Sukses

10 Penyebab AC Bocor yang Umum Terjadi, Segera Perbaiki

Penyebab AC bocor tak boleh diabaikan begitu saja.

Liputan6.com, Jakarta Penyebab AC bocor merupakan masalah umum pada pendingin ruangan. AC sangat membantu mendinginkan ruangan saat cuaca sangat panas. AC yang bocor akan menimbulkan sejumlah masalah seperti tetesan air hingga AC yang tidak dingin.

Penyebab AC bocor tak boleh diabaikan begitu saja. Selain bisa merusak unit, penyebab AC bocor juga tak baik untuk kesehatan. Penyebab AC bocor adalah masalah yang perlu ditangani dengan cepat, agar masalah lebih lanjut tidak terjadi.

Ada sejumlah penyebab AC bocor. Apapun penyebabnya, sebaiknya hubungi teknisi profesional untuk memecahkan penyebab AC bocor. Berikut penyebab AC bocor, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa (16/2/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Penyebab AC bocor

Filter udara kotor

Filter udara yang kotor dapat menghalangi aliran udara dan menyulitkan udara untuk mencapai koil evaporator. Ketika itu terjadi, kumparan evaporator menjadi terlalu dingin dan membeku. Saat meleleh, ia meneteskan air dalam jumlah berlebih dan menjadi penyebab AC bocor.

Filter udara mudah kotor. Periksa filter udara secara rutin. Ganti paling tidak setiap 1-3 bulan.

Kesalahan pemasangan

Jika Anda baru saja mendapatkan AC baru dan sudah bocor pada hari pertama, ini bisa jadi karena kesalahan pemasangan. Pemasangan yang tidak benar akan membuat air merembas dan menetes keluar dari unit.

Periksa apakah AC sudah terpasang dengan benar. Jika terjadi kesalahan pemasangan, instalasi ulang perlu dilakukan. Pemasangan ulang dimulai dengan membuka chasing unit lalu mengatur kembali kemiringannya yang sesuia supaya air bisa menetes dan mengalir keluar melalui saluran pembuangan.

3 dari 7 halaman

Penyebab AC bocor

Refrigeran bocor

Refrigeran atau freon adalah cairan penting yang menyerap panas dari udara di sekitarnya. Saat refrigeran bersirkulasi bersamaan dengan udara, ruangan akan dipenuhi dengan udara sejuk.

Jika kebocoran diikuti oleh hembusan udara yang lebih hangat dari biasanya, mungkin itu merupakan masalah dari refrigerant. Refrigeran berfungsi mengubah udara hangat dari ruangan menjadi udara sejuk. Refrigeran yang bocor bisa berbahaya bagi kesehatan. Paparan kebocoran dalam waktu lama bisa menjadi racun bagi tubuh.

Drainase tersumbat

Salah satu penyebab kebocoran yang paling umum adalah drainase yang tersumbat. Pelakunya bisa berupa kotoran, debu, dan jamur yang menghalangi aliran air. Air akan mencoba mencari jalan keluar lain sehingga menyebabkan AC bocor. Jika Anda membiarkan masalah ini berlangsung terlalu lama, ini dapat menyebabkan masalah pernapasan.

4 dari 7 halaman

Penyebab AC bocor

Pipa sudah berumur

Selama bertahun-tahun, lapisan pipa AC bisa rusak. Ini dapat menjadi penyebab AC bocor. Untuk mengatasinya, Anda bisa mengganti pipa AC bari. Jika air masih menetes keluar dari unit AC setelah penutup pipa diganti, Anda perli menghubungi teknisi untuk memeriksa AC secara menyeluruh.

Drain pan rusak atau berkarat

Drain pan AC menampung air yang menetes dari unit. Ia dapat menjadi berkarat dan rusak seiring waktu. Penyebab AC bocor ini paling sering terjadi pada AC yang sudah berumur 12-15 tahun. Jika sudah rusak atau berkarat, drain pan harus diganti.

