Sukses

10 Makanan Khas Riau yang Menggugah Selera dan Wajib Dicicipi

Liputan6.com, Jakarta Indonesia dikenal dengan tradisi kuliner yang sangat kaya di dunia. Kuliner Indonesia sangat identik dengan cita rasa yang kuat, sehingga tidak diragukan lagi kelezatannya. Maka tidak heran apabila banyak jajaran makanan khas Indonesia yang dinobatkan menjadi makanan paling enak di seluruh dunia.

Salah satu yang menarik dan patut dicoba adalah makanan khas Riau. Riau adalah salah satu provinsi di Sumatera. Riau terletak di bagian tengah pantai timur Pulau Sumatera, tepatnya di sepanjang pesisir Selat Malaka.

Jika diperhatikan, sebenarnya makanan khas Riau sangat dipengaruhi dengan makanan khas Melayu. Memang, hal ini tidak lepas dari Suku Melayu yang menjadi salah satu masyarakat terbesar yang mendiami daerah ini.

Bahkan apabila dilihat berdasarkan Sensus Penduduk tahun 2010 menunjukkan, bahwa Suku Melayu adalah salah satu masyarakat terbesar dengan komposisi 33.20% dari seluruh penduduk Riau. Maka tidak heran jika pada akhirnya budaya serta cita rasa Melayu tersebut menurun ke makanan khas Riau.

Selain perihal cita rasa, makanan khas Riau juga dikenal dengan olahan seafood serta rempah-rempahnya yang kuat. Riau memang mewarisi puluhan resep yang sudah turun temurun dari nenek moyang terdahulu. Maka dari itu, ketika berkunjung ke provinsi ini tak ada salahnya untuk mencicipi makanan khas Riau.

Lantas apa saja makanan khas Riau yang patut dicoba? Berikut ini ulasan mengenai makanan khas Riau yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (17/2/2021).

2 dari 6 halaman

Makanan Khas Riau

1. Mi Lendir

makanan khas Riau ini mungkin sedikit aneh di telinga. Jangan salah, meski namanya cukup unik, namun rasa dari mi lendir ini sudah pasti tidak bisa diragukan lagi kenikmatannya. Tapi apa sebenarnya mi lendir ini?

Mi lendir dibuat dari mi kuning dan toge. Kemudian mi tersebut akan disiram dengan kuah kacang dicampur ubi dan rempah. Memang, umumnya mi ini sama dengan mi jenis lainnya. Yang berbeda memang terletak pada kuah mi ini yang sangat kental hingga menyerupai lendir.

 

2. Mi Sagu

Masih dari kategori mi, makanan khas Riau ini terbuat dari sagu. Mi sagu biasa disajikan dengan ikan bilis, daun kucai, rebusan tauge, serta rempah lainnya. Cara pengolahan mi ini dengan digoreng.

Selain itu, makanan khas Riau satu ini dipercaya cocok disantap bagi para pengidap diabetes atau yang sedang dalam program diet. Pasalnya, kadar gula dari sagu sendiri tidak terlalu tinggi dibanding jenis tepung lain.

3 dari 6 halaman

Makanan Khas Riau

3. Lakse Kuah

Sekilas, lakse kuah memang mirip mi pada umumnya, namun kuahnya terbuat dari campuran ketumbar, adas manis, serta aneka rempah lainnya. Kendati menyerupai mi, bahan dasar lakse kuah dibuat dari tepung sagu. Makanan khas Riau ini juga nikmat jika dimakan dengan olahan ikan laut segar, ikan tongol, maupun ikan teri yang ditumbuk halus.

 

4. Gulai Ikan Patin

Selanjutnya, salah satu makanan khas Riau yang terkenal adalah gulai ikan patin. Makanan Khas Riau ini tepatnya berasal dari Pekanbaru, Riau. Gulai ikan patin biasanya dinikmati dengan nasi hangat, serta pucuk daun ubi rebus.

Salah satu yang menjadi ciri khas dari gulai ini adalah potongan ikan patin yang disiram dengan kuahnya yang kuning. Cita rasa pedas manis pada kuah serta kenyal dan gurihnya ikan patin membuat masakan ini banyak diburu wisatawan saat berkunjung ke Riau.

4 dari 6 halaman

Makanan Khas Riau

5. Gulai Belacan

Gulai Belacan adalah makanan khas Riau yang wajib disantap saat berkunjung ke Riau. Belacan adalah nama lain dari terasi yang begitu dikenal oleh orang Sumatera. Makanan khas Riau ini dibuat dari kuah yang dicampur dengan terasi. Kemudian terdapat juga daging, udang, atau ikan.

 

6. Gulai Cipuik

Masih dalam kategori gulai, makanan khas Riau ini sangat menarik karena dibuat dari siput (cipuik). Kendati bagi beberapa orang masih terkesan janggal, hidangan gulai ini ternyata salah satu yang dicari. Bahan dasar siput yang digunakan juga sudah dibersihkan. Salah satu yang unik dari makanan ini adalah tekstur kenyal pada siput yang memberi sensasi tersendiri ketika menikmati makanan khas Riau ini.

5 dari 6 halaman

Makanan Khas Riau

7. Lopek Bugi

Lopek bugi adalah makanan khas Riau berupa camilan yang dahulu kerap disajikan untuk para bangsawan. Tapi saat ini lopek bugi sudah banyak ditemukan dan sering menjadi oleh-oleh khas Riau. Bahan dasar makanan khas Riau ini terbuat dari ketan dan santan dibalut dengan daun pisang, di dalamnya ada isian kelapa muda dengan rasa manis.

 

8. Roti Jala

Roti jala adalah salah satu makanan khas Riau yang juga bisa dengan mudah ditemui. Roti ini terbuat dari tepung dengan bentuk layaknya jala. Roti jala umum disantap dengan siraman kuah kari atau kuah durian. Roti jala sebenarnya juga salah satu makanan yang banyak dijumpai di negara tetangga yaitu Malaysia. Sebab, makanan ini adalah makanan khas Melayu.

6 dari 6 halaman

Makanan Khas Riau

9. Ikan Cuka

Cita rasa kuah cuka yang nikmat dari makanan khas Riau ini berasal dari bahan cabai merah iris, cabai giling, lada, pala, jahe, serai, serta bumbu-bumbu rempah lain. Makanan khas Riau ini dibuat dengan ikan tenggiri yang tentu sangat nikmat dikonsumsi bersama keluarga.

 

10. Sup Tunjang

Sup tunjang terbuat terbuat dari kaldu tunjang atau tulang kaki sapi. Cita rasa kaldu pada makanan khas Riau ini sangat khas dan gurih. Tentunya, daripada penasaran, lebih baik segera mencobanya langsung dengan berkunjung ke Riau, tentu sembari menikmati keindahan daerahnya.