Sukses

6 Perbedaan Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif, Pahami Sebelum Buat Skripsi

Ada sejumlah perbedaan utama penelitian kualitatif dan kuantitatif.

Liputan6.com, Jakarta Perbedaan penelitian kualitatif dan kuantitatif kerap jadi pertimbangan dalam membuat penelitian. Banyak yang keliru mengira kedua istilah penelitian ini dapat digunakan secara bergantian. Tak jarang saat orang sering kali tidak menyadari perbedaan Penelitian Kualitatif dan Penelitian Kuantitatif.

Perbedaan penelitian kualitatif dan kuantitatif adalah dasar penelitian yang penting dipahami. Saat mengumpulkan dan menganalisis data, penelitian kuantitatif berkaitan dengan angka dan statistik, sedangkan penelitian kualitatif berkaitan dengan kata dan makna.

Perbedaan penelitian kualitatif dan kuantitatif bisa dilihat dari metode, analisis data, hingga kelebihan dan kekurangannya. Mengetahui perbedaan penelitian kualitatif dan kuantitatif, juga akan membantumu menentukan metode penelitian yang cocok dengan penelitianmu.

Perbedaan penelitian kualitatif dan kuantitatif tentunya penting jika kamu sedang mulai menyusun skripsi, tugas akhir, atau tesis. Berikut perbedaan penelitian kualitatif dan kuantitatif, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis(4/2/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Pengertian

Perbedaan penelitian kualitatif dan kuantitatif yang pertama bisa dilihat dari pengertiannya. Berikut pengertian penelitian kualitatif dan kuantitatif:

Pengertian penelitian kualitatif

Penelitian kualitatif adalah proses mengumpulkan, menganalisis, dan menafsirkan data non-numerik. Penelitian kualitatif diungkapkan dengan kata-kata. Ini digunakan untuk memahami konsep, pemikiran atau pengalaman.

Data kualitatif didefinisikan sebagai data non-numerik, seperti teks, video, foto atau rekaman audio. Jenis data ini dapat dikumpulkan dengan menggunakan catatan harian atau wawancara mendalam, dan dianalisis menggunakan teori dasar atau analisis tematik. Jenis penelitian ini memungkinkan peneliti mengumpulkan wawasan mendalam tentang topik yang tidak dipahami dengan baik.

Pengertian penelitian kuantitatif

Penelitian kuantitatif melibatkan proses pengumpulan dan analisis data numerik secara obyektif untuk menggambarkan, memprediksi, atau mengontrol variabel yang menarik. Penelitian kuantitatif diekspresikan dalam angka dan grafik. Ini digunakan untuk menguji atau mengkonfirmasi teori dan asumsi.

Jenis penelitian ini dapat digunakan untuk menetapkan fakta yang dapat digeneralisasikan tentang suatu topik. Metode kuantitatif umum meliputi eksperimen, observasi yang dicatat sebagai angka, dan survei dengan pertanyaan tertutup.

3 dari 7 halaman

Metode penelitian

Setelah pengertian, perbedaan penelitian kualitatif dan kuantitatif bisa diamati dari metode pengumpulan datanya.

Metode penelitian kualitatif

Ada berbagai jenis metode penelitian kualitatif termasuk akun diary, wawancara mendalam, dokumen, kelompok fokus, penelitian studi kasus, dan etnografi. Contoh yang baik dari metode penelitian kualitatif adalah wawancara tidak terstruktur yang menghasilkan data kualitatif melalui penggunaan pertanyaan terbuka.

Metode penelitian kuantitatif

Metode penelitian kuantitatif biasanya merujuk ke survey, eksperimen, dan pengamatan. Eksperimen biasanya menghasilkan data kuantitatif, karena berkaitan dengan pengukuran sesuatu. Survey merupakan daftar pertanyaan pilihan tertutup atau ganda yang didistribusikan ke sampel (online, secara langsung, atau melalui telepon). Sementara pengamatan dilakukan dengan mengamati subjek di lingkungan alami di mana variabel tidak dapat dikontrol.

4 dari 7 halaman

Analisis data

Analisis data merupakan salah satu perbedaan penelitian kualitatif dan kuantitatif yang bisa diuraikan.

Analisis data kualitatif

Data kualitatif lebih sulit dianalisis daripada data kuantitatif. Ini terdiri dari teks, gambar atau video, bukan angka. Penelitian kualitatif bersifat kreatif dan interpretatif tanpa akhir.

Peneliti tidak hanya meninggalkan lapangan dengan segunung data empiris dan kemudian dengan mudah menuliskan temuannya. Interpretasi kualitatif dibangun, dan berbagai teknik dapat digunakan untuk memahami data, seperti analisis isi, teori dasar, analisis tematik atau analisis wacana.

Analisis data kuantitatif

Data kuantitatif didasarkan pada angka. Matematika sederhana atau analisis statistik yang lebih canggih digunakan untuk menemukan kesamaan atau pola dalam data. Hasilnya sering dilaporkan dalam grafik dan tabel.

Statistik membantu mengubah data kuantitatif menjadi informasi yang berguna untuk membantu pengambilan keputusan. Kamu dapat menggunakan statistik untuk meringkas data, menggambarkan pola, hubungan, dan koneksi.

5 dari 7 halaman

Keterbatasan

Perbedaan penelitian kualitatif dan kuantitatif juga bisa dilihat dari kekurangannya. Masing-masing penelitian punya kekurangan sendiri dalam pelaksanaannya.

Keterbatasan penelitian kualitatif

Karena melibatkan lebih banyak waktu dan biaya yang terlibat, penelitian kualitatif umumnya tidak mengambil sampel dari kumpulan data skala besar.

Waktu yang dibutuhkan untuk pengumpulan, analisis dan interpretasi data cukup lama. Analisis data kualitatif sulit dilakukan dan pengetahuan ahli tentang suatu bidang diperlukan untuk mencoba menafsirkan data kualitatif, dan saat melakukannya harus sangat hati-hati.

Keterbatasan penelitian kuantitatif

Eksperimen kuantitatif bisa tidak terjadi alami. Selain itu, mereka tidak mengizinkan peserta untuk menjelaskan pilihan mereka atau arti pertanyaan yang mungkin dimiliki peserta tersebut. Pengetahuan yang buruk tentang penerapan analisis statistik dapat berdampak negatif terhadap analisis dan interpretasi selanjutnya.

Diperlukan ukuran sampel yang besar untuk analisis yang lebih akurat. Studi kuantitatif skala kecil mungkin kurang dapat diandalkan karena jumlah data yang rendah. Peneliti mungkin melewatkan pengamatan fenomena karena fokus pada pengujian teori atau hipotesis daripada teori generasi hipotesis. Akibatnya bias konfirmasi bisa terjadi.

6 dari 7 halaman

Kekuatan

Tak cuma kelemahannya, kelebihan penelitian juga bisa menjadi salah satu perbedaan penelitian kualitatif dan kuantitatif.

Kekuatan penelitian kualitatif

Karena keterlibatan peneliti yang erat, peneliti mendapatkan pandangan lebih dalam dari lapangan. Hal ini memungkinkan peneliti untuk menemukan masalah yang sering terlewatkan. Deskripsi kualitatif dapat memainkan peran penting dalam menyarankan kemungkinan hubungan, sebab, akibat, dan proses dinamis.

Kekuatan penelitian kuantitatif

Data kuantitatif dapat diinterpretasikan dengan analisis statistik, dan karena statistik didasarkan pada prinsip-prinsip matematika, pendekatan kuantitatif dipandang sebagai objektif secara ilmiah, dan rasional.

7 dari 7 halaman

Kapan metode harus digunakan

Perbedaan penelitian kualitatif dan kuantitatif  yang terakhir adalah kapan penelitan harus digunakan. Aturan praktis untuk memutuskan apakah akan menggunakan data kualitatif atau kuantitatif adalah:

- Gunakan penelitian kuantitatif jika kamu ingin mengkonfirmasi atau menguji sesuatu (teori atau hipotesis)

- Gunakan penelitian kualitatif jika kamu ingin memahami sesuatu (konsep, pemikiran, pengalaman)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini