Sukses

14 Cara Menghilangkan Bau Badan dengan Cepat, Bikin Kembali Segar dan Wangi

Liputan6.com, Jakarta Cara menghilangkan bau badan dengan cepat bisa memanfaatkan bahan alami, serta memulai hari dengan menjaga pakaian dan makanan yang dikonsumsi. Faktor pemicu bau badan menyengat yang utama adalah makanan, kebersihan, dan keringat.

Hindari produksi keringat tubuh yang berlebihan, agar tidak memicu bakteri memecah protein penyebab bau badan yang terasa asam. Pastikan untuk mempraktikkan cara menghilangkan bau badan dengan cepat di bagian ketiak sebagai prioritas.

Sumber bau yang paling menyengat adalah dari sana. Selain untuk ketiak, cara menghilangkan bau badan dengan cepat bisa dimulai dengan mandi, berolahraga, mengganti pakaian, konsumsi buah dan sayur, serta mencukupi asupan air putih dengan seimbang.

Berikut Liputan6.com ulas cara menghilangkan bau badan dengan cepat dari berbagai sumber, Kamis (4/2/2021).

2 dari 7 halaman

Cara Menghilangkan Bau Badan dengan Cepat

Mandi

Cara menghilangkan bau badan dengan cepat adalah dengan mandi. Saat mandi, keringat yang bersifat asam karena bakteri jika dipertemukan dengan sabun yang bersifat basa maka akan kembali normal.

Paling tidak untuk mengantisipasi adanya bau keringat, cara menghilangkan bau badan dengan cepat mulai lakukan aktivitas mandi dua kali sehari.

Selain dapat menghilangkan bau badan, cara menghilangkan bau badan dengan cepat seperti mandi akan menjauhkan kulit kita dari bakteri penyebab bau, dan tentu saja membuat kulit kita menjadi lebih segar dan sehat.

Jeruk Purut

Meski asam, jeruk purut memiliki puluhan kandungan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Jeruk purut juga ampuh digunakan sebagai cara menghilangkan bau badan dengan cepat yang sumbernya dari ketiak.

Hal ini disebabkan karena jeruk purut mengandung serat, gula, karbohidrat, vitamin A dan C.

Cara menghilangkan bau badan dengan cepat pakai jeruk purut hanya perlu mengonsumsinya. Peras 1 buah jeruk purut kemudian campurkan dengan gelas air. Minum 2 kali sehari secara rutin.

Minum Air Putih

Cara menghilangkan bau badan dengan cepat bisa dengan rutin mengonsumsi air putih. Minimal satu liter dalam satu hari. Minum air putih dipercaya dapat mempermudah proses metabolisme tubuh manusia.

Bakteri yang ada dalam tubuh manusia akan ikut terbawa ketika manusia mengeluarkan urine, maka efektif untuk cara menghilangkan bau badan dengan cepat. Namun, minum air putih ini juga harus dibarengi dengan lebih sering mengeluarkan urine.

Jika urine tidak segera dikeluarkan, maka akan segera menjadi keringat. Tidak hanya itu, tetapi minum air putih juga lebih bisa menyegarkan tubuh loh. Apalagi jika air putih dicampur dengan es batu, pasti akan segera membantu suhu tubuh menjadi semakin dingin.

3 dari 7 halaman

Cara Menghilangkan Bau Badan dengan Cepat

Konsumsi Jahe

Jahe bisa digunakan sebagai cara menghilangkan bau badan dengan cepat pada bagian ketiak. Hal ini disebabkan karena jahe mengandung minyak atsiri, zingiberol, bisabolena, kurkumen, gingerol, filandrena, dan resin pahit.

Cobalah cara menghilangkan bau badan dengan cepat, yakni mengonsumsi jahe sebagai wedang. Wedang jahe yang dikonsumsi sehari sekali secara rutin akan membantu menghilangkan bau ketiak yang menyengat. Dijamin bakal bikin area ketiak lebih wangi dan tidak membaui badanmu lagi.

Rajin Berolahraga

Ketika berolahraga, pori-pori yang ada pada kulit akan lebih terbuka. Pada saat seperti ini cara menghilangkan bau badan dengan cepat seperti olahraga akan membantu mengeluarkan bakteri penyebab bau badan.

Namun, hal ini tentu akan lebih sulit dilakukan bagi yang jarang sekali memiliki banyak waktu luang. Jam kerja padat dan tidak ingin berolahraga diluar rumah, apalagi lari atau jalan-jalan setiap pagi.

Nah, solusi cara menghilangkan bau badan dengan cepat untuk olahraga bisa dengan melakukan pemanasan-pemanasan ringan di rumah. Sediakan waktu luang 10 sampai 15 menit per harinya. Lakukan dengan rutin agar lebih maksimal.

4 dari 7 halaman

Cara Menghilangkan Bau Badan dengan Cepat

Mengganti Pakaian

Mulailah lebih rajin mengganti pakaian setiap hari, mencucinya dengan lebih bersih agar bakteri dan kuman hilang. Cara menghilangkan bau badan dengan cepat ini lebih menekankan pada pakaian yang dikenakan sehari-hari.

Memperhatikan pakaian yang dikenakan bisa disesuaikan dengan cuaca. Misalnya saja ketika cuaca sedang panas sekali, akan lebih baik jika menggunakan pakaian yang bisa lebih banyak menyerap keringat.

Nah, cara menghilangkan bau badan dengan cepat ini dapat membuat bakteri penyebab bau badan, tidak bisa menggunakan keringat bereaksi menjadi asam sebagai penyebab bau badan.

Mandi Air Daun Sirih

Tidak hanya mandi dengan air biasa, bila punya banyak daun sirih di rumah bisa dimanfaatkan. Cara menghilangkan bau badan dengan cepat yang satu ini bisa mengatasi bagian ketiak. Pakailah air rebusan daun sirih untuk merasakan manfaatnya.

Hal ini disebabkan karena kandungan antioksidan yang tinggi pada daun sirih. Selain itu ada vitamin C, tiamin, niacin, riboflavin, dan karoten di dalamnya.

Ambil beberapa lembar daun sirih lalu rebus dengan 2 gelas air. Campurkan pada bak air yang akan gunakan untuk mandi. Lakukan secara rutin maka bau ketiak menyengat akan segera menghilang dan bisa dicegah kedatangannya.

5 dari 7 halaman

Cara Menghilangkan Bau Badan dengan Cepat

Makan Buah dan Sayuran

Sudah sangat jelas dan terbukti bahwa buah-buahan memang menyehatkan dan berguna bagi tubuh. Buah mudah dicerna oleh tubuh, maka sistem pencernaan tubuh akan berfungsi dengan baik dan sempurna.

Ketika tubuh mampu membuang lemak yang tertimbun. Hal ini akan mencegah penambahan berat badan dan masalah bau badan. Jadi memang efektif dijadikan cara menghilangkan bau badan dengan cepat.

Selain mengonsumsi buah, cara menghilangkan bau badan dengan cepat harus diseimbangkan dengan sayuran. Sayuran hijau mengandung banyak klorofil yang berguna untuk menghilangkan bau badan, karena dapat berfungsi sebagai deodoran alami.

Makan Daun Kemangi

Cara menghilangkan bau badan dengan cepat bisa menggunakan daun kemangi. Ada kandungan minyak atsiri dalam daun kemangi yang penuh khasiat. Selain itu kemangi memiliki fungsi sebagai antiseptik.

Cara menggunakannya cukup mudah, hanya perlu memakannya langsung sebagai lalapan. Cukup dengan segenggam kemangi setiap pagi dan sore. Bisa juga mengonsumsi kemangi dengan menjadikannya teh.

6 dari 7 halaman

Cara Menghilangkan Bau Badan dengan Cepat

Memakai Deodoran

Memakai deodorant adalah cara menghilangkan bau badan dengan cepat paling sederhana untuk bagian ketiak. Deodoran memiliki aroma yang bisa menutupi bau tidak sedap pada ketiak.

Deodoran akan membuat kulit ketiak jadi lebih asam dan bisa mencegah adanya reaksi antara keringat dengan bakteri. Selain deodoran, bisa gunakan antiperspiran.

Produk bisa diterapkan sebagai cara menghilangkan bau badan dengan cepat. Sebab mengandung bahan aktif seperti aluminium klorida atau aluminium zirconium tetrachlorohydrex, yang bisa memblokir kelenjar apokrin untuk memproduksi keringat.

Makan Secukupnya

Cara menghilangkan bau badan dengan cepat selanjutnya lebih memperhatikan pola makan. Makan secukupnya agar berat badan lebih ideal. Penyebab utama dari banyaknya keringat adalah pori-pori kulit yang tertutup oleh lipatan lemak tubuh.

Selain konsumsi makanan dengan porsi yang cukup, akan lebih baik lagi jika diseimbangkan dengan buah dan sayur. Pastikam untuk menghindari sayur yang dapat menyebabkan bau badan, seperti brokoli, kubis, brussels, dan sayuran yang termasuk keluarga cruciferous.

Sayur-sayuran ini ternyata bisa membuat keringat yang dihasilkan oleh tubuh menjadi bau. Bukan karena bakteri penyebab bau badan yang bereaksi dengan keringat tetapi karena sayuran ini mengandung sulfur dan sulfide.

7 dari 7 halaman

Cara Menghilangkan Bau Badan dengan Cepat

Mencukur Ketiak

Cara menghilangkan bau badan dengan cepat bisa dengan lebih rajin mencukur ketiak. Hal ini berlaku bagi yang memiliki bulu ketiak lebat atau juga tidak lebat. Sumber utama bau badan yang asam adalah ketiak.

Benar sekali, bulu ketiak seringkali menjadi tempat yang paling nyaman untuk bersembunyi bakteri-bakteri penyebab bau badan. Mulailah lebih rajin mencukur bulunya, maka ketiak tidak akan lagi menjadi lebih sering lembab atau berkeringat.

Menghindari Rempah-Rempah

Selain perlu lebih memperhatikan pola makan yang cukup, hindari konsumsi rempah-rempah. Mulai dari merica/lada, cengkeh, jahe, pala, kayu manis, adas, kapulaga, kunyit, dan saffron. Rempah-rempah dikenal sebagai penghasil zat asilin, sehingga membuat bau badan menjadi tidak sedap dan memiliki bau yang sangat menyengat.

Memakai Cuka Apel

Cara menghilangkan bau badan dengan cepat terakhir adalah dengan cuka apel. Tidak hanya bau badan, cuka sari apel juga dapat digunakan untuk kondisi kesehatan seperti kolesterol tinggi, diabetes, jerawat, dan lainnya.

Asam tartar yang ada dalam apel dapat menghambat pertumbuhan bakteri. Selain itu, ada asam asetat dalam cuka apel yang berfungsi sebagai antimikroba. Cocok diterapkan sebagai cara menghilangkan bau badan dengan cepat.

Oleskan cuka apel menggunakan kapas pada ketiak. Diamkan selama 15 menit lalu bilas. Setelah itu mandi. Gunakan setiap sebelum mandi.