Sukses

8 Manfaat Santan untuk Rambut, Lengkap dengan Cara Memakainya

Liputan6.com, Jakarta Santan termasuk bahan yang sering digunakan dalam berbagai masakan. Namun profil nutrisinya yang menarik juga banyak digunakan sebagai penggunaan topikal. Santan juga sering digunakan dalam serangkaian perawatan rambut.

Dalam hal kesehatan rambut, santan dapat mengembalikan kelembapan dan kekuatan. Manfaat tersebut terutama terkait dengan kelapa yang memiliki kandungan minyak sehat. Minyak kelapa sendiri telah banyak disebut-sebut sebagai sumber lemak bernutrisi.

Santan mengandung vitamin C, E, B1, B3, B5, dan B6 serta zat besi, selenium, natrium, kalsium, magnesium, dan fosfor. Perawatan santan adalah cara yang bagus untuk meningkatkan pertumbuhan rambut dan meremajakan rambut kering dan rusak.

Perawatan santan bisa dibuat sendiri di rumah. Berikut manfaat santan untuk rambut dan cara menggunakannya, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Jumat (5/2/2021).

2 dari 6 halaman

Manfaat Santan untuk Perawatan Rambut

Kaya asam laurat

Asam laurat adalah zat kuat yang ditemukan pada ekstrak kelapa seperti santan. Zat ini digunakan dalam mengembangkan monolaurin. Monolaurin adalah agen antimikroba yang mampu melawan patogen seperti bakteri, virus, dan ragi.

Asam laurat merupakan salah satu bahan utama dalam kelapa. Asam lemak rantai panjang dan rantai sedang ini dikenal karena kemampuannya menembus rambut dengan mudah. Zat ini membantu memperkuat kutikula.

Kaya protein

Paparan sinar matahari, alat pemanas, makanan, dan perawatan kimiawi semuanya dapat memengaruhi rambut. Semua faktor tersebut dapat menghilangkan kelembapan alami dan merusak struktur protein bagian dalam, yang disebut keratin.

Rambut terbentuk dari keratin, sejenis protein yang didukung oleh jenis protein dalam makanan. Santan memiliki profil protein tinggi yang berpotensi menjaga kekuatan rambut. Santan membantu mengurangi kehilangan protein dari rambut dan mencegah kerusakan rambut akibat sinar UV.

3 dari 6 halaman

Manfaat Santan untuk Perawatan Rambut

Kaya vitamin C, E, B-1, B-3, B-5, and B-6

Selain protein, santan juga mengandung gizi mikro berupa antioksidan vitamin C dan E, serta vitamin B seperti B-1, B-3, B-5, dan B-6. Makronutrien ini menjaga rambut tetap sehat, kuat, dan lembap. Santan juga mengandung magnesium, zat besi, seng, fosfor, dan kalium. Kekurangan mikronutrien, seperti vitamin dan mineral, dapat menyebabkan rambut rontok.

Cegah rambut rontok

Minyak alami dalam santan dapat membuat kutikula rambut menjadi lebih kuat sehingga zat berbahaya dan air tidak mudah merusaknya. Ini membantu memperlambat proses kerontokan rambut, mencegah rambut rontok dan rusak. Santan membantu memperlambat kerontokan rambut dengan menembus jauh ke dalam batang rambut untuk mencegah hilangnya protein.

4 dari 6 halaman

Manfaat Santan untuk Perawatan Rambut

Dukung pertumbuhan rambut

Santan mengandung semua nutrisi penting yang dibutuhkan untuk kesehatan rambut, meningkatkan folikel rambut dan meningkatkan pertumbuhan rambut. Minyak kelapa dalam santan juga mengandung sifat antijamur dan antibakteri yang membantu melindungi dari masalah bakteri penghambat pertumbuhan rambut.

Lembutkan rambut

Minyak dalam santan kelapa menjaga kelembapan, sehingga diperlukan untuk rambut yang lembap dan kuat. Santan membuat rambut berkilau dan halus. Minyak dalam santan juga melembapkan rambut dari dalam, melindunginya dari panas dan kerusakan lingkungan.

Menggunakan santan sebagai perawatan rambut membuatnya tidak terlalu berminyak dan membuat rambut lebih panjang, tebal, dan berkilau.

5 dari 6 halaman

Manfaat Santan untuk Perawatan Rambut

Atasi rambut dan kulit kepala kering

Sifat pelembap yang sangat baik dalam santan dapat digunakan sebagai tonik kulit kepala untuk kulit kepala yang kering, gatal dan teriritasi. Ini sangat bermanfaat untuk memulihkan rambut kering, rusak dan rapuh, serta ujung bercabang. Profil asam lemak alami santan memiliki efek pelembap yang kuat. Bahan-bahan ini juga berfungsi sebagai kondisioner yang ampuh untuk rambut rusak.

Hilangkan ketombe

Santan terkenal karena efeknya yang melembapkan untuk merawat rambut dan kulit kepala. Selain itu, minyak kelapa dalam santan diketahui memiliki efek antiinflamasi, yang dapat membantu mengatasi masalah kulit kepala seperti ketombe.

Minyak kelapa juga dapat mengurangi peradangan dan nyeri. Ini mungkin membantu dalam kasus ketombe yang berhubungan dengan psoriasis dan penyakit kulit lainnya.

6 dari 6 halaman

Cara menggunakan santan untuk rambut

Masker santan dan lemon

Air lemon kaya akan vitamin C. Vitamin ini menutrisi kulit kepala serta meningkatkan pertumbuhan rambut dan mengurangi rambut rontok.

Campur empat sendok makan santan dan dua sendok teh air lemon. Dinginkan di lemari es selama empat jam. Selama waktu ini, santan akan sedikit mengental, oleskan campuran yang mengental ini ke kulit kepala dan rambut. Biarkan selama 45 menit dan tutupi rambut dengan shower cap. Bilas dengan air dan sampo seperti biasa. Ulangi cara ini seminggu sekali.

Santan untuk pertumbuhan rambut

Panaskan ¼ cangkir santan di panci hingga agak hangat. Aplikasikan pada kulit kepala dengan pijatan lembut selama 15 menit. Lanjutkan dengan mengaplikasikan santan dari akar hingga ujung rambut.

Tutup rambut dengan shower cap dan biarkan selama 45 menit. Bilas dan cuci rambut dengan sampo biasa. Ulangi cara ini sekali dalam seminggu.

Santan akan menembus kulit kepala dan kutikula. Perawatan ini dapat menutrisi dan mengkondisikan folikel dan batang rambut. Santan memberi kelembapan dan nutrisi ekstra yang memperbaiki tekstur dan kesehatan rambut.

Santan untuk lawan ketombe

Campurkan empat sendok makan santan dan dua sendok makan madu dalam mangkuk. Pijat campuran tersebut ke kulit kepala dan aplikasikan ke rambut dari akar hingga ujung. Tutupi rambut dengan shower cap dan biarkan selama satu atau dua jam. bilas dan keramas dengan sampo biasa. Lakukan cara ini sekali dalam seminggu.

Madu memiliki sifat antibakteri, antijamur, dan antivirus yang baik untuk melawan ketombe dan gatal. Madu juga merupakan pelembap yang baik untuk rambut. Madu mampu menyembuhkan luka kulit kepala yang iritasi. Saat digunakan dalam kombinasi dengan santan, ini memperkuat efek positif santan pada rambut dengan mengunci kelembapan dan nutrisi.