Sukses

Sempat Terpisah 16 Tahun, Ayah dan Anak Ini Bertemu Kembali karena TikTok

Liputan6.com, Jakarta Di TikTok kerap kali muncul berbagai tren yang unik. Tak hanya tren untuk berjoget saja, namun ada pula tren makeup challenge, hingga tren untuk mencari orang hilang.

Dalam tren untuk mencari orang hilang ini, banyak dimanfaatkan oleh warganet TikTok untuk mencari teman, kerabat, hingga orang tua yang sudah hilang kontak selama puluhan tahun. Dengan harapan, ada yang mengenali orang yang dicari tersebut. 

Hal ini dimanfaatkan juga oleh seorang warganet TikTok bernama Qiran yang memiliki akun @siapaajabole2_. Pada akhir bulan Januari 2021 lalu, Qiran mencoba peruntungannya untuk mencari sang ayah yang telah hilang selama 16 tahun.

Dalam video yang ia bagikan, Qiran juga melampirkan informasi beserta potret pernikahan ayah dan ibunya. Seperti apakah kisah selengkapnya? Berikut ulasannya telah dirangkum dari berbagai sumber oleh Liputan6.com, Jumat (19/2/2021).

2 dari 4 halaman

Mencari ayah yang hilang

@siapaajabole2_

pliss pgn bnget ketemu papa yang tau kabarin ya;) tiktok doyourmgic? 😭#fypシforyoupageシ

♬ Ayah - Seventeen

Dilansir dari video singkat yang dibuat oleh perempuan berusia 17 tahun ini, kedua orang tuanya telah berpisah sejak usianya belum genap satu tahun. Ayahnya merupakan pria asal Manado yang tinggal di Jakarta.

Sebelumnya, Qiran dan ibunya sudah berusaha untuk mencari keberadaan sang ayah dengan mengunjungi rumah kerabat ayahnya yang terletak di Pondokgede, Bekasi. Namun, karena sudah belasan tahun berlalu, banyak hal yang berubah di kawasan tersebut membuat mereka kehilangan jejak.

"Sekarang aku udah besar, papa ga ada niatan nyari keberadaan aku? Apa papa masih inget sama aku? Semoga kita bisa ketemu ya pah," tulis Qiran dalam video yang ia unggah pada 31 Januari 2021.

3 dari 4 halaman

Dihubungi oleh kerabat ayah

@siapaajabole2_

Balas @n31n2 Seneng bgt bnr"gnyngka,alhamdulillah yaAllah, brsyukur dah dikabulin&berkat kalian tmn"tiktok mksh byk 😭❤️

♬ Ayah - Seventeen

Bak gayung bersambut, usaha Qiran untuk mencari ayahnya melalui TikTok pun membuahkan hasil. Ada kerabat dari sang ayah yang menghubungi Qiran.

Setelahnya, ia pun berhasil mendapatkan nomor Whatsapp sang ayah dan saling berhubungan via chat. Ayah dan anak ini pun sempat melakukan video call sebelum bertemu.

4 dari 4 halaman

Berhasil bertemu setelah 16 tahun

@siapaajabole2_

Balas @lio_ce see you next time:')

♬ River Flows in You - 이루마

Setelah 16 tahun terpisah, akhirnya ayah dan anak ini pun bisa bertemu kembali. Ditemani sang ibu, Qiran mengunjungi rumah sang ayah yang berada di kawasan Pondokgede, Bekasi, Jawa Barat.

Pertemuan pertama ayah dan anak setelah belasan tahun tak bertemu ini pun diwarnai dengan suasana haru. "Impian aku memeluk papa akhirnya tercapai, begitu cepat waktu berlalu, aku pun pulang. Aku hanya bisa bertemu mereka sebentar," tulis Qiran dalam video yang ia unggah pada 9 Februari 2021.