Sukses

Cara Penulisan Daftar Pustaka dari Jurnal Beserta Contohnya

Liputan6.com, Jakarta Cara penulisan daftar pustaka dari jurnal memiliki ketentuan tertentu, jadi tak boleh sembarangan. Biasanya, hal-hal yang perlu dicantumkan dalam menulis daftar pustaka adalah nama penulis, judul tulisan, penerbit, identitas penerbit dan tahun terbit.

Daftar pustaka sendiri merupakan suatu susunan tulisan yang diletakkan pada akhir sebuah karya ilmiah. Daftar pustaka berisi rujukan atau sumber seorang penulis dalam membuat karya ilmiah. Sumber daftar pustaka bisa berasal dari buku, jurnal, majalah, hingga internet.

Cara penulisan daftar pustaka dari jurnal mempunyai beberapa gaya yang sering digunakan, di antaranya adalah APA Style dan MLA Style. Kedua gaya tersebut memiliki perbedaan tersendiri saat digunakan sebagai gaya penulisan daftar pustaka dari jurnal.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (3/2/2021) tentang cara penulisan daftar pustaka dari jurnal.

2 dari 4 halaman

Definisi Jurnal dan Jenisnya

Sebelum mempelajari cara penulisan daftar pustaka dari jurnal, tentunya kamu harus memahami terlebih dahulu tentang apa itu jurnal. Jurnal adalah tulisan khusus yang membuat sebuah artikel suatu bidang ilmu tertentu. Biasanya jurnal juga dikeluarkan oleh seseorang yang kompeten di bidangnya hingga diterbitkan oleh suatu instansi atau lembaga.

Jurnal juga bisa diartikan sebagai buku, catatan harian, buku yang digunakan sebagai perantara, surat kabar harian, majalah khusus, dan masih banyak lagi.

Jenis Jurnal

Ada dua jenis utama jurnal yaitu jurnal cetak dan jurnal online. Jurnal cetak adalah sebuah artikel atau tulisan yang ditulis oleh seorang penulis atau beberapa penulis dan disebarkan dengan dicetak, sedangkan jurnal online adalah sebuah tulisan atau makalah yang tidak dicetak melainkan diterbitkan di laman internet atau online.

Cara Penulisan Daftar Pustaka dari Jurnal

Cara penulisan daftar pustaka dari jurnal harus memperhatikan beberapa hal penting, seperti nama penulis, tahun terbit, judul artikel, nama jurnal, volume atau edisi, halaman, DOI atau digital object identifier, dan URL website dari jurnal tersebut.

Cara penulisan daftar pustaka dari jurnal juga memiliki beberapa bentuk sesuai dengan format-format standarnya atau gaya penulisan daftar pustaka yang digunakan. Berikut ini beberapa cara penulisan daftar pustaka dari jurnal.

3 dari 4 halaman

Cara Penulisan Daftar Pustaka dari Jurnal (APA Style)

APA Style

APA Style diterbitkan oleh American Psychological Association, cara penulisan daftar pustaka dari jurnal ini biasanya digunakan dalam bidang psikologi, filsafat, ilmu safar, linguistik, antropologi, artificial intelligence atau kecerdasan buatan, akuntansi, ekonomi, geografi, hukum, pendidikan, politik, sejadah, dan sosiologi.

Format APA Style:

Nama akhir pengarang. (Tahun penerbitan). Judul artikel. Nama jurnal, volume (edisi jika ada).

 

- Contoh penulisan untuk satu penulis:

Ready, R. (2000). Mothers’ personality and its interaction with child temperament as predictors of parenting behavior. Journal of Personality and Social Psychology, 79, 274-285.

- Contoh penulisan untuk dua atau tiga penulis:

Wassman, J., & Dasen, P.R. (1998). Balinese spatial orientation. Journal of Royal AnthropologicalInstitute, 4, 689-731.

- Contoh penulisan untuk lebih dari tujuh penulis:

Yonkers, K. A., Ramin, S. M., Rush, A. J., Navarrete, C. A., Carmody, T., March, D., . . . Leveno, K. J. (2001). Onset and persistence of postpartum depression in an inner-city maternal health clinic system. American Journal of Psychiatry, 158(11), 1856-1863. doi:10.1176/appi.ajp.158.11.1856

- Contoh penulisan dari online atau internet dengan DOI:

Spreer, P., Rauschnabel, P.A. (2016, September). Selling with technology: Understanding the resistance to mobile sales assistant use in retailing. Journal of Personal Selling & Sales Management, 36(3), 240-263. doi:10.1080/08853134.2016.1208100

- Contoh penulisan dari online atau internet tanpa DOI:

Jameson, J. (2013). E-Leadership in higher education: The fifth “age" of educational technology research. British Journal of Educational Technology, 44(6), 889-915. Retrieved from http://onlinelibrary.wiley.com/journal/10.1111/(issn)14678535;jsessionid=956132f3de76eeb120577e99ee74ce9c.f04t01.

4 dari 4 halaman

Cara Penulisan Daftar Pustaka dari Jurnal (MLA Style)

MLA Style

MLA style atau Modern Languange Association dibuat sangat sederhana dan cukup mudah bila dibandingkan cara penulisan daftar pustaka dari jurnal lainnya. Gaya MLA biasanya digunakan dalam kutipan dan daftar pustaka pada bidang seni, bahasa, sastra, bidang agama, pancasila, kewarganegaraan, ilmu sosial dasar, ilmu alamiah dasar, dan ilmu budaya dasar.

Format MLA Style:

Nama akhir, Nama awal."Judul artikel". Nama jurnal Volume.edisi(Tahun publikasi):Media.

 

- Contoh penulisan untuk satu penulis:

Jonathan, Karim. “Beyond Growth: Library and Development." Annals of Library Research 40. 5 (2015): 1111‐1130. Print.

- Contoh penulisan untuk dua atau tiga penulis:

Smith, John, Jane Doe, and Bob Anderson. “Studies in pop rocks and Coke." Weird Science 12 (2009): 78-93. Print.

- Contoh penulisan untuk lebih dari 3 penulis:

Smith, John, et al. “Studies in pop rocks and Coke." Weird Science 12 (2009): 78-93. Print.

- Contoh penulisan dari online atau internet:

Jobe, Karen D. “Women and the Language of Hackerdom: The Gendered Nature of Hacker Jargon.” Kairos 5.2 (2000): n. pag. Web. 23 Mar. 2005

Itulah beberapa cara penulisan daftar pustaka dari jurnal yang bisa kamu terapkan dalam penelitian atau makalah yang sedang kamu buat. Sebenarnya masih ada beberapa cara penulisan daftar pustaka dari jurnal dengan gaya lainnya, namun APA Style dan MLA Style merupakan dua gaya yang paling sering digunakan.