Sukses

27 Tahun Beroperasi, Video Upacara Pelepasan Prameks Terakhir Ini Bikin Haru

Memiliki banyak kenangan, video upacara pelepasan Prameks terakhir ini bikin haru warganet.

Liputan6.com, Jakarta KA Prambanan Ekspres  atau Prameks yang melayani jarak lokal Solo-Yogyakarta resmi berhenti beroperasi. Sebagai gantinya, dua kota tersebut bakal dilayani dengan moda transportasi kereta rel listrik (KRL). Proses pemasangan itu sudah dilakukan sejak akhir tahun 2019 silam. 

PT Kereta Commuter Indonesia juga sudah melakukan uji coba KRL Jogja-Solo pada bulan Januari lalu dengan biaya Rp 1 saja. Namun, mulai Rabu 10 Februari 2021 resmi berbayar. Mengakhiri masa beroperasi sejak tahun 1994, para petugas mengadakan upacara pelepasan prameks terakhir pada Selasa, 9 Februari 2021 lalu.

Sejumlah petugas dan masinis terlihat membungkuk melepaskan Prameks yang telah beroperasi selama 27 tahun. Penuh dengan kenangan, video pelepasan Prameks terakhir ini viral di media sosial. 

Dilansir dari akun TikTok @alras13, berikut Liputan6.com ulas kisah selengkapnya, Rabu (10/2/2021). 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Upacara Pelepasan Prameks Terakhir Setelah 27 Tahun Beroperasi

KA Prambanan Ekspres (Prameks) yang melayani jarak lokal Solo-Yogyakarta mulai beroperasi sejak 20 Mei 1994 silam. Setelah 27 tahun, kini Prameks resmi berhenti berjalan. Sebagai pelepasan, sejumlah petugas mengadakan upacara pelepasan kereta Prameks terakhir yang tiba di Solo pada Selasa 9 Februari 2021. 

Dilansir dari akun TikTok @alras13, video pelepasan ini dilaksanakan di Stasiun Balapan Solo. Petugas dan masinis terlihat menundukkan kepala sebagai tanda perpisahan.

"Suwun Prameks. Yang telah banyak memberikan kenangan, memori, cerita, dan akan banyak yg merindukanmu"  tulis akun TikTok @alras13 pada Selasa (9/2/2021). 

 

@alras13

matur suwun PRAMEKS #360HKFoodMoments #KrisbeeBeekinGoyang #fypã‚· #prameks

♬ Mungkin Hari Ini Esok Atau Nanti - Anneth

Tak hanya itu saja, para petugas juga terlihat melambaikan tangan saat Prameks mulai meninggalkan jalur. Penuh dengan kenangan, video pelepasan Prameks terakhir ini viral di media sosial.  Berdurasi singkat, video ini sudah ditonton sebanyak 700 ribu lebih kali. 

3 dari 3 halaman

Komentar Warganet

Banyak warganet yang merasa terharu dengan berhentinya Prameks yang berhenti beroperasi. Pasalnya, kereta ini memiliki banyak kenangan yang tak terlupakan oleh sejumlah warganet. 

"Terimakasih Parameks, sudah menemaniku 4 tahun PP Jogja Solo. Jasamu tak tergantikan Prameks"

"Lah nangis gua liat beginian. Sedih banget"

"Yaampun Prameks, kereta sejuta kenangan. Dari harga 3k sampai 8k. Dari tiket kayak kupon sampai tiket berubah lembaran script"

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini