Sukses

9 Makanan Khas Medan yang Enak dan Terkenal, Wajib Dicoba

Liputan6.com, Jakarta Makanan khas Medan tentunya perlu dicicipi jika kamu berkunjung. Apalagi, Medan sebagai ibu kota Provinsi Sumatera Utara merupakan salah satu kota besar di Indonesia yang cukup sering dikunjungi. Hal ini tentunya juga tidak lepas dari potensi wisata yang dimiliki Sumatera Utara.

Sebagai salah satu provinsi yang ditinggali beragam suku seperti Batak, Nias, Siladang, hingga Melayu, Sumatera Utara dan Medan menawarkan berbagai sajian yang pastinya menggugah selera. Makanan khas Medan dipengaruhi oleh suku-suku yang menetap di daerah tersebut.

Makanan khas Medan terdiri dari makanan berat hingga jajanan yang enak. Selain makanan berat yang tentunya bisa dimakan di tempat, kamu juga menjadikan jajanan khas Medan sebagai oleh-oleh, misalnya Bika Ambon yang sudah terkenal di mana-mana.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (19/2/2021) tentang makanan khas Medan.

2 dari 5 halaman

Bika Ambon dan Mie Gomak

Bika Ambon

Bagi yang belum mengetahuinya, mungkin menganggap makanan satu ini berasal dari Ambon. Namun, sebenarnya Bika Ambon merupakan makanan khas Medan. Bika Ambon pertama kali diproduksi di jalan Ambon, Kota Medan. Terbuat dari bahan-bahan seperti telur, gula, dan santan, bika ambon sudah dikenal luas di Indonesia.

Setelah bahan dicampur, bahan bika tersebut akan difermentasi selama tujuh jam dengan cara dicampur air nira. Sensasi air nira inilah yang membuat makanan ini begitu khas di Sumatera Utara.

Mie Gomak

Makanan khas Medan selanjutnya adalah Mie Gomak. Mie ini terbuat dari mie yang sering disebut Mie Lidi atau dikenal oleh orang Batak sebagai Mie Besar. Masyarakat Batak menyebut makanan ini sebagai Mie Gomak karena cara pembuatannya digomak-gomak (digenggam dengan tangan).

Mie yang sudah direbus biasanya dibuat terpisah dengan kuah dan sambalnya. Meski banyak ragam untuk membuat menu makanan khas Batak ini, ada yang menggunakan kuah ada juga dibuat seperti mie goreng. Rasanya sangat unik apabila mie gomak dicampur dengan bumbu dari tanah Batak yakni andaliman.

3 dari 5 halaman

Lontong Medan dan Sayur Gurih Tauco

Lontong Medan

Lontong Medan biasanya disajikan untuk menu sarapan. Nyaris semua orang Medan menyukai menu makanan khas Medan satu ini. Makanan ini terdiri atas lontong, sayur santan, dan sambal dengan tambahan berupa teri, tauco, dan bumbu kacang. Rasa gurihnya bisa membuat kamu ketagihan.

Sayur Gurih Tauco

Sayur gurih tauco merupakan makanan khas Medan. Sayur ini merupakan olahan berkuah yang terbuat dari santan kemudian di dalamnya terdapat udang dan daging sapi yang dibumbui dengan bumbu tauco. Adanya tauco yang dibuat secara fermentasi ini akan menghasilkan rasa pedas gurih.

4 dari 5 halaman

Dali Ni Horbo dan Soto Medan

Dali Ni Horbo

Makanan khas Medan selanjutnya adalah Dali Ni Horbo. Dali Ni Horbo adalah olahan susu kerbau yang dimasak hingga membentuk gumpalan seperti keju. Olahan Dali Ni Horbo ini tak melalui proses kimia sama sekali, melainkan diolah secara tradisional. Penggunaan susu kerbau juga hanya diambil dari induk kerbau yang baru melahirkan selama satu bulan.

Pengolahan Dali Ni Horbo ini cukup sederhana, susu kerbau dimasak dengan air dengan suhu sedang, dan dipanaskan hingga mengental. Biasanya olahan ini dicampur dengan air nanas atau air perasan daun pepaya untuk menghilangkan bau amis.

Soto Medan

Soto yang memiliki ciri khas berupa kuah santan kental berwarna kuning kehijauan ini memang sangat menarik. Tak hanya di Medan saja, soto ini bahkan sudah terkenal ke berbagai kota di Indonesia. Tinggal kamu saja yang harus memvariasikannya. Mau pakai daging sapi, ayam, sampai udang, terserah kamu.

5 dari 5 halaman

Bihun Bebek, Ombus-Ombus, dan Kolak Durian

Bihun Bebek

Jika bihun biasanya identik dengan daging ayam sebagai campurannya, beda dengan makanan khas Medan yang satu ini, yaitu Bihun Bebek. Sesuai dengan namanya, makanan ini menggunakan daging bebek sebagai campuran untuk membuat cita rasa yang unik.  Bihun yang satu ini diberi topping irisan daging bebek rebus dan taburan bawang putih yang digoreng.

Kuahnya sendiri berasal dari kaldu hasil rebusan bebek. Aromanya begitu khas karena dagig bebek direbus perlahan dengan herba. Rasanya pun gurih dan nikmat apalagi ditemani dengan acar dan cabai rawit sebagai pelengkap.

Lapet dan Ombus-Ombus

Kue Lapet dan Ombus-ombus adalah jajanan tradisional khas Batak yang berasal dari Tapanuli. Makanan khas Sumatera Utara ini biasanya dibentuk menyerupai limas dan dibungkus daun pisang.

Proses pembuatannya tidak begitu rumit, dimulai dari tepung beras, kelapa parut yang tidak terlalu tua, dan dicampur. Menyusul parutan gula merah (aren), dan air secukupnya. Setelah merata seluruh adonan, kemudian dibungkus dengan daun pisang, lalu dikukus hingga matang.

Kolak Durian

Makanan khas Medan yang satu ini memang terdengar tak biasa karena bahan utamanya memang daging durian. Sudah pasti, rasa yang akan kamu dapat dari menu khas Medan yang satu ini berbeda dengan kolak yang biasa kamu temukan di luar.