Sukses

Beragam Kelebihan dan Kekurangan OPPO Neo 7, Rekomendasi Ponsel Pintar Terjangkau

OPPO meluncurkan produk terjangkau yang dibekali banyak fitur canggih.

Liputan6.com, Jakarta OPPO adalah salah satu merek ponsel pintar asal China. Sejak awal kehadirannya di pasar ponsel pintar Tanah Air, OPPO membangun kekuatannya pada teknologi selfie expert dan camera phone. Dengan mengusung slogan 'Selfie Expert' OPPO menempatkan dirinya khusus merancang teknologi fotografi selfie.

Selain itu, harga dari merek ini juga cukup terjangkau. Komitmen OPPO tersebut kemudian dituangkan dengan kehadiran OPPO Neo 7 yang ramah di kantong namun sarat akan dapur pacu yang tangguh. OPPO Neo 7 sendiri resmi diluncurkan pada bulan 5 Oktober 2015. OPPO Neo 7 sengaja ditempatkan di pasar gadget kelas entry level.

Apabila dibandingkan dengan keluaran sebelumnya, OPPO Neo 7 membawa perbaikan pada beberapa sektor. Kendati demikian, kelebihan dan kekurangan OPPO Neo 7 perlu diperhatikan apabila berniat membeli ponsel pintar ini.

Lantas, apa saja kelebihan dan kekurangan OPPO Neo 7 tersebut? Berikut ini Liputan6.com telah merangkum dari berbagai sumber, apa saja kelebihan dan kekurangan OPPO Neo 7 yang patut dipertimbangkan sebelum membeli produk asal China ini, Rabu (17/2/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

Kelebihan dan Kekurangan OPPO Neo 7: Desain

Pertama-tama, tentu kelebihan dan kekurangan OPPO Neo 7 yang penting diperhatikan adalah dari sisi desain dan layarnya. Jika melihat dari kualitas desain body, kelebihan OPPO Neo 7 yaitu punya kualitas desain menawan dengan sentuhan mewah khas OPPO. Maka tidak mengherankan, jika OPPO Neo 7 sebagai produk entry level cukup menggiurkan.

Kemudian, pada bagian casing belakang dari OPPO Neo 7 telah menggunakan lapisan optik dan serat kaca. Hal ini meningkatkan elastisitas dan kekuatannya. Tidak sampai di situ saja, casing tersebut juga melalui proses laminating khusus sehingga membuat OPPO Neo 7 terlihat halus dan bisa memantulkan cahaya layaknya cermin.

Kelebihan OPPO Neo 7 selanjutnya, yaitu menawarkan penampilan cantik dan elegan dengan bodi ramping berketebalan hanya 7.6 mm saja. Hal ini menghasilkan kesan slim serta stylish. OPPO Neo 7 juga hadir dalam varian warna biru serta putih dengan bingkai gold dan silver.

Selanjutnya, dimensi OPPO Neo 7 adalah 142.7 x 71.7 mm dan menawarkan bobot yang lumayan ringan, yaitu hanya 141 gram.

3 dari 8 halaman

Kelebihan dan Kekurangan OPPO Neo 7: Layar

Beranjak pada bagian layar, OPPO Neo 7 dibekali layar 5 inchi. Namun sayang, sempurnanya desain yang diusung harus ternoda dengan kekurangan OPPO Neo 7 yang hanya dibekali resolusi layar 540 x 960 pixels dengan kepadatan layar hanya 220 ppi.

Tentunya resolusi yang ditawarkan ponsel pintar ini terlalu rendah. Terutama jika mengingat banyak kompetitor dari merek lain yang telah mengusung resolusi layar lebih tinggi.

Kendati dari segi resolusi menjadi kekurangan yang patut jadi pertimbangan, namun pada segi layar tersebut terdapat kelebihan OPPO Neo 7 lain, yaitu penggunaan panel layar IPS LCD capacitive touchscreen 16 juta warna yang memberi sudut pandang luas serta mengasilkan tampilan layar cemerlang. Layar OPPO Neo 7 juga mendukung fitur multitouch dan antarmuka Color OS 2.1 yang membuat tampilan layar semakin canggih.

4 dari 8 halaman

Kelebihan dan Kekurangan OPPO Neo 7: Kamera

Kelebihan OPPO Neo 7 dari segi fotografi berasal dari lensa 8 MP atau setara 3264 x 2448 pixels. Kemudian, fitur tersebut didukung teknologi back-illuminated sensor dan bidang peka cahaya hingga 1/4 inci, dengan bukaan diafragma F/2.0 yang memungkinkan banyak cahaya masuk.

Kehadiran fitur ini membuat OPPO Neo 7 bisa menghasilkan gambar memukau. Kamera utama pada OPPO Neo 7 juga didukung beberapa fitur seperti Autofocus, Touch Focus, 1/4” sensor size, Geo-Tagging, LED Flash, Face Detection, dan HDR.

