Sukses

6 Museum Paling Aneh di Dunia, dari Koleksi Toilet hingga Museum Santet

Deretan museum dengan barang koleksi paling aneh.

Liputan6.com, Jakarta Museum salah satu tempat umum yang dapat menambah wawasan dan ilmu pengetahuan baru. Ketika mendengar kata museum, sebagian besar orang akan berpir jika tempat itu adalah tempat menyimpan barang-barang kuno, bersejarah, karya seni, atau benda yang memiliki makna tertentu.

Tapi nyatanya ada museum-museum yang menyimpan berbagai benda aneh dan tak umum. Bahkan ada pula museum yang mengoleksi barang-barang seram berbau mistis. 

Dengan adanya museum yang mengoleksi barang aneh ini, membuat kesan museum yang membosankan tak lagi dirasakan para pengunjung ketika mengunjunginya.  Bahkan museum aneh juga ada di Indonesia.

Penasara apa saja? Berikut ini 6 potret museum yang mengoleksi benda aneh di dunia yang dirangkum oleh Liiputan6.com dari berbagai sumber, Kamis (18/2/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. International Toilet Museum di India ini memamerkan budaya toilet sejak zaman dulu hingga kini. Di tempat ini juga ada toilet yang dipakai manusia 3000 tahun lalu.

3 dari 7 halaman

2. Museum Santet di Surabaya ini simpan ratusan benda yang berhubungan dunia supranatural. Benda itu sering dipakai pada era kolonial Belanda.

4 dari 7 halaman

3. Museum kalung anjing di Inggris ini menyimpan kalung berhias berlian dan kunci yang diperkirakan berusia 1500 Masehi.

5 dari 7 halaman

4. Di Boston, AS terdapat museum yang mengoleksi lukisan jelek. Menurut pengurusnya, museum ini menyimpan lukisan 'gagal' yang ingin dibuang oleh para pelukis.

6 dari 7 halaman

5. Sesuai namanya, National Poo Museum yang dibuka pada April 2016 ini menyimpan kotoran fosil berusia 140 juta tahun, hewan dan bayi manusia.

7 dari 7 halaman

6. Museum patah hati atau Museum of Broken Relationship di Australia menyimpan koleksi benda peninggalan mantan. Uniknya, pendiri ide museum ini juga merupakan pasangan yang sudah berpisah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini