Sukses

7 Perbedaan iPhone 6 dan 6s, Spesifikasi, Kamera, dan Harga

iPhone 6 dan 6s masih banyak dicari penggemar Apple.

Liputan6.com, Jakarta Perbedaan iPhone 6 dan 6s sering menimbulkan kebingungan saat hendak membelinya. iPhone 6 dan 6s merupakan ponsel besutan Apple yang rilis pada 2015 silam. Meski sudah hampir 6 tahun berlalu, ponsel ini masih banyak dicari.

Kamu mungkin bertanya-tanya, apa sih perbedaan iPhone 6 dan 6s. Sekilas iPhone 6 dan 6s memang nampak mirip. Jika dilihat dari bentuk fisiknya, perbedaan iPhone 6 dan 6s hampir tidak terlihat.

Keduanya adalah ponsel lama sekarang. Tetapi kamu masih bisa menikmati fitur menarik Apple dari ponsel ini. Jika diperhatikan, ada sejumlah perbedaan iPhone 6 dan 6s. Perbedaan iPhone 6 dan 6s ini bisa dilihat dari dimensi, sistem operasi, prosesor, kamera, hingga baterai.

Perbedaan iPhone 6 dan 6s bisa menjadi bahan pertimbanganmu saat menentukan pilihan. Berikut perbedaan iPhone 6 dan 6s, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Jumat(5/2/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

Dimensi dan bobot

Perbedaan iPhone 6 dan 6s pada dimensi dan bobot mungkin nampak tak terlihat. Namun, jika diperhatikan dengan detail, ada sejumlah perbedaan yang bisa ditemukan.

IPhone 6 memiliki dimensi 138,1 x 67 x 6,9 mm. Sementara iPhone 6s memiliki dimensi sedikit lebih besar yaitu 138,3 x 67,1 x 7,1 mm. Bobot keduanya pun berbeda. iPhone 6 memiliki bobot lebih ringan yaitu 129 gram. Sementara iPhone 6s memiliki bobot 143 gram.

Perbedaan iPhone 6 dan 6s lainnya terdapat pada varian warna yang diluncurkan. Pilihan warna iPhone 6 ada tiga, yakni Space Grey, silver dan gold. Sementara iPhone 6s hadir dengan warna space grey, silver, gold dan Rose gold.

Selain dimensi dan bobot, secara fisik iPhone 6 dan iPhone 6s hampir tidak memiliki perbedaan. Keduanya dilengkapi dengan tipe layar LED Backlit IPS LCD Capacitive Touchscreen yang dapat menghasilkan 16 juta warna. Ukuran layarnya sendiri 4.7 inci.

3 dari 8 halaman

Sistem operasi

Perbedaan iPhone 6 dan 6s selanjutnya terletak pada sistem operasi. iPhone 6 menggunakan sistem operasi iOS 8 dengan pembaruan hingga iOS 12. Sementara iPhone 6s dibekali iOS 9 dengan pembaruan hingga iOS 12. iOS adalah sistem operasi seluler terpopuler kedua di dunia setelah Android.

Perbedaan iPhone 6 dan 6s bukanlah hal yang perlu dikhawatirkan karena keduanya bisa diperbarui hingga iOS 12. Apple menyediakan pembaruan besar untuk sistem operasi iOS setiap tahun melalui iTunes.

4 dari 8 halaman

Prosesor

Dari segi prosesor, perbedaan iPhone 6 dan 6s sangat terlihat. IPhone 6 dibekali dengan CPU Apple A8, Dual-core 1.4 GHz Typhoon (ARM v8-based) dan chipset A8 dengan arsitektur 64-bit. Sementara iPhone 65 lebih unggul dengan CPU Apple A9, Dual-core 1,84 GHz Twister dan chipset A9 dengan arsitektur 64-bit.

IPhone 6 memiliki GPU berupa PowerVR GX6450 (quad-core graphics). Sementara iPhone 6s memiliki GPU PowerVR GT7600 (six-core graphics).

