Sukses

8 Manfaat Kubis Ungu untuk Kesehatan, Menjaga Fungsi Ginjal

Liputan6.com, Jakarta Banyak manfaat kubis ungu untuk kesehatan yang cukup mengagetkan. Mulai dari menjaga sistem pencernaan, ginjal, sampai meningkatkan sistem kekebalan tubuh pengonsumsinya.

Ternyata sayuran berwarna cantik ini tidak hanya estetik, tetapi banyak senyawa baik di dalamnya. Memang kandungannya tidak jauh berbeda dengan kubis hijau, tetapi lebih kaya kandungan kubis ungu. Manfaat kubis ungu untuk kesehatan jauh lebih banyak.

Manfaat kubis ungu untuk kesehatan berasal dari kandungan serat, kalium, vitamin C, dan vitamin A yang dimilikinya. Sayuran ini pun dikenal rendah kalori dan membuatnya cocok disantap untuk menu dietmu, loh!

Berikut Liputan6.com ulas manfaat kubis ungu untuk kesehatan dari berbagai sumber, Jumat (5/2/2021).

2 dari 7 halaman

Menjaga Pencernaan dan Berat Badan

Melancarkan Sistem Pencernaan

Manfaat kubis ungu untuk kesehatan yang pertama dapat melancarkan sistem pencernaan. Dalam satu cangkir kubis ungu cincang dapat memenuhi 2 gram serat. Ini sama dengan 8 persen dari nilai harian 25 gram serat yang harus dipenuhi seseorang seperti direkomendasikan oleh Food and Drug Administration AS.

Serat dalam kubis ungu sulit dicerna oleh tubuh, sehingga masih dalam bentuk gumpalan di usus. Hal ini tentu saja cukup menguntungkan, gumpalan yang terbentuk akan mendorong seluruh sisa-sisa makanan keluar dari tubuh dalam bentuk feses.

Manfaat kubis ungu untuk kesehatan dari seratnya juga dapat berfungsi menjaga usus dari berbagai masalah. Hal ini pun dapat menjauhkan dari ambeien serta penyakit divertikular yaitu penyakit akibat terbentuknya kantong-kantong kecil di usus besar. Termasuk risiko kanker kolorektal yang menyerang usus besar atau rektum dapat diturunkan.

Menjaga Berat Badan Ideal

Memiliki berat badan ideal sudah pasti keinginan setiap orang. Manfaat kubis ungu untuk kesehatan dapat memberikan berat badan ideal ini. Kubis ungu memiliki serat yang dapat mengurangi nafsu makan dan memberi rasa kenyang lebih lama.

Selain itu, kubis ungu juga dapat menyerap air di usus, serta memperlambat penyerapan nutrisi. Bahkan serat kubis ungu dapat mencegah kelebihan kolestrol memasuki aliran darah melalui dinding usus kecil. Serat akan menyerap kolestrol yang ada kemudian mengeluarkannya lewat ampas makanan di anus.

Selain mampu menurunkan berat badan, makanan berserat bisa menjaga berat badan tetap ideal. Hal ini sejalan dengan hasil penelitian yang menyatakan jika seseorang dengan kebutuhan serat terpenuhi, cenderung punya berat badan ideal.

3 dari 7 halaman

Menjaga Kesehatan Ginjal

Manfaat kubis ungu untuk kesehatan yang ketiga adalah mampu menjaga kesehatan sekaligus fungsi ginjal. Manfaat ini berasal dari kandungan kalium di dalamnya.

Dalam satu cangkir kubis ungu cincang terdapat 216 miligram kalium. Kalium akan menjaga tingkat cairan tubuh agar tidak berfluktuasi. Retensi air terjadi ketika cairan berlebih menumpuk di dalam tubuh. Kalium telah lama digunakan untuk mengatasi retensi air.

Studi menunjukkan bahwa asupan kalium yang tinggi dapat membantu mengurangi retensi air dengan meningkatkan produksi urin dan mengurangi kadar natrium. Hal inilah yang membuat manfaat kubis ungu untuk kesehatan baik diandalkan.

Beberapa penelitian menunjukkan kalium sitrat dapat menurunkan kadar kalsium dalam urin. Cara ini akan membuat kalium melawan batu ginjal. Konsumsi cukup kalium dapat mengurangi risiko batu ginjal.

4 dari 7 halaman

Mengontrol Tekanan Darah

Tidak hanya menjaga fungsi ginjal, manfaat kubis ungu untuk kesehatan karena kaliumnya dapat mengontrol tekanan darah pengonsumsinya. Makanan kaya kalium dapat mengurangi tekanan darah dengan membantu tubuh menghilangkan kelebihan natrium.

