ke dalam liang telinga untuk mendeteksi perubahan suhu. Termometer timpani bekerja dengan membaca suhu membran timpani di telinga dan menampilkannya di layar digital kecil.

Termometer timpani memberikan pembacaan yang cepat dan akurat dan mungkin lebih disukai daripada termometer oral atau rektal, terutama pada anak-anak. Berikut cara membersihkannya:

Celupkan kapas ke dalam alkohol isopropil (gosok) dan bersihkan ujungnya dengan menyeluruh. Gunakan kapas yang dibasahi dengan alkohol isopropil atau lap desinfektan untuk membersihkan sisa bagian termometer. Jangan membilas termometer dengan air mengalir untuk mencegah kerusakan pada komponen elektronik. Biarkan termometer benar-benar kering sebelum disimpan.

5 dari 6 halaman

Cara membersihkan termometer dahi (infrared)

Termometer dahi menggunakan sensor infra merah untuk mengukur suhu arteri temporal superfisial, yang merupakan cabang dari arteri karotis. Terometer ini tidak memerlukan kontak langsung untuk mengukur suhu. Termometer cukup didekatkan di dahi. Termometer temporal memberikan pembacaan cepat, dalam beberapa detik.

Termometer dahi yang tidak memerlukan kontak fisik menjadi sangat populer untuk digunakan di tempat umum. Meski tidak menggunakan kontak langsung, termometer dahi tetap harus dibersihkan secara berkala. Mereka harus didesinfeksi untuk mencegah perpindahan bakteri dari tangan atau jika termometer tiidak sengaja bersentuhan dengan dahi. Berikut cara membersihkan termometer dahi:

Seka gagang perangkat dengan lap desinfektan atau kapas yang dicelupkan ke dalam alkohol. Gunakan kapas pentol yang dicelupkan ke dalam alkohol gosok untuk membersihkan layar di atas sensor. Biarkan termometer benar-benar kering sebelum disimpan dalam wadahnya atau lemari obat.

6 dari 6 halaman

Kapan harus mengganti termometer

Jika Anda masih memiliki termometer kaca merkuri dan khawatir tentang kemungkinan pecah, inilah saatnya untuk mengganti jenis termometer yang lebih baru. Termometer kaca masih tersedia dengan paduan logam bebas merkuri yang mencatat suhu.

Termometer digital dan infra merah membutuhkan baterai baru atau harus diganti ketika tampilan digital suhu lambat atau tampak tidak akurat. Tenaga kesehatan atau apoteker bisa merekomendasikan jenis termometer atau merk terbaik untuk kebutuhan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.