5 dari 7 halaman

Penyebab AC bocor

Suhu terlalu dingin saat menyalakan AC

Jika Anda mencoba membuat AC mendinginkan ruangan saat suhu sudah dingin, gulungan evaporator dapat membeku, Ini dapat menjadi penyebab bocor. Untuk menghindari masalah ini, jangan nyalakan AC Anda saat suhu di bawah 15 derajat celcius.

Saluran pembuangan terputus

Meskipun AC dipasang dengan benar, sering kali saluran pembuangan menjadi longgar dari waktu ke waktu. Jika saluran pembuangan longgar, ia dapat memutuskan sepenuhnya dari AC. Ini akan menjadi penyebab AC bocor.

6 dari 7 halaman

Penyebab AC bocor

Kebocoran Udara dari Ventilasi AC

Salah satu penyebab AC bocor yang umum adalah karena ada kebocoran udara dari suatu tempat di sekitar area ventilasi. Ini adalah masalah yang relatif umum dan cukup mudah untuk didiagnosis dan diperbaiki. Sederhananya, Anda perlu memeriksa unit dengan hati-hati untuk melihat apakah ada udara yang datang dari mana saja selain dari unit itu sendiri.

Coil AC Beku

Ada kalanya koil evaporator dapat membeku dan menyebabkan seluruh sistem mati. Saat es mencair, pada akhirnya akan menyebabkan air menetes dan menjadi kebocoran. Ini adalah masalah yang harus diperbaiki oleh teknisi profesional AC.

7 dari 7 halaman

Penyebab AC tidak dingin

Filter udara kotor

Filter AC yang kotor atau tersumbat debu dan kotoran dapat menimbulkan berbagai masalah. Filter udara kotor dapat mengganggu kerja termostat. Kotoran di filter AC menghalangi jalannya udara dingin dan hangat di dalam saluran.

Unit luar AC kotor

Kondensor atau unit luar AC berfungsi mengembunkan udara panas menjadi udara dingin. Kondensor yang tersumbat bisa menghambat pendinginan sistem AC. Puing dan kotoran akan menghalangi perpindahan panas secara merata.

Kipas AC rusak

Jika motor atau mesin kipas rusak atau rusak, unit luar-ruang tidak akan dapat menghilangkan panas, sehingga mengganggu kemampuan pendinginan unit AC.

Kompresor rusak

Kompresor adalah komponen penting dari unit pendingin udara, karena ia mengatur aliran refrigeran antara evaporator dan kondensor. Oleh karena itu, kompresor yang rusak tidak dapat mendinginkan udara dengan cukup baik.

Refrigeran rendah

Penyebab AC tidak dingin bisa dikarenakan refigeran yang bocor. Jika unit AC menjadi rendah pada Freon, udara yang bertiup ke ruangan Anda tidak akan sedingin sebelumnya.

Masalah pada remot

Setelah menetapkan angka suhu dengan remote, termistor mengirimkan sinyal yang mengoperasikan unit untuk mendinginkan ruangan. Jika termistor rusak, tidak ada sinyal yang dikirim dan suhu ruangan tidak akan berubah.

Salah pengaturan termostat

Penyebab AC tidak dingin selanjutnya bisa diakibatkan oleh pengaturan termostat yang salah. Contoh mudahnya, ketika Anda memiliki kondisi ruangan normal dengan suhu 23 derajat celcius kemudian suhu termostat justru diatur dalam suhu 26 derajat celcius.

Ruangan dibiarkan terbuka

Ruangan dengan jendela dan pintu terbuka membuat udara dingin yang dihasilkan AC akan keluar melalui celah-celah yang terbuka. Ini merupakan penyebab AC tidak dingin yang sangat sepele dan sering diabaikan. Jadi sebelum masuk ke ruangan ber-AC, pastikan untuk menutup pintu atau jendela agar udara dingin bisa terasa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.