Sukses

Pengertian Manajemen, Unsur, Fungsi, dan Peranan yang Perlu Dipahami

Pengertian manajemen adalah seni mengatur dan melaksanakan.

Liputan6.com, Jakarta Pengertian manajemen adalah seni mengatur dan melaksanakan. Tujuan utama manajemen, yakni menciptakan sesuatu dengan efektif dan efisien. Manajemen disebut sebagai suatu seni di dalam proses dan ilmu pengorganisasian.

Tidak hanya bisa dimiliki dan diterapkan dalam suatu kelompok organisasi besar. Pada dasarnya pengertian manajemen dan penerapannya bisa dipraktikkan oleh perorangan.

Bapak Ilmu Manajemen George R. Terry memaparkan pengertian manajemen sebagai proses yang terdiri dari perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, dan pengawasan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya.

Nah, agar bisa lebih memahami pengertian manajemen, unsur, fungsi, dan peranannya lebih jauh simak penjelasan lengkapnya, berikut Liputan6.com ulas dari berbagai sumber, Selasa (9/2/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Pengertian Manajemen

Lawrence A. Appley

Pengertian manajemen adalah keahlian dalam membangkitkan orang lain agar bersedia melakukan sesuatu. Tak harus seseorang, keahlian manajemen juga dapat dimiliki oleh organisasi maupun kelompok.

George R. Terry

Dikenal sebagai Bapak Ilmu Manajemen, dalam bukunya yang berjudul Principle of Manajemen menyebutkan, pengertian manajemen adalah sebuah proses yang terdiri dari perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, dan pengawasan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya. Berdasar pengertian manajemen tersebut, akhirnya diturunkan menjadi sebuah fungsi manajemen.

Henry Fayol

Pengertian manajemen adalah sebuah proses perencanaan, pengorganisasian, dan pengawasan terhadap sumber daya yang ada untuk mencapai tujuan yang efektif dan efisien.

Oey Liang Lee

Pengertian manajemen adalah ilmu dan seni untuk merencanakan, mengorganisasikan, mengarahkan, mengkoordinasi serta mengawasi manusia dengan bantuan alat-alat sehingga dapat mencapai tujuan.

Ricky W. Griffin

Pengertian manajemen adalah sebuah proses perencanaan, proses organisasi, proses kordinasi, dan proses kontrol terhadap sumber daya untuk mencapai tujuan dengan efektif dan efisien.

Mary Parker Foleot

Pengertian manajemen adalah sebuah seni untuk menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain. Pengertian ini dapat diartikan sebagai fungsi seorang manajer yang mengatur dan mengarahkan orang lain untuk mencapai tujuan organisasi. Akan tetapi pengertian manajemen ini bisa salah penafsiran, karena ada orang lain yang tujuannya membantu untuk menyelesaikan pekerjaan.

Renville Siagian

Pengertian manajemen adalah salah satu bidang usaha yang bergerak di bidang jasa pelayanan yang dikelola oleh tenaga ahli yang terlatih dan berpengalaman.

Federick Winslow Taylor

Pengertian manajemen adalah seni mengetahui apa yang harus dilakukan dan melihat bahwa itu dilakukan dengan cara sebaik mungkin.

Hilman

Pengertian manajemen adalah fungsi untuk mencapai suatu tujuan melalui perantara kegiatan orang lain serta mengawasi usaha-usaha setiap individu guna mencapai tujuan yang sama.

Koontz dan Weihrich

Pengertian manajemen adalah proses merancang dan memelihara lingkungan di mana individu, bekerja sama dalam kelompok, secara efisien mencapai tujuan yang dipilih.

3 dari 6 halaman

Memahami Pengertian Manajemen Lebih Jauh

Bila dikulik secara etimologi, kata manajemen berasal dari Bahasa Prancis kuno, yang mana pengertian manajemen adalah seni melaksanakan dan mengatur. Setiap orang pasti melakukan kegiatan manajemen.

Kata manajemen bersumber dari bahasa Inggris yakni "manage" yang memiliki arti mengatur, merencanakan, mengelola, mengusahakan dan memimpin. Maka pengertian manajemen merupakan suatu seni di dalam proses dan ilmu pengorganisasian.