Apple mengklaim bahwa Apple A9 punya kecepatan 70 persen lebih baik dibanding Apple A8. Apple juga mengatakan performa Apple A9 bisa disejajarkan dengan prosesor sekelas desktop PC. Perbedaan chipset pada iphone 6 dan 6s ini tentu saja akan membawa dampak besar bagi kinerja ponsel.

Perbedaan lainnya terletak pada RAM yang dimiliki. IPhone 6 hanya memiliki RAM 1GB sedangkan pada 6s sudah memiliki RAM 2GB. Dari segi performa iPhone 6s lebih unggul dari iPhone 6.

5 dari 8 halaman

Kamera

Perbedaan iPhone 6 dan 6s yang juga terlihat jelas adalah kualitas kameranya. IPhone 6 memiliki kamera belakang dengan kualitas 8 MP, f/2.2, Dual-LED dual-tone flash, HDR dan kamera depan 1,2 MP, f/2.2 dengan perekaman video 720p. Sementara iPhone 6s lebih unggul dengan kamera belakang 12 MP, f/2.2, Dual-LED, Dual-tone Flash, HDR, PDAF dan kamera depan 5 MP, f/2.2 dengan perekaman video 720p.

Perbedaan iPhone 6 dan 6s ini tentunya cukup menjadi bahan pertimbangan. Dari segi fitur, iPhone 6 hampir sama dengan iPhone 6S hanya saja iPhone 6 tidak ada Live Photo.

IPhone 6S dilengkapi dengan fitur Live Photos, dimana pengguna dapat menyimpan beberapa foto sebagai gambar bergerak lengkap dengan suara, mirip dengan video atau gambar format .gif. selain itu ada Photo, video, slo-mo, square, dan panorama.

6 dari 8 halaman

Baterai

Perbedaan iPhone 6 dan 6s selanjutnya adalah kapasitas baterai. Perbedaan ini cukup istimewa karena dari segi baterai, iPhone 6 sedikit lebih unggul. IPhone 6 memiliki kapasitas baterai 1810 mAh sementara iPhone 6s memiliki baterai 1715 mAh.

Baik iPhone 6 maupun 6s, keduanya menggunakan baterai bertipe Non-removable Li-Po. Perbedaan kapasitas baterai ini tentunya bisa memengaruhi ketahanan iPhone.

7 dari 8 halaman

Fitur pendukung

Pada desain, iPhone 6s memiliki fitur 3D touch. Fitur 3D Touch awalnya digunakan pada Apple Watch. Fitur ini membuat layar smartphone dapat merespon sentuhan dengan tingkat tekanan yang berbeda. Pengguna bisa menyentuh, menekan pelan, atau menekan kencang layarnya untuk menjalankan fungsi yang berbeda, terasa lebih efektif dan efisien.

Dari segi konektivitas, iPhone 6s memiliki dukungan internet lebih cepat dari generasi sebelumnya. Dengan teknologi LTE yang lebih “advance” mendukung Band 23 LTE, iPhone 6s memberikan kecepatan sampai dengan dua kali lipat. Bukan hanya LTE, koneksi wi-fi juga menjadi dua kali lebih cepat pada iPhone 6s.

8 dari 8 halaman

Harga

Saat ini Apple sudah tidak memproduksi dan memasarkan iPhone 6 dan iPhone 6s. Namun, kamu mungkin masih bisa menemukannya di beberapa toko offline maupun online. Harga iPhone 6 dan iPhone 6s tentunya akan lebih murah dari harga awal saat rilis pertama kali.

Harga iPhone 6 dan iPhone 6s memiliki perbedaan bisa hampir satu jutaan. Harga iPhone 6 kini terpantau pada angka Rp 1 jutaan untuk kapasitas penyimpanan 16 GB dan Rp 2 jutaan untuk kapasitas penyimpanan 32 GB.

Sementara untuk iPhone 6s dibanderol mulai dari Rp 2 jutaan untuk kapasitas penyimpanan 16 GB dan 32 GB. Untuk kapasitas peyimpanan 64 GB dan 128 GB masih bisa ditemukan dengan harga Rp 3 jutaan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini