Sukses

17 Cara Cepat Memanjangkan Rambut, Sehat dan Alami

Cara cepat memanjangkan rambut harus sehat dan alami.

Liputan6.com, Jakarta Cara cepat memanjangkan rambut bisa dilakukan dengan langkah sederhana. Menjaga pertumbuhan sehat merupakan bagian penting dalam cara cepat memanjangkan rambut. Selain genetik, beberapa faktor lain juga ikut berperan dalam pertumbuhan rambut.

Cara cepat memanjangkan rambut yang sehat bisa dilakukan dengan perawatan rutin. Beberapa bahan alami juga bisa membantu mempercepat proses. Cara cepat memanjangkan rambut ini dapat membantu merangsang pertumbuhan dan meningkatkan tampilan rambut.

Selain itu, nutrisi yang baik juga penting dalam cara cepat memanjangkan rambut. Cara cepat memanjangkan rambut tak hanya membantu rambut tumbuh cepat, tapi juga membuat rambut lebih sehat dan ternutrisi.

Berikut cara cepat memanjangkan rambut seperti dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Jumat (5/2/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Cara cepat memanjangkan rambut

Hindari sering keramas

Sering keramas hanya akan menyebabkan rambut kering dan kehilangan sebagian besar minyak esensial alaminya. Minyak ini bergerak dari kulit kepala ke sepanjang helai rambut, membantu menjaga kelembapan rambut, dan penting untuk rambut panjang. Keramas setiap hari hanya akan meningkatkan risiko rambut rontok dan rusak.

Hindari pemanasan

Jika ingin rambut cepat panjang, berhenti menata rambut secara berlebihan. Panas dari alat pengeriting rambut, pengering rambut, dan pelurus rambut dapat merusak rambut. Meskipun menghindari penataan panas sama sekali mungkin bukan pilihan, kamu perlu membatasi seberapa sering menggunakan alat ini.

Jangan membungkus rambut yang basah

Hindari membungkus rambut dengan handuk atau mengikatnya saat masih dalam keadaan basah. Rambut yang basah akan sangat rapuh dan mudah patah. Oleh karena itu, disarankan untuk menepuk rambut dengan handuk hingga kering. Ini akan mencegah kerusakan rambut.

3 dari 7 halaman

Cara cepat memanjangkan rambut

Hindari pewarnaan rambut

Rambut yang diwarnai memang akan terlihat menarik. Namun, jika kamu ingin memanjangkan rambut dengan cepat, hindari proses ini. Saat mewarnai rambut kita dan tekstur rambut berubah akibat bahan kimia, proses ini dapat memberi tekanan pada rambut dan menyebabkannya patah dan lebih lambat pertumbuhannya.

Ketika kutikula rambut rusak akibat bleaching, rambut akan mengalami lebih banyak kerusakan. Semakin sedikit perawatan kimiawi, semakin baik rambut tumbuh.

Beri pijatan

Pijatan pada kulit kepala membantu meningkatkan relaksasi dan menghilangkan stres. Pijat kepala juga dapat membantu meningkatkan kesehatan rambut. Ini juga memobilisasi minyak dari kulit kepala yang memperkuat akar dan menjaga kelembapan rambut. Pijat kulit kepala dengan stimulan seperti minyak kelapa sangat meningkatkan kemungkinan rambut tumbuh panjang dan kuat.

Gunakan minyak esensial

Minyak esensial seperti jojoba, minyak jarak, minyak kemiri, atau minyak biji labu bisa membantu meningkatkan pertumbuhan rambut. Memijat rambut dengan lembut dengan minyak suam-suam kuku tidak hanya meningkatkan sirkulasi darah di kulit kepala tetapi juga menutrisi, merevitalisasi, dan menenangkan kulit kepala sambil juga memperkuat folikel rambut dan menciptakan yang kuat, dan panjang.

4 dari 7 halaman

Cara cepat memanjangkan rambut

Gunakan kondisioner

Kondisioner menggantikan lipid dan protein di dalam batang rambut, dan juga menyegel kutikula untuk membantu rambut tumbuh lebih panjang. Perawatan deep conditioning dan rekonstruksi membantu melembabkan helai rambut, memperbaiki rambut rusak dengan menghilangkan keriting dan kusam. Kondisioner membantu menciptakan rambut yang sehat sekaligus menambah panjang, kemudahan pengaturan, volume, dan kilau rambut.

Gunakan air dingin untuk membilas rambut

Cara cepat memanjangkan rambut selanjutnya adalah menggunakan air dingin saat membilas rambut. Sering menggunakan air hangat akan membuat rambut kasar. Turunkan suhu air saat membilas rambut. Bilas dengan air dingin untuk membantu menutup kutikula dan memperkuat rambut sebelum menatanya.

Potong secara rutin

Cara cepat memanjangkan rambut yang sering dilakukan adalah trimming atau pemotongan secara teratur. Memotong sedikit ujung rambut akan menghilangkan ujung bercabang penyebab kerusakan. Menghilangkan kerusakan memberi kesan bahwa rambut tumbuh lebih cepat.

5 dari 7 halaman

Cara cepat memanjangkan rambut

Hidrasi tubuh

Cara cepat memanjangkan rambut yang tak kalah penting adalah menjaga hidrasi tubuh. Ini mengeluarkan racun dan membantu tubuh berfungsi dengan baik. Pertumbuhan rambut bergantung pada bagian tubuh lainnya untuk menjaganya tetap terhidrasi.

Penuhi nutrisi

Vitamin, mineral, dan asam lemak tertentu sangat penting untuk pertumbuhan rambut. Makanan yang perlu dikonsumsi untuk cara cepat memanjangkan rambut adalah makanan dengan biotin, vitamin A, C, D, dan E, seng, zat besi, serta omega-3 dan 6. Makanan-makanan ini dapat berkontribusi pada rambut yang lebih sehat.

Konsumsi protein

Protein membantu rambut tumbuh dan melindunginya dari kerusakan kimia dan lingkungan. Kamu bisa mendapatkan protein dari sayuran, kacang-kacangan, yogurt, dan makanan lainnya.

6 dari 7 halaman

Cara cepat memanjangkan rambut

Cuka sari apel

Membilas rambut dengan cuka dapat meningkatkan pertumbuhan rambut sekaligus membuatnya tampak berkilau, sehat, dan indah. Campuran yang mengandung dua sendok makan cuka dan satu liter air dapat bertindak sebagai kondisioner alami saat digunakan untuk membilas rambut dan membantu menciptakan rambut panjang yang sehat.

Lemon

Air lemon atau minyak lemon dapat meningkatkan kualitas dan pertumbuhan rambut. Minyak lemon dapat membantu menjaga kesehatan kulit kepala dan mendorong pertumbuhan rambut. Oleskan air lemon segar ke kulit kepala dan rambut 15 menit sebelum keramas. Kamu bisa menggunakan minyak esensial lemon yang diencerkan sebagai masker rambut.

Minyak kelapa

Minyak kelapa mengandung asam lemak yang menembus di dalam batang rambut dan mengurangi kehilangan protein dari rambut. Ini bisa menjadi cara cepat memanjangkan rambut. Minyak kelapa bisa digunakan sebelum atau sesudah keramas, tergantung jenis rambut.

Jika rambut cenderung berminyak, kamu bisa melakukan perawatan tanpa bilas semalaman atau selama beberapa jam sebelum keramas. Pijatkan minyak kelapa ke kulit kepala dan seluruh rambut. Jika rambutmu kering, kamu juga bisa menggunakannya sebagai perawatan tanpa bilas.

7 dari 7 halaman

Cara cepat memanjangkan rambut

Kafein

Kafein dapat membantu mendorong pertumbuhan rambut baru pada tingkat molekuler, seluler, dan organ baik pada pria maupun wanita. Kamu bisa menggunakan produk perawatan rambut dengan kandungan kafein seperti sampo, kondisioner, atau serum. Menggunakan masker buatan sendiri dari bubuk kopi juga bisa membantu.

Hindari menyisir rambut yang basah

Rambut sangat rentan patah saat basah. Menyisir rambut yang basah akan menambah tingkatan tekanan pada rambut dan menyebabkannya patah. Sebagai gantinya, sisir rambut sebelum keramas. Keringkan rambut terlebih dahulu sebelum menyisirinya setelah keramas. Gunakan sisir bergigi lebar atau sikat pembersih yang lebih lembut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.