Sukses

Viral Momen Pendaki Dipandu Burung Jalak saat Tersesat di Gunung Lawu, Jadi Sorotan

Liputan6.com, Jakarta Bagi sebagian orang, salah satu cara menikmati keindahan alam ialah dengan mendaki gunung. Bahkan, tak jarang pula beberapa gunung di Indonesia selalu penuh saat musim liburan datang.

Tapi, tentu saja sebelum melakukan pendakian segala persiapan baik mental dan fisik di perlukan. Bahkan, berbagai peralatan pendukung untuk mendaki juga perlu disiapkan agar bisa berjalan dengan lancar. Bahkan, ada baiknya saat melakukan pendakian kamu tetap berada dalam rombongan agar tidak terpisah apalagi tersesat.

Tersesat saat melakukan pendakian gunung tentu saja bisa menjadi momok tersendiri bagi para pecinta alam. Bahkan, berbagai kejadian diluar nalar kerap terjadi saat kamu tersesat di gunung.

Baru-baru ini beredar video yang diunggah oleh akun TikTok @mocha_doank pada Jumat (19/2/2021) dua orang pendaki yang tersesat di Gunung Lawi karena terpisah dari rombongan. Namun, yang membuat video tersebut viral dan menjadi sorotan netizen ialah adanya seekor burung jalak Lawu yang seolah-olah menuntun kedua pendaki tersebut untuk bisa mencapai puncak gunung Lawu yang terletak di perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur.

2 dari 4 halaman

Terpisah karena kelelahan

Melalui akun TikTok @mocha_doank, ia sebelumnya memperlihatkan rombongan yang berisi 5 orang sebelum mendaki puncak Gunung Lawu. Namun, saat dipertengahan jalan salah seorang temannya yang tak lain sang atasan mengaku capek. Olah karena itu keduanya memutuskan untuk beristirahat sejenak. Namun, rombangan lainnya memilih untuk terus melanjutkan perjalanan.

Tidak mengetahui bagaimana kejadiannya, rombongannya beserta salah seorang bapak penunjuk jalan menuju puncak justru menghilang.

"nah krn ada kawan (atasan saya) yang kecapekan.. makanya saya istirahat berdua.. dan yg lain jalan duluan. Dan gak tau gmn critanya tiba2 bpk yg di depan itu ngilang, makanya, bingunglah kita berdua." tulisnya pada akun @mocha_doank.

3 dari 4 halaman

Muncul burung jalak penuntun jalan

Mengatahui bahwa rombongan yang bersamanya telah menghilang, sang pemilik video tersebut dan atasannya memilih untuk melanjutkan perjalanan. Namun, tiba-tiba muncul seekor burang jalak di depan keduanya.

Bukannya langsung terbang, akan tetapi burung jalan tersebut justru seolah-olah tengah menuntun kedua pendaki. Bahkan, burung jalak yang ditemui terlihat ikut berjalan. Tak hanya itu saja, saat kedua pendaki memutuskan untuk berhenti karena kelelahan, burung jalak tersebut juga terlihat berhenti. Namun saat akan melanjutkan perjalanan kembali, burung jalak tersebut kembali muncul dan ikut berjalan menjadi menunjuk arah.

"Jadi ini jalaknya bener-bener nuntun kita. Dan pas kita berhenti, burungnya pun ikut berhenti... pas kita mo jalan, jalaknya langsung muncul sambil terus jalan." tulis akun TikTok @mocha_doank dalam keterangannya.

4 dari 4 halaman

Respons netizen

@mocha_doank

Balas @ulfah.ajah lanjut part 4 klu rame 🥺 #fyp #fypシ #fypgakni #fypsounds #lawu #viral #gunung #pendaki

♬ original sound - Mocha Doank - Mocha Doank

Mengetahui adanya burung jalak yang menuntun pendaki saat tersesat di Gunung Lawu ini pun langsung menarik perhatian para netizen. Bahkan, tak sedikit pula netizen yang ikut membenarkan kejadian tersebut karena pernah mengalami hal serupa. Sebelumnya memang beredar mitos jika terdapat burung jalak yang bisa menuntun pendaki yang tersesat.

"yang belum tau, itu burung jalak kalo ke lawu yang nyasar otomatis diarahkan dengan burung jalak itu. percaya gak percaya emang bener kok." tulis akun @www.triwahyu.com.

"kalo niat kamu baik pasti alam merespon dengan baik juga" ujar akun @al___e.

"yang penting niat dari awal kita muncak baik nggak ngelakuin apa apa insyaallah aman. dan setiap masalah pasti ada jalan keluarnya." tulis akun @erlnggasputra.