Kadar natrium yang tinggi dapat meningkatkan tekanan darah, terutama bagi yang tekanan darahnya sudah tinggi. Nah, manfaat kubis ungu untuk kesehatan ini dapat membantu menyeimbangkan kadar elektrolit dan meningkatkan kinerja otot jantung.

Insitute of Medicine merekomendasikan konsumsi 4.700 miligram kalium per hari untuk mempertahankan tingkat tekanan darah yang sehat. Kalium dalam kubis ungu juga dapat mencegah tekanan otot jantung dengan mendukung kontraksi yang memicu detak jantung, sehingga jantung menjadi lebih sehat.

5 dari 7 halaman

Menjaga Kesehatan Otot

Manfaat kubis ungu untuk kesehatan yang kelima adalah mampu menjaga kesehatan otot dengan baik. Pada dasarnya, kadar kalium rendah dapat memengaruhi sinyal saraf di sistem saraf, sehingga memperlemah kontraksi otot.

Maka dari itu dengan manfaat kubis ungu untuk kesehatan yang mengandung cukup banyak kalium, dapat mengatur detak jantung serta mampu memastikan fungsi yang tepat dari otot dan saraf. Mineral ini juga penting untuk jantung yang sehat.

Jantung yang tidak berdetak dengan benar, tidak dapat secara efektif memompa darah ke otak, organ, dan otot. Kalium dapat membantu mencegah dan mengatasi kram otot. Kram otot bisa disebabkan oleh ketidakseimbangan elektrolit tubuh. 

6 dari 7 halaman

Mengendalikan Diabetes

Kubis ungu adalah salah satu sayuran yang dikenal kaya kandungan vitamin C. Dalam kubis ungu mentah terdapat vitamin C lebih tinggi ketimbang yang sudah dimasak. Hal ini yang membuat manfaat kubis ungu untuk kesehatan mampu mengendalikan diabetes.

Pada hasil penelitian, mengonsumsi 1000 mg vitamin C dalam sehari dapat menurunkan kadar gula di dalam darah. Sehingga, dengan terpantainya kadar glukosa di dalam darah, maka penyakit diabetes dapat dikendalikan.

Satu gelas kubis ungu mentah menyediakan 51 miligram vitamin C atau 85 persen kebutuhan sehari-hari (60 miligram). Vitamin C merupakan antioksidan yang efektif. Ini melindungi sel dari penghancuran komposisi yang sering menyebabkan racun metabolik.

7 dari 7 halaman

Menjaga Kekebalan Tubuh dan Mata

Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat kubis ungu untuk kesehatan yang ketujuh mampu menjaga sistem kekebalan tubuh manusia. Tidak lain dan tidak bukan berasal dari kandungan vitamin C dan A yang tinggi dalam kubis ungu. Vitamin C merupakan antioksidan penting yang berperan dalam memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Vitamin C menstimulasi aktivitas sel darah putih, sehingga memperkuat sistem kekebalan. Selain itu, vitamin C juga dapat memproduksi interferon, yaitu protein yang melindungi sel dari serangan vitus yang masuk ke dalam tubuh.

Kandungan vitamin A dalam kubis ungu adalah 20 persen dari 5000 IU yang dibutuhkan tiap hari (993 IU). Provitamin A karotenoid seperti beta-karoten, alpha-karoten dan beta-cryptoxanthin adalah prekursor vitamin A dan memiliki sifat antioksidan. Vitamin A terlibat dalam pembuatan sel-sel tertentu, termasuk sel B dan T.

Menjaga Kesehatan Mata

Terdapat kandungan vitamin A dalam kubis ungu yang cukup tinggi, yakni 20 persen dari 5000 IU yang dibutuhkan tiap hari (993 IU). Vitamin A inilah yang membuat manfaat kubis ungu untuk kesehatan bagi untuk mata.

Vitamin A memiliki fungsi mempertahankan kesehatan penglihatan dan memperbaiki penglihatan di malam hari. Ini juga mendukung respons kekebalan tubuh dan mengurangi risiko infeksi mikroba.

Vitamin A dibutuhkan untuk mengubah cahaya yang mengenai mata menjadi sinyal yang dapat dikirim ke otak. Asupan vitamin A yang cukup membantu melindungi terhadap penyakit mata tertentu, seperti degenerasi makula terkait usia.

Studi menunjukkan bahwa kadar beta-karoten, alfa-karoten, dan beta-cryptoxanthin dalam darah yang lebih tinggi dapat mengurangi risiko degenerasi makula terkait usia hingga 25%. Selain itu, salah satu gejala kekurangan vitamin A adalah kebutaan malam yang dikenal sebagai nyctalopia.