Sukses

7 Faktor Penyebab Kemiskinan, Pengertian, dan Dampaknya

Liputan6.com, Jakarta Faktor penyebab kemiskinan sangat beragam. Bahkan tidak hanya di Indonesia, masih ada banyak negara di dunia di mana kemiskinan masih jadi salah satu masalah yang harus diatasi. Pasalnya, apabila kemiskinan tidak segera diatasi, maka bisa berdampak pada negara itu sendiri.

Kendati beragam upaya sudah dilakukan pemerintah suatu negara untuk mengatasi masalah kemiskinan tersebut. Dengan banyaknya faktor penyebab kemiskinan yang cukup kompleks, menyebabkan pemerintah harus terus berupaya mengatasi masalah kemiskinan tersebut.

Meski secara luas mengatasi kemiskinan adalah tugas dari pemerintahan sebuah negara, namun dengan mengetahui faktor penyebab kemiskinan, bisa membuat masyarakat bersama-sama memberantas kemiskinan, dimulai dari lingkungan terkecil yang ada di sekitar tempat tinggal.

Mengulas lebih lanjut mengenai faktor penyebab kemiskinan, di bawah ini Liputan6.com merangkum dari berbagai sumber mengenai apa saja sebenarnya faktor penyebab kemiskinan serta dampak yang bisa ditimbulkan, Senin (22/2/2021).

2 dari 5 halaman

Pengertian Kemiskinan

Sebelum lebih jauh memahami perihal faktor penyebab kemiskinan, ada baiknya mengetahui pengertian dari kemiskinan itu sendiri. Pengertian kemiskinan adalah suatu kondisi saat seseorang atau kelompok tidak mampu untuk memenuhi kebutuhan dasarnya seperti kebutuhan pangan, sandang, tempat tinggal, pendidikan, serta kesehatan yang layak.

Tentunya hal ini juga bisa disebabkan karena pemerintah, lebih tepatnya melalui penetapan garis kemiskinan yang ditentukan melalui kebijakan ekonomi. Mengingat tingkat kesejahteraan masayarakat ditentukan oleh kebijakan ekonomi pemerintah. Itulah mengapa, faktor penyebab kemiskinan bisa juga karena gagalnya perkembangan ekonomi yang sudah direncanakan pemerintah.

3 dari 5 halaman

Pengertian Kemiskinan Menurut Ahli

1. Hall dan Midgley

Menurut Hall dan Midgley pengertian kemiskinan adalah kondisi deprivasi materi dan sosial yang menyebabkan individu hidup di bawah standar kehidupan yang layak, atau kondisi di mana individu mengalami deprivasi relatif dibandingkan dengan individu yang lainnya dalam masyarakat.

 

2. Reitsma dan Kleinpenning

Pengertian kemiskinan menurut Reitsma dan Kleinpenning adalah ketidakmampuan individu untuk memenuhi kebutuhannya, baik yang bersifat material maupun non-material.

 

3. Friedman

Menurut Friedman definisi kemiskinan adalah ketidaksamaan kesempatan untuk memformulasikan kekuasaan sosial berupa asset, sumber keuangan, organisasi sosial politik, jaringan sosial, barang atau jasa, pengetahuan dan keterampilan, serta informasi.

 

4. Faturachman dan Marcelinus Molo

Selanjutnya pengertian kemiskinan menurut Faturachman dan Marcelinus Molo. Menurut Faturachman dan Marcelinus Molo kemiskinan adalah ketidakmampuan seseorang atau beberapa orang (rumah tangga) untuk memenuhi kebutuhan dasarnya.

 

5. Suparlan

Menurut Suparlan arti kemiskinan adalah standar tingkat hidup yang rendah karena kekurangan materi pada sejumlah atau golongan orang bila dibandingkan dengan standar kehidupan yang berlaku di masyarakat sekitarnya.

4 dari 5 halaman

Faktor Penyebab Kemiskinan

Ada beberapa faktor penyebab kemiskinan yang umum terjadi, antara lain:

1. Tingkat Pendidikan Rendah

Faktor penyebab kemiskinan yang pertama bisa dikarenakan tingkat pendidikan yang rendah. Tingkat pendidikan yang rendah bisa membuat seseorang kurang memiliki keterampilan, wawasan, serta pengetahuan yang memadai untuk kehidupannya.

Jika dilihat lebih jauh lagi, dalam dunia kerja atau dunia usaha, pendidikan adalah modal untuk bersaing jika ingin mendapatkan kesejahteraan nantinya. Maka tidak heran, jika banyak pengangguran yang dikarenakan faktor penyebab kemisikinan yaitu tingkat pendidikan rendah.

 

2. Malas Kerja

Selanjutnya, faktor penyebab kemiskinan yaitu malas bekerja. Faktor penyebab kemiskinan ini, punya hubungan faktor penyebab kemiskinan sebelumnya yaitu tingkat pendidikan yang rendah. Seseorang dengan tingkat pendidikan rendah membuat dirinya malas bekerja karena tidak punya keterlampilan dan pengetahuan. Orang yang malas usaha bisa berdampak pada tingkat pengangguran yang makin tinggi.

 

3. Kualitas Kesehatan Buruk

Selanjutnya, faktor penyebab kemiskinan bisa dikarenakan kualitas kesehatan suatu negara yang buruk. Pasalnya, akses layanan kesehatan yang sulit dan mahal bisa jadi masalah utama bagi masyarakat ekonomi rendah.

Mengingat, jasa dokter atau membeli obat ketika sakit tidak murah. Masyarakat tidak mampu, justru terus sakit dan sulit melakukan pekerjaan. Hingga hal ini bisa menjadi faktor penyebab kemiskinan.

 

4. Sumber Daya Alam Tidak Ada

Faktor penyebab kemiskinan ini banyak terjadi di tiap negara, terutama negara berkembang serta negara dengan tingkat kemiskinan yang tinggi. Saat sumber daya alam tidak ada atau tidak dapat diolah, maka hal ini bisa jadi salah satu faktor penyebab kemiskinan.

 

5. Modal Terbatas

Kemudian, terbatasnya modal juga bisa menjadi penghambat seseorang untuk berkembang. Belum lagi jika orang yang tersebut memiliki tingkat pendidikan rendah. Mengingat, banyak penyebab rendahnya pendidikan karena faktor ekonomi keluarga.

 

6. Harga Kebutuhan Tinggi

Harga kebutuhan tinggi adalah faktor penyebab kemiskinan yang kerap terjadi dan jadi alasan mengapa masyarakat miskin merasa kurang dan tidak cukup memenuhi kebutuhan sehari-hari. Padahal, kian hari harga bahan makan melambung tinggi. Konsekuensinya, mereka harus memotong pengeluaran untuk kebutuhan lain dan dialihkan pada konsumsi makanan.

 

7. Lapangan Kerja Terbatas

Faktor penyebab kemiskinan selanjutnya karena terbatasnya lapangan kerja. Meski seseorang bisa menciptakan lapangan kerja baru, namun peluangnya cukup kecil untuk masyarakat miskin karena keterbatasan keterampilan serta modal.

5 dari 5 halaman

Dampak dari Kemiskinan

Setelah memahami apa saja faktor penyebab kemiskinan, penting juga untuk memahami dampak apa yang bisa timbul. Berikut ini penjelasannya:

1. Tingkat Pengangguran Tinggi

Dampak kemiskinan yang pertama, bisa membuat angka pengangguran semakin banyak. Pasalnya, pengangguran erat kaitannya dengan pendidikan yang rendah. Masyarakat miskin sangat sulit mendapatkan akses pendidikan, hingga membuat mereka kurang keterampilan dan bekal untuk mendapatkan pekerjaan layak.

 

2. Kriminalitas Tinggi

Dampak kemiskinan yang cukup penting diketahui adalah naiknya kriminalitas. Masyarakat miskin cenderung melakukan apa saja untuk memenuhi kebuhtuhan hidup, bagaimanapun caranya.

 

3. Tertutupnya Akses Pendidikan

Tertutupnya akses pendidikan menjadi dampak kemiskinan yang bisa dirasakan. Biaya pendidikan cukup tinggi mengakibatkan masyarakat miskin tidak bisa menjangkau dunia pendidikan. Jika mereka kekurangan pendidikan, maka tidak bisa bersaing dan tidak bisa bangkit dari keterpurukan.

 

4. Angka Kematian Tinggi

Yang terakhir, dampak kemiskinan membuat angka kematian tinggi. Dampak tersebut berhubungan dengan faktor penyebab kemiskinan yaitu kualitas kesehatan yang belum baik. Masyarakat yang hidup di bawah garis kemiskinan banyak yang tidak bisa mendapat akses kesehatan memadai. Hal ini bisa menjadi penyebab angka kematian tinggi. Kemudian, kekurangan gizi di tengah masyarakat miskin juga jadi momok menakutkan, sebab berhubungan langsung dengan kesehatan.