Sukses

Urusan Bersih-Bersih Jadi Lebih Mudah, Begini Tips Tepat Pilih Litter Box

Begini Tips Tepat Pilih Litter Box

Liputan6.com, Jakarta Memilih litter box yang tepat bisa jadi salah satu keputusan paling penting yang diambil oleh pemilik kucing. Pasalnya, banyak faktor yang bikin hewan peliharaanmu enggan menggunakannya untuk buang air dan bikin urusan bersih-bersih jadi makin rumit. Perhatikan kebutuhan kucing terlebih dahulu saat mencari litter box dengan tips jitu berikut ini.

Kenali Jenisnya

Iseng mencari pilihan litter box secara online, kamu mungkin akan menemukan hasil yang tak terhitung jumlahnya. Mulai saja dengan dua kategori utama yaitu desain yang terbuka dan tertutup. 

Masing-masing punya nilai lebih, misalnya litter box terbuka menawarkan sirkulasi udara terbaik dan mudah dibersihkan. Sedangkan kotak pasir tertutup dengan bagian atas dan samping yang menutupi pasir akan memberi privasi ekstra, mengurangi jumlah kotoran yang berserakan, serta meminimalkan bau.

Bahan Litter Box

Sebagian besar litter box terbuat dari plastik sehingga dapat dibersihkan dan digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama. Tapi ada juga jenis lain yang terbuat dari bahan organik dan banyak dipakai saat sedang bepergian bersama kucing. Jika sudah kotor, tinggal membuangnya ke tempat sampah dan menyediakan yang baru. Walau lebih mahal, pilihan ini cukup praktis terutama bagi pemilik kucing yang cukup sibuk.

Jumlah Litter Box

Aturan praktisnya, sediakan 1 litter box per kucing ditambah cadangan. Tapi bukan berarti meletakkannya secara berdampingan, yang justru bikin kucing enggan menggunakan litter box. Cukup letakkan setiap kotak di area terpisah dalam rumah, dengan mempertimbangkan tempatnya merasa nyaman dan lokasinya tak terlalu jauh sehingga kucing lebih mudah menemukannya.

Mudah Dibersihkan

Selain dari bahannya, urusan membersihkan litter box juga wajib dipikirkan. Jangan hanya mementingkan estetika tapi membuatmu kerepotan setiap kali akan membersihkannya. Bagi yang tak punya banyak waktu atau merasa risih, pertimbangkan litter box yang memiliki fitur membersihkan secara otomatis atau sistem ayak, sehingga cukup menghemat tenaga dan waktu.

Jaga kesehatan kucing dan kebersihan rumah dengan tepat memilih litter box. Meskipun liur kucing tidak najis, sebaliknya kotorannya harus benar-benar dibersihkan hingga bau maupun nodanya benar-benar hilang. Bicara soal kotoran kucing, bau dan teksturnya juga bisa dipengaruhi oleh makanan yang disajikan, lho. Supaya asupan nutrisinya tetap terjaga sekaligus bisa meminimalisir bau tak sedap, kamu bisa memilih dry food yang tepat, seperti Muezza yang sudah mendapatkan sertifikasi halal dari The Central Islamic Committee of Thailand. 

Selain itu, kandungan Ekstrak Yucca Schidigera di dalamnya efektif mengurangi bau, membantu kotoran kucing terbentuk menjadi gumpalan, serta menghambat penyerapan bakteri berbahaya di saluran cernanya. Kesehatannya jadi lebih terjamin dengan kandungan nutrisi sehat dan seimbang, pemilik pun bebas cemas saat merawat kucing kesayangan.

Berikan Muezza yang memiliki 4 varian flavor yang berbeda untuk menjaga kucing tetap sehat dan aktif. Bebas ribet membelinya, cukup pesan di Shopee maupun Tokopedia.  Yuk, buruan sedia stoknya di rumah!

(*/eth)

Beli Muezza di Shopee

Beli Muezza di Tokopedia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.