Berdasarkan pendapat para ahli, pengertian manajemen dapat dipahami sebagai proses perencanaan, mengorganisasi, mengarahkan dan mengendalikan suatu kegiatan.

Fungsi utama dari pengertian manajemen adalah untuk mencapai tujuan dari organisasi secara efektif dan efisien dengan memanfaatkan sumber daya yang dimiliki oleh organisasi.

Dalam praktiknya pengertian manajemen memiliki subjek dan objek. Subjek merupakan orang yang mengatur, sedangkan objek adalah yang diatur. Adapun orang yang mengatur, merumuskan dan melaksanakan berbagai tindakan manajemen disebut manajer.

Umumnya sebuah organisasi yang sedang berkembang membutuhkan manajemen dalam beberapa hal mencakup seperti manajemen strategi, manajemen sumber daya manusia, produksi, pemasaran dan manajemen lainnya.

4 dari 6 halaman

Unsur-Unsur dari Pengertian Manajemen

Manusia (Human)

Faktor yang paling penting atau unsur manajemen yang utama dalam kegiatan manajemen adalah manusia. Dalam kegiatan manajemen, sumber daya manusia membuat rencana dan tujuan yang ingin diraih. Untuk itu, tanpa adanya manusia, kegiatan manajemen tidak akan pernah ada.

Uang (Money)

Uang merupakan unsur manajemen yang sangat berpengaruh karena hasil kegiatan dapat diukur dari jumlah yang beredar di suatu perusahaan.

Unsur uang dapat menjadi alat dalam proses pencapaian tujuan dengan penggunaannya yang diperhitungkan secara rasional. Biaya operasional dalam sebuah kegiatan manajemen tentu membutuhkan uang agar dapat berjalan baik.

Material (Materials)

Unsur manajemen material merupakan faktor penting dalam dunia usaha karena hasil yang baik hanya bisa dicapai bila terdapat material yang baik. Jadi, jika material yang dipilih buruk, tujuan manajemen akan sulit tercapai.

Mesin (Machines)

Unsur manajemen mesin sangat dibutuhkan manusia untuk melakukan pekerjaan yang sulit menjadi lebih mudah dan cepat. Penggunaan mesin akan meningkatkan hasil dan keuntungan serta membuat proses kerja menjadi lebih efektif dan efisien.

Metode (Methods)

Proses pelaksanaan kerja hanya dapat berjalan dengan efektif dan efisien bila dilakukan dengan metode yang tepat. Suatu metode kerja harus mempertimbangkan sasaran, fasilitas, waktu, uang, dan kegiatan bisnis. Unsur manajemen ini perlu mendapat campur tangan manusia agar dapat tercipta dengan baik.

Pasar (Market)

Unsur manajemen pasar terbilang krusial karena sebuah bisnis hanya dapat berkembang jika telah dikenal di pasaran. Unsur pasar dipengaruhi oleh unsur material karena barang atau jasa yang laku harus memiliki kualitas baik. 

5 dari 6 halaman

Fungsi dari Pengertian Manajemen

Fungsi Perencanaan (Planning)

Fungsi manajemen yang pertama adalah planning atau perencanaan. Perencanaan adalah rangkaian proses pemilihan atau penetapan tujuan organisasi dan penentu strategi yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan.

Menurut Hani Handoko, ada empat tahap yang perlu dilalui dalam proses perencanaan:

1. Menetapkan serangkaian tujuan

2. Merumuskan keadaan saat ini

3. Mengidentifikasi kemudahan dan hambatan

4. Mengembangkan rencana untuk pencapaian tujuan

Adanya perencanaan, maka dapat dilakukan penilaian alternatif dalam pengambilan keputusan agar mendapatkan pilihan terbaik di antara alternatif lainnya. Dari sisi perusahaan sendiri, manfaat perencanaan antara lain:

