Sukses

Arti Kedutan Mata Kanan Atas Menurut Primbon dan Sisi Medis

Arti kedutan mata kanan atas bisa mengartikan suatu hal.

Liputan6.com, Jakarta Arti kedutan mata kanan atas mungkin kerap membuat Anda penasaran. Memang ada beberapa yang percaya arti kedutan mata kanan atas bisa menandakan sesuatu yang bisa saja terjadi di depan nanti. Bahkan arti kedutan mata kanan atas juga dikaitkan dengan tingkat keberuntungan seseorang.

Kendati arti kedutan mata kanan atas erat kaitannya dengan mitos terhadap kemujuran seseorang, ternyata arti kedutan mata kanan atas bisa jadi pertanda dari kehadiran penyakit tertentu. Pasalnya, penyebab mata berkedut bisa dikarenakan beberapa hal.

Maka dari itu, untuk membahas lebih lanjut mengenai arti kedutan mata kanan atas serta penyebabnya dari sisi medis, berikut ini Liputan6.com telah merangkumnya dari berbagai sumber, Minggu (21/2/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Arti Kedutan Mata Kanan

Arti kedutan alis mata kanan

Menurut primbon Jawa, arti kedutan mata sebelah kanan di bagian alis pertanda bahwa Anda akan mendapatkan sebuah kabar baik. Kebahagiaan yang akan Anda dapatkan ini membutuhkan syarat yaitu apabila telah berjuang keras dan setelah mengalami berbagai macam kesusahan.

 

Arti kedutan mata kanan atas

Apabila seseorang mengalami kedutan pada kelopak mata kanan atas, konon akan mendapatkan keberuntungan besar dari bisnis yang sedang Anda jalani saat ini. Keberuntungan besar ini akan terjadi saat setalah Anda bersusah payah dalam mengejar dan meraih cita-cita tersebut.

 

Arti kedutan ekor mata kanan bawah

Kemudian menurut primbon Jawa, seseorang yang mengalami kejadian kedutan pada ekor mata kanan bawah menjadi sebuah tanda bahwa dirinya akan bertemu dengan seseorang spesial yang telah lama tidak berjumpa, seperti mantan kekasih atau sahabat yang jauh.

 

Arti kedutan ekor mata kanan atas

Menurut primbon Jawa, seseorang yang mengalami kedutan ini maka penyakit yang diderita selama ini akan sembuh. Kebahagiaan juga memengaruhi orang-orang terdekat turut berbahagia atas kesembuhan Anda.

 

Arti kedutan mata kanan bawah dan biji mata kanan

Ini merupakan sebuah tanda datangnya sebuah kesedihan yang panjang. Konon arti kedutan mata ini akan membuat seseorang mengucurkan air mata karena duka cita yang mendalam.

3 dari 5 halaman

Penyebab Mata Kedutan

Ternyata, arti kedutan mata kanan atas tidak melulu berhubungan dengan mitos tertentu. Pasalnya, ada beberapa penyebab mengapa mata berkedut. Mengutip dari Mayo Clinic, berikut ini penyebab mata kedutan sebelah kanan yang penting diketahui:

- Cahaya terang

- Kafein berlebih

- Asupan alkohol

- Kelelahan

- Iritasi pada permukaan mata atau kelopak mata bagian dalam

- Stres

- Polusi angin atau udara

 

Selain itu terdapat beberapa kondisi medis dengan gejala mata kedutan yang disebut blepharospasm. Blepharospasm esensial jinak merupakan gangguan pergerakan (distonia) dari otot-otot yang ada di sekitar mata.

Memang hingga kini belum ada yang tahu persis apa penyebabnya, tetapi kondisi ini sangat mungkin disebabkan kerusakan sel-sel tertentu dalam sistem saraf yang disebut ganglia basal. Kejang hemifasial umumnya disebabkan arteri kecil yang mengiritasi saraf wajah.

Selanjutnya, ada juga kondisi lain yang terkadang juga menjadi penyebab mata kedutan sebelah kanan adalah:

- Blepharitis

- Abrasi kornea

- Mata kering

- Sensitivitas cahaya

- Uveitis

4 dari 5 halaman

Perlukah Mengunjungi Dokter?

Melansir Klikdokter.com umumnya mata berkedut bukan sebuah kondisi berbahaya yang butuh pertolongan medis dengan segera. Kendati demikian, perlu dilakukan pemeriksaan ke dokter apabila keluhan tersebut kerap kali membuat mata tertutup sepenuhnya atau tidak kunjung hilang bahkan sampai beberapa minggu.

Kedutan yang tidak kunjung sembuh, meski sudah dilakukan pengobatan rumahan selama beberapa minggu, dapat menjadi sebuah pertanda adanya masalah pada saraf serta menjadi gejala dari beberapa penyakit, seperti:

- Bell’s Palsy (Lumpuhnya salah satu bagian wajah)

- Distonia

- Parkinson

- Multiple sclerosis

- Sindrom Tourette

5 dari 5 halaman

Pengobatan untuk Mata Berkedut

Ada beberapa langkah pengobatan yang diberikan dokter seperti pemberian suplemen magnesium, suntik botox, obat-obatan salep mata atau oral, terapi fisik untuk melatih otot wajah, atau yang lainnya, tentunya disesuaikan dengan pemicunya. 

Pengobatan dengan suntik botox bisa meringankan gejala kejang pada mata selama beberapa bulan. Apabila efeknya sudah berkurang, dokter mungkin akan menyuntikkannya kembali. Kendati demikian, untuk mempercepat dan mengoptimalkan penyembuhan, ada beberapa pengobatan yang bisa Anda lakukan di rumah, seperti:

- Kelola stres.

- Istirahat teratur.

- Kurangi minuman dengan kandungan kafein dan hindari minuman beralkohol.

- Sering berkedip.

- Cukupi kebutuhan magnesium dengan konsumsi aneka sayuran hijau.

- Hindari penggunaan perangkat elektronik dengan berlebihan, terutama laptop dan ponsel yang saat ini sering menyita perhatian. Tips mudahnya, coba dengan tiap 20 menit berhentilah menatap layar dan arah mata untuk fokus pada objek jarak jauh minimal 20 kaki (6 meter) selama 20 detik.

- Supaya memberikan sensasi nyaman pada mata, coba beri lubrikan (artificial tears) yang tujuannya untuk melumasi mata.

- Terakhir, coba gunakan kompres hangat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini