Sukses

Gara-Gara Mahal, Pria Ini Jual Petai Eceran per Butir Bak Permen

Pria ini mengemas petai per butir layaknya sebuah permen.

Liputan6.com, Jakarta Petai menjadi salah satu jenis sayuran yang memiliki cukup banyak penggemar. Meski punya efek samping menimbulkan bau mulut yang tidak sedap, namun beberapa orang menjadikan petai sebagai makanan favorit. Namun tak hanya di Indonesia saja, petai juga disukai oleh berbagai orang di belahan dunia. 

Jadi makanan favorit banyak orang, tak jarang harga petai melambung tinggi. Seperti yang terjadi di Malaysia ini, harga petai terbilang cukup mahal. Bahkan harga 1 kilogram petai diketahui setara dengan daging sapi, yakni RM 60 atau Rp 200 ribuan.

Gara-gara mahal, ada salah satu penjual yang melakukan cara berbeda agar pelanggannya dapat menikmati petai. Pria yang bernama Rob Machado itu menjual petai dengan cara unik. Jika petai biasanya dijual satu ikat, Rob Machado menjualnya secara eceran.

Lewat akun Facebooknya, ia pun mempromosikan jualannya tersebut. Menurut Rob Machado dengan menjual petai eceran, banyak orang dapat menikmati makanan tersebut dengan harga yang masih terjangkau. Adanya Perintah Kawalan Pergerakan (PKP) membuat banyak orang yang tak memiliki uang untuk membeli petai dengan harga mahal.

"Banyak orang Malaysia yang tidak mampu membeli petai saya. Jadi, saya menyuruh staf saya untuk mengemasnya dalam paket kecil,” kata Rob Machado seperti dikutip oleh Liputan6.com dari World of Buzz, Senin (8/2/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Dibungkus Seperti Permen

Sapa tak cukup bajet musim pkp ni yg nak beli petai aku, ni ada aku buat packing kecik2....sebijik 30sen....dua biji...

Posted by Rob Machado on Thursday, February 4, 2021

Harga petai yang mahal, akhirnya Rob Machado menjual petai secara ecer dengan mengemasnya per butir layaknya sebuah permen. Setelah dikupas, ia memasukan petai tersebut ke dalam plastik kecil lalu direkatkan menggunakan mesin vacum hingga rapat. Hal itu bertujuan agar kualitas dan kebersihan petai terjaga.

Pria yang diketahui sebagai pemilik agen petai di Malaysia itu berharap agar orang-orang dapat membeli petai dengan harga yang lebih murah. Selain menjualnya secara eceran per butir bak sebuah permen, Rob juga menawarkan jasa pengiriman dengan biaya ongkos kirim sebesar Rp 27 ribu.

"Siapa tak punya uang untuk beli petai di musim ini? Saya ada petai ecer, dijual perbiji dibungkus satu satu. Harganya satu biji 30 sen (Rp 1.100). Jika beli dua biji jadi 50 sen (1800) saja," tulisnya melalui Facebook pribadinya.

3 dari 3 halaman

Jadi Viral

Aksi Rob Machado yang menjual petai per butir itu jadi viral. Unggahannya itu dibajiri berbagai komentar dari warganet. Tak hanya petai, kini Rob juga menjual durian, stroberi, dan ubi manis.

"lucu .. penjual ini benar-benar menjual ini," tulis akun Facebook Norlia Mohd Nor.

"Hahahahaha bagus kamu punya marketing rob," komentar akun Facebook Juliana Thurs.

"permen ini terlihat bagus." tulis akun Facebook ddi Leeyx.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.