Sedangkan pada bagian kamera depan, terdapat lensa ukuran 5 MP dengan Screen Flash dalam aperture F/2.4 yang punya sudut pandang lebih luas. Kehadiran fitur Screen Flash ini adalah kelebihan OPPO Neo 7. Fitur ini membuat layar OPPO Neo 7 menjadi pengganti LED Flash ketika sedang mengambil gambar dengan kamera depan dalam kondisi gelap atau minim pencahayaan.

5 dari 8 halaman

Kelebihan dan Kekurangan OPPO Neo 7: Performa

Selanjutnya, jika melihat jeroan dari ponsel pintar ini, kelebihan OPPO Neo 7 berasal dari prosesor Quad-core yang mampu melaju hingga kecepatan 1.3 GHz Cortex-A7. Penggunaan prosesor tersebut semakin lengkap dengan penambahan chipset MediaTek MT6582. Dengan jeroan yang cukup ganas tersebut, pengguna bisa merasakan ponsel responsif dan mampu multitasking. Tidak lupa, untuk mendukung performa mesin tersebut, ponsel pintar OPPO Neo 7 ini dibekali dengan Android v5.1 Lollipop.

Sayangnya, kekurangan OPPO Neo 7 justru terletak pada sektor grafis yang ditawarkan. Pasalnya, ponsel pintar ini hanya mengandalkan GPU Adreno 306, serta dibekali RAM kapasitas kecil, hanya 1 GB. Dengan kapastias RAM tersebut, bisa menyebabkan aktivitas gadget tidak maksimal dan sering lag ketika menjalankan banyak aplikasi.

6 dari 8 halaman

Kelebihan dan Kekurangan OPPO Neo 7: Baterai

Melihat dari sektor baterai, kelebihan OPPO Neo 7 ada pada sumber daya baterai yang menggunakan teknologi Li-Po (Lithium-Polymer) 2420 mAh. Namun, hal ini juga bisa jadi kekurangan OPPO Neo 7. Pasalnya baterai tersebut tertanam dan tidak bisa dilepas pasang.

Akan tetapi baterai tersebut mampu menghasilkan waktu siaga sampai 218 jam serta waktu bicara hingga 16 jam lamanya. Namun, kendati memiliki performa baterai yang mumpuni, kekurangan OPPO Neo 7 pada sektor baterai yaitu tidak adanya fitur fast charging. Hal ini berarti akan membuat waktu pengisian baterai OPPO Neo 7 memakan waktu cukup lama.

7 dari 8 halaman

Kelebihan dan Kekurangan OPPO Neo 7: Konektivitas

Kelebihan OPPO Neo 7 lainnya berasal dari dukungan 4G LTE. Hal ini membuat OPPO Neo 7 semakin nyaman digunakan browsing dan streaming video.

Selain itu, kelebihan OPPO Neo 7 ada pada fitur Dual SIM bertipe Nano dan Micro yang bisa disiagakan bersamaan. Dari sisi konektivitas, OPPO Neo 7 dibekali fitur Wi-Fi, Hotspot, Bluetooth, microUSB, GPS navigasi dan browser.

Kemudian, untuk menyimpan segala bentuk file termasuk musik, foto, video, aplikasi dan lain sebagainya, disediakan kapasitas penyimpanan internal yang cukup luas yaitu 16 GB dan kemampuan ekspansi memori sampai 128 GB.

8 dari 8 halaman

Rangkuman Kelebihan dan Kekurangan OPPO Neo 7

Kelebihan OPPO Neo 7:

Jaringan 2G GSM SIM 1 & SIM 2, 3G HSDPA dan 4G LTE

Dual SIM (Nano-SIM/ Micro-SIM)

IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors

Ukuran layar 5.0 inches

Android OS, v5.1 (Lollipop)

Chipset Mediatek MT6582 – 3G model atau Qualcomm MSM8916 Snapdragon 410 – 4G model

Prosesor Quad-core 1.3 GHz Cortex-A7 – 3G model atau Quad-core 1.2 GHz Cortex-A53 – 4G model

MicroSD, up to 128 GB (32 GB for 3G model) dan 16 GB,

Kamera utama 8 MP, 3264 x 2448 pixels, autofocus,

Kamera depan 5 MP dengan LED flash

Kapasitas baterai Non-removable Li-Po 2420 mAh

 

 

Kekurangan OPPO Neo 7:

Resolusi layar 540 x 960 pixels (~220 ppi pixel density)

Tidak memiliki pelindung layarRAM hanya 1 GB

Tidak ada fitur fast charging

 

Semoga rangkuman kelebihan dan kekurangan OPPO Neo 7 di atas bisa menjadi bahan pertimbangan bagi Anda sebelum memilih ponsel pintar baru.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini