Sukses

Sepenting Cuci Tangan Selama Pandemi, Ini Tips Tepat Jaga Kaki Kucing Selalu Bersih

Liputan6.com, Jakarta Protokol kesehatan terus didengungkan selama pandemi, salah satunya mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir untuk memutus penyebaran penyakit. Di dunia kucing, menjaga kakinya tetap bersih pun sama pentingya karena dapat membawa kontaminasi bakteri atau kotoran. Walau mampu membersihkan tubuhnya sendiri dengan menjilatnya, namun ada saatnya kamu turun tangan untuk membantu menjaga kebersihannya.

Perhatikan dengan Cermat

 

Cari tanda-tanda jika ada sesuatu yang mungkin terjadi pada cakarnya, misalnya saat melihat kucing pincang atau mengangkat salah satu kakinya bisa jadi ada cedera maupun sesuatu yang tersngkut. Ingat, kucing pandai menyembunyikan rasa sakitnya sehingga harus memperhatikannya dengan lebih cermat.

Mulai kebiasaan untuk mengelus atau memijat kakinya dengan lembut. Cara ini bukan hanya membantunya lebih terbiasa saat cakarnya disentuh dan dipegang tapi juga membantu mendeteksi kotoran yang mungkin tersangkut di antara jari dan bantalan kakinya.

 

2 dari 3 halaman

Membersihkan Kakinya

Setelah kucing memperbolehkanmu memegang kakinya, coba bersihkan dengan kain lembut. Seka semua bantalan kakinya yang mungil dan di antara jari-jari kaki untuk membersihkan dari kotoran, debu, bahan kimia, atau benda asing lainnya. Apalagi jika kucing kesayangangmu baru saja kembali dari luar ruangan, langkah ini perlu dilakukan untuk mencegahnya mengalami cedera atau rasa tak nyaman.

 

3 dari 3 halaman

Pangkas Kukunya

Gunakan gunting kuku khusus hewan peliharaan untuk memotong kuku kucing. Pastikan untuk memotong bagian ujungnya saja dan hindari bagian yang mengandung pembuluh darah. Jika tak sengaja memotongnya dan terjadi luka, gunakan styptic powder untuk menghentikan perdarahan atau gantikan dengan tepung untuk kondisi darurat.

Merawat Bantalan Kaki yang Kering

Jika bantalan kaki kucingmu menjadi kering, teriritasi, atau retak, konsultasikan pada dokter hewan untuk menemukan solusi terbaik. Bisa mencoba minyak zaitun atau kelapa yang aman saat terjilat dan hindari penggunaan petroleum jelly atau losion untuk manusia, karena bisa berbahaya jika tertelan.

Jadikan kebiasaan untuk memeriksa dan membersihkan cakar kucing setiap hari sebagai salah satu rutinitas perawatan kucing. Jangan luoa dukung dengan nutrisi yang tepat dan seimbang dari cat food berkualitas seperti Muezza. Dibuat dari bahan-bahan alami yang aman dan halal, proses pengolahannya pun menggunakan teknologi modern yang menjamin asupan nutrisi untuk kesehatan kucing.

 

Bukan hanya itu saja, Muezza pun sudah mendapatkan sertifikasi halal dari The Central Islamic Committee of Thailand yang menjamin kualitas cat food yang dihasilkan terjaga aman, higienis, dan bebas bahan sintetik. Pemilik kucing pun bisa merasa lega karena tak perlu khawatir saat terkena liur kucing, memegang dan menyimpan cat food, hingga membersihkan wadah makan di tempat cuci piring.

Punya beragam keunggulan, memberikan Muezza sebagai makanan kucing sehari-hari jadi pilihan tepat untuk menjaga kucing tetap sehat dan aktif. Tersedia dalam 4 varian rasa, segera dapatkan di Shopee dan Tokopedia.

Beli Muezza di Shopee

Beli Muezza di Tokopedia

(*/eth)