Sukses

10 Macan Lucu dengan Bentuk Kocak, Unik Menghibur Hati

Potret macan lucu justru mematahkan citranya sebagai hewan buas.

Liputan6.com, Jakarta Patung macan lucu yang sempat viral beberapa tahun lalu membuat banyak potret macan lucu lainnya bermunculan. Macan merupakan salah satu jenis kucing besar yang dikenal dengan kegarangan dan kegagahan. Hewan bercorak loreng cokelat hitam ini selalu digambarkan sebagai hewan buas.

Namun, sejumlah potret patung macan lucu justru mematahkan citra macan sebagai hewan buas. Patung macan lucu justru menjadikan hewan ini nampak konyol dan kocak. Salah satu patung macan lucu yang viral adalah macan Cisewu. 

Macan Cisewu ini dulunya berada di Komandan Rayon Militer (Koramil) 1123 Cisewu, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Macan lucu ini sontak populer di seluruh Indonesia. Beberapa potret macan lucu lainnya kemudian bermunculan dan semakin menghibur.

Berikut 10 potret macan lucu dengan bentuk kocak, serta fakta menarik tenang macan, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Jumat(19/2/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Macan Lucu dan fakta unik tentang macan

Fakta menarik tentang macan:

1. Macan hidup antara 20-26 tahun di alam liar.

2. Macan dewasa umumnya hidup menyendiri.

3. Tidak seperti kebanyakan kucing lainnya, macan adalah perenang yang hebat dan benar-benar menyukai air.

4. Bayi macan dilahirkan buta dan hanya akan membuka mata 1-2 minggu setelah lahir. Secara alamiah, bayi yang baru lahir tidak bisa melihat apa-apa, mereka hanya mengikuti aroma induknya. Karena mereka terlahir buta dan tidak bisa mengikuti, kebanyakan dari mereka meninggal karena kelaparan atau kedinginan.

3 dari 6 halaman

Macan Lucu dan fakta unik tentang macan

Fakta menarik tentang macan:

5. Macan berkomunikasi menggunakan tanda aroma, sinyal visual, dan banyak suara seperti raungan, geraman, geraman, geraman, rintihan, mengeong, dan desis.

6. Pukulan dari macan bisa membunuh seseorang. Dikatakan bahwa satu sapuan dari tangan depan macan sudah cukup untuk membunuh seseorang atau hewan, atau setidaknya mematahkan tulang seseorang.

7. Macan adalah hewan nokturnal

8. Macan bisa kawin dengan kucing besar lainnya. Macan juga dapat kawin dengan kucing besar lainnya, misalnya jika macan jantan kawin dengan singa betina maka hewan kelahiran hibrida tersebut dikenal dengan sebutan Tigon.

4 dari 6 halaman

Macan Lucu dan fakta unik tentang macan

Fakta menarik tentang macan:

9. Macan memiliki air liur antiseptik. Air liur ini berguna untuk menjilat area tubuh untuk mencegah infeksi.

10. Macan dapat berlari dengan kecepatan lebih dari 60 kilometer / jam. Meski bukan pelari tercepat di dunia hewan tetapi fakta bahwa macan memiliki kaki yang sangat kuat membuat mereka berlari lebih atau kurang dari 60 kilometer per jam.

11. Motif tubuh macan juga ditemukan di kulit mereka Sebagian besar spesies kucing memiliki belang di bulu dan kulitnya. Ini mirip dengan sidik jari manusia, pola garis-garis yang unik. Pada spesies kucing ini bertindak seperti identitas mereka. Bahkan jika kamu mencukur bulu macan atau kucing rumahan, kamu masih akan melihat garis-garisnya.

12. Urine macan berbau seperti popcorn mentega. Ini fakta yang menarik, bau yang keluar dari urine macan berbau seperti popcorn mentega. Ini juga menandakan peringatan bagi penyusup di wilayah mereka.

5 dari 6 halaman

Macan Lucu dan fakta unik tentang macan

Fakta menarik tentang macan:

13. Macan memiliki makanan yang beragam. Macan memiliki makanan yang bervariasi dan dapat berpesta dengan apa pun yang datang, baik itu babi hutan, rusa / antelop, hewan pengerat, beruang, burung, badak, buaya, kerbau, dan bahkan kelompok kucing mereka sendiri seperti macan tutul.

14. Macan bisa meniru panggilan hewan lain. Macan bisa meniru suara panggilan hewa lain untuk menarik hewan-hewan tak berdosa ini ke dalam perangkap dan disergap.

15. Macan biasanya tidak memandang manusia sebagai mangsa. Macan cenderung menyerang manusia hanya ketika mereka merasa terancam. Namun, macan tetap hewan buas yang tetap diwaspadai.

16. Macan adalah kucing liar terbesar di dunia. Macan dewasa dapat memiliki berat hingga 363kg dan panjang hingga 3,3 m.

6 dari 6 halaman

Macan Lucu dan fakta unik tentang macan

Fakta menarik tentang macan:

17. Macan adalah karnivora. Mereka terutama memakan mamalia besar seperti rusa, babi hutan, antelop, dan kerbau.

18. Auman macan terdengar sejauh tiga kilometer.

19. Motif bulu macan tidak ada yang sama. Tidak ada dua macan yang memiliki garis yang sama. Karena setiap macan memiliki pola di bulunya sendiri, semuanya unik.

20. Seekor macan dewasa dapat mengonsumsi hingga 40 kg daging dalam satu kali makan dan akan sering tinggal dengan membunuhnya atau menguburnya untuk kembali dan makan selama beberapa hari. Ia mungkin tidak membunuh lagi selama empat atau lima hari.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.