1. Menjadi pedoman pelaksanaan tujuan

2. Menjamin tercapainya tujuan organisasi

3. Menghindari risiko yang mungkin terjadi di masa yang akan datang

3. Mudah dalam pengawasan.

Fungsi Pengorganisasian (Organizing)

Organizing atau pengorganisasian adalah rangkaian aktivitas pembagian tugas yang akan dikerjakan, serta proses pengembangan struktur organisasi yang sesuai tujuan perusahaan. Agar perusahaan dapat berjalan dengan baik, fungsi pengorganisasian meliputi:

1. Perumusan tujuan secara jelas

2. Pembagian tugas pekerjaan

3. Mendelegasikan/pelimpahan wewenang

4. Melakukan unsur koordinasi

Tujuan organizing sendiri wajib dijalankan dengan baik agar dapat mengatur berbagai sumber daya SDM atau sumber daya lain. Dengan begitu, sumber daya di dalam perusahaan dapat berfungsi secara optimal dan mampu melaksanakan peran serta fungsi masing-masing dengan baik.

Fungsi Staffing

Staffing adalah fungsi yang hampir sama dengan organizing. Pada intinya fungsi ini bertujuan untuk menempatkan sumber daya perusahaan di tempat yang paling tepat sesuai bidang keahliannya. Tapi fungsi ini tidak hanya mengenai tenaga kerja saja, melainkan seluruh sumber daya dalam perusahaan tersebut, termasuk peralatn, inventaris, atau sumber daya lainnya.

Fungsi staffing sangat penting dilakukan, karena satu atau dua divisi lain di dalam perusahaan punya kebutuhan yang berbeda, sehingga fungsi ini perlu dilaksanakan. Fungsi staffing sendiri mencakup beberapa hal berikut:

1. Perencanaan SDM yang sudah tersedia

2. Perekrutan tenaga kerja apabila terdapat kekosongan pada divisi tertentu

3. Proses seleksi calon tenaga kerja yang mendaftar

4. Pengenalan terkait perusahaan serta melakukan orientasi

5. Pelaksanaan kerja

6. Evaluasi kinerja yang telah dilakukan

7. Pemberian reward atau punishment sesuai hasil evaluasi

8. Memberi pengembangan atau jenjang karir.

Fungsi Coordinating (Pengarahan atau Koordinasi)

Fungsi ini bertujuan mengarahkan atau mengendalikan agar pekerjaan semakin efektif dan efisien. Terdapat beberapa aktivitas yang perlu dilakukan perusahaan dalam fungsi ini, yaitu:

1. Menerapkan dan mengimplementasikan kepemimpinan, bimbingan atau motivasi terhadap pekerja supaya bekerja secara nyaman, baik dan maksimal.

2. Memberi tugas dan penjelasannya secara rutin terkait dengan jobdesc atau masalah pekerjaan.

3. Menjelaskan seluruh kebijakan yang berlaku dan sudah ditetapkan

Fungsi Controlling (Pengawasan)

Tujuan fungsi ini untuk menilai pekerjaan yang telah dilakukan oleh seluruh SDM yang ada di suatu perusahaan. Fungsi pengawasan sangat penting dilakukan karena fungsi ini untuk menentukan kualitas layanan atau produk yang dihasilkan perusahaan dapat berjalan dengan baik atau tidak.

6 dari 6 halaman

Peran Penting dari Pengertian Manajemen

Apa saja sebenarnnya peranan yang bisa dipahami dari pengertian manajemen itu sendiri bagi perusahaan maupun organisasi? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, berikut ini adalah daftar mengenai peranan manajemen yang dimaksud.

1. Penanggung jawab dan pengendali.

2. Melaksanakan fungsi manajemen sehari-hari dengan efektif.

3. Melakukan analisis SWOT.

4. Mengelola SDM dan sumber daya organisasi.

5. Menjalin kerjasama dengan stakeholders.

6. Mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

7. Melakukan pengembangan perusahaan.

8. Menyusun strategi demi kelangsungan hidup perusahaan.

Apabila bisa memahami peranan dari pengertian manajemen yang sudah dijabarkan, maka sebuah perusahaan atau organisasi akan lebih cepat dan mudah mencapai tujuan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.