Sukses

10 Perbedaan Visi dan Misi, Pahami Lebih Jauh dari Kacamata Ahli

Liputan6.com, Jakarta Ada sekitar sepuluh perbedaan visi dan misi yang dapat dipahami. Perbedaan ini menitikberatkan pada bagaimana keduanya dibuat dan dijalankan dalam sebuah organisasi maupun lembaga yang ada.

Perbedaan visi dan misi yang paling mencolok ada pada pemahaman tentang visi sebagai tujuan dan misi sebagai langkah yang dapat digunakan untuk mencapai tujuan tersebut. Perbedaan ini saling melengkapi dan tidak berdiri sendiri-sendiri.

Berdasarkan pengungkapannya, perbedaan visi dan misi cukup kentara. Visi adalah kalimat yang menuturkan secara umum. Sementara misi adalah kalimat yang dapat menjelaskan secara lebih gamblang kalimat visi.

Agar bisa lebih memahami perbedaan visi dan misi, berikut Liputan6.com ulas penjelasannya dari berbagai sumber, Senin (8/2/2021).

2 dari 6 halaman

Perbedaan Visi dan Misi

1. Perbedaan visi dan misi, yakni visi adalah tujuan, masa depan, cita-cita, hal yang ingin dilakukan. Sementara misi adalah langkah, bentuk atau cara serta bagaimana untuk mewujudkannya.

2. Perbedaan visi dan misi, yakni visi adalah gambaran besar atau gambaran secara keseluruhan apa yang diinginkan. Sementara misi adalah Penjabaran apa yang akan dilakukan untuk mencapai atau mewujudkan visi.

3. Perbedaan visi dan misi, yakni visi terdiri dari beberapa kalimat atau pernyataan biasanya satu deret kalimat atau poin yang jelas, padat dan mewakili segalanya. Sementara misi terdiri dari sejumlah kalimat atau pernyataan yang dapat menjelaskan tujuan. Biasanya terdiri dari beberapa kalimat penjabaran atau berbagai macam poin yang lebih banyak dari visi.

4. Perbedaan visi dan misi, yakni visi lebih bersifat jangka panjang. Sementara misi dapat dilakukan segera dan secepatnya.

5. Perbedaan visi dan misi, yakni visi dibuat untuk masa depan dan bersifat secara umum. Sementara misi dibuat untuk masa kini atau saat ini dan bersifat lebih detail atau khusus.

6. Perbedaan visi dan misi, yakni visi adalah ide dalam angan-angan, sementara misi adalah tindakan strategis untuk meraih sebuah visi.

7. Perbedaan visi dan misi, yakni visi adalah menumbuhkan komitmen dan semangat kerja. Sementara misi adalah menjadi titik utama bagi individu dalam mengidentifikasi tujuan dan arah.

8. Perbedaan visi dan misi, yakni visi adalah pembentukan dan pembangunan budaya dalam perusahaan (Corporate culture). Sementara misi adalah menciptakan kondisi atau iklim organisasi yang umum.

9. Perbedaan visi dan misi, yakni visi adalah menjembatani keadaan perusahaan masa sekarang dan masa depan. Sementara misi adalah landasan perencanan bisnis yang akan dikembangkan.

10. Perbedaan visi dan misi, yakni visi adalah upaya menumbuhkan standar prima dalam sebuah pekerjaan. Sementara misi adalah membantu seseorang dalam mengambil keputusan yang sesuai keputusan yang sesuai tujuan.

3 dari 6 halaman

Mengenal Pengertian Visi Menurut Para Ahli

Wibisono (2006, p. 43)

Visi adalah rangkaian kalimat yang menyatakan cita-cita atau impian sebuah organisasi atau perusahaan yang ingin dicapai di masa depan.

Burt Nanus, Kepemimpinan Visioner

Visi adalah sebuah pandangan masa depan organisasi yang realistis, bisa dipercaya, atraktif, suatu kondisi yang lebih baik dibandingkan dengan yang sekarang ada.

Dictionary Of Language and Culture, Longman

Visi adalah kemampuan memandang; kemampuan memahami apa yang akan diwujudkan di masa yang akan datang; ide yang ada dalam angan-angan tentang sesuatu.

Kamus Besar Bahasa Indonesia, 1988

Visi adalah kemampuan untuk melihat pada inti persoalan, pandangan, wawasan apa yang tampak dalam khayal, penglihatan atau pengamatan. Atau kemampuan melihat gambaran/wawasan masa depan yang diinginkan berdasar penglihatan/pengamatan/perbandingan kondisi yang ada/ keadaan sekarang.

4 dari 6 halaman

Mengenal Visi Lebih Jauh

Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) di sini kunci perbedaan visi dan misi. Visi bermakna kepada penglihatan; pengamatan, kemampuan untuk merasakan sesuatu yang tidak tampak melalui kehalusan jiwa dan ketajaman penglihatan, kemampuan untuk melihat pada inti persoalan, pandangan atau wawasan ke depan.

Visi dijadikan sebagai panutan gambaran akan situasi dan karakteristik mengenai arah kemana tujuan perjalanan selanjutnya. Sehingga dengan adanya visi bisa menjadi alarm untuk selalu mampu eksis, antisipatif, dan inovatif.

Tidak heran apabila visi dapat berubah dan berkembang sesuai pengaruh dan perkembangan zaman yang tidak bisa diprediksi kedepannya. Oleh karena itu visi sering kali tidak ditulis secara detail, namun digambarkan menerangkan detail gambaran sistem yang menjadi tujuannya.

5 dari 6 halaman

Mengenal Pengertian Misi Menurut Para Ahli

Edwin A. Locke & Associates, Esence Kepemimpinan

Misi adalah tindakan strategis untuk meraih visi organisasi.

DR. Sapta Nirwandar, Makalah Seminar

Misi adalah langkah/kegiatan yang harus dilaksanakan guna merealisasikan tercapainya visi.

Kamus Besar Bahasa Indonesia

Misi adalah tugas yang dirasakan orang sebagai suatu kewajiban untuk melakukannya demi agama, ideologi, patriotisme, dsb.

Webster Third New International Dictionary

Misi adalah tugas khusus yang menjadi tanggung jawab seseorang atau sekelompok orang – specifc task a person or group is charged.

Wibisono (2006,p.46)

Misi adalah rangkaian kalimat yang menyatakan tujuan atau alasan eksistensi organisasi, yang memuat apa yang disediakan oleh perusahaan kepada masyarakat, baik berupa produk ataupun jasa.

6 dari 6 halaman

Mengenal Misi Lebih Jauh

Misi adalah suatu pernyataan tentang apa yang harus dikerjakan dalam usaha mewujudkan suatu visi yang telah dibuat. Perbedaan visi dan misi dapat dilihat dari sudut pandang ini.

Misi itu ibarat langkah-langkah kecil yang dibagi untuk mempermudah serta bentuk usaha nyata dalam memberikan arah sekaligus batasan-batasan proses pencapaian tujuan.

Arti misi adalah prioritas, metode, atau nilai-nilai kerja yang menjadi landasan untuk memberi petunjuk garis besar dalam mewujudkan sebuah visi. Walaupun perbedaan visi dan misi cukup membuat kita bingung, namun misi dan visi merupakan suatu kesatuan yang harus seiring sejalan.