Sukses

Heboh Kabar Uya Kuya Meninggal Dunia, Ini 4 Fakta Sebenarnya

Kabar Uya Kuya meninggal dunia beredar di media sosial.

Liputan6.com, Jakarta Netizen di media sosial pagi ini (21/2/2021) dihebohkan dengan kabar meninggalnya Uya Kuya. Kabar yang menyatakan jika ayah dua anak ini meninggal dunia pun langsung membuat masyarakat heboh.

Pasalnya, beberapa waktu lalu ia dan sang istri Astrid Kuya baru saja mengkonfirmasi jika keluarganya dan beberapa karyawan baru saja sembuh dari positif COVID-19. Kabar meninggalnya Uya Kuya di media sosial ini tak lama setelah adanya berita hoaks soal meninggalnya Ashanty.

Adanya kabar jika sang presenter tersebut meninggal dunia membuat banyak netizen langsung menyerbu media sosial Uya Kuya serta sang istri. Tak sedikit pula yang menanyakan mengenai kebenaran kabar tersebut. Namun rupanya, masih ada pula netizen yang percaya kabar Uya Kuya meninggal dunia tanpa dicari informasinya terlebih dahulu.

Dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, berikut ini beberapa fakta terkait kabar hoaks Uya Kuya yang meninggal dunia, Minggu (21/2/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Berawal dari TikTok

Kabar mengenai Uya Kuya yang meninggal dunia pertama kali membuat netizen heboh berawal dari video yang diunggah oleh akun TikTok @KG1st.Mail pada Minggu (21/2/2021). Video tersebut pun langsung saja viral di media sosial.

Dalam unggahan akun TikTok tersebut tertulis pula keterangan "RIP Uya Kuya, smoga di terima disisinya masih gk percaya.". Tak hanya itu saja, dalam video yang beredar juga menampilkan beberapa foto pria yang juga dikenal sebagai pesulap saat tengah terbaring di ranjang rumah sakit akibat terinfeksi COVID-19 beberapa waktu lalu.

3 dari 5 halaman

Astrid Kuya ikut berkomentar

Mengetahui adanya kabar soal sang suami meninggal dunia di media sosial, Astrid Kuya pun langsung merespons. Astrid bahkan langsung memberikan komentar dalam akun TikTok @Kg1st.Mail tersebut. Dalam komentarnya Astrid bahkan mengancam akan memberikan surat dari kuasa hukumnya atas video tidak berdasar tersebut.

"hoax ini!!! siap2 yah di depan rumah ada yg kasih surat cinta dr pengacara. eh nanti nagis kejer, ibunya nangis, ayahnya minta maaf. kasihann...." tulis Astrid Kuya.

4 dari 5 halaman

Tetap beraktivitas

Meski diterpa kabar tak menyenangkan soal meninggalnya sang suami, Astrid memilih untuk tetap melakukan aktivitas seperti biasanya. Bahkan melalui akun Instagram pribadinya, wanita 40 tahun tersebut terlihat santai berolahraga di area Sudirman-Thamrin, Jakarta.

"This is My City...Jakarta , hate and love with this city. jakarta ku yg macet, jakarta ku yg sibuk, jakartaku yg penuh harapan manusia2 yg ingin sukses, terkenal dgn Monas nya, walaupun sbg warga JKT terakhir kesana kelas 4 SD welcome toJakarta , Indonesia" tulis Astrid.

Senada dengan sang ibunda, Cinta Kuya juga ikut mengomentari mengenai berita palsu sang ayah. Perempuan 17 tahun tersebut menyinggung soal hoaks di Instagram Stories pribadinya.

"Arti hoax adalah kabar, informasi, berita palsu atau bohong," tulis Cinta Kuya di Instagram, Minggu (21/2/2021).

5 dari 5 halaman

Pelaku mengunggah video minta maaf

@khaidir_ismail

Balas @astridkuya

♬ original sound - KG1st.Mail - KG1st.Mail

Setelah mendapatkan teguran dari Astrid Kuya soal unggahan video berita palsu, akun TikTok @KG1st.Mail pun mengunggah sebuah video permintaan maaf. Dalam video yang diunggah tersebut, ia mengaku menyesal dan tak mengetahui kabar yang sebenarnya terjadi.

Sang pemilik akun menyebut, jika dirinya menyimpulkan Uya Kuya telah meninggal dunia karena adanya komentar netizen bertuliskan 'Innalilahi' di media sosial saat Uya Kuya dan istri menjalani perawatan intensif akibat COVID-19. Ia menyangka jika kalimat tersebut merujuk pada kabar meninggal dunia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini