Sukses

9 Makanan Khas Bengkulu yang Menggugah Selera

Liputan6.com, Jakarta Bengkulu adalah salah satu provinsi yang terletak di barat daya pulau Sumatera. Bengkulu memiliki nama ibu kota yang sama dengan provinsinya, yaitu ibu kota Bengkulu.

Bengkulu juga memiliki julukan sendiri, yaitu Bumi Rafflesia. Pasalnya, Bengkulu dikenal akan bangunan-bangunan bersejarah, salah satunya seperti benteng peninggalan Inggris.

Bengkulu juga sangat terkenal dengan beragam objek wisata, mulai dari wisata budaya, wisata alam, bahkan kuliner. Saat berkunjung ke Bengkulu tentu tidak akan lengkap jika melewatkan makanan khas Bengkulu. Pasalnya, aneka makanan khas Bengkulu ini cukup unik dan tidak akan ditemukan di daerah lain. Selain itu, makanan khas Bengkulu ini rasanya dijamin menggoyang lidah.

Nah, agar tidak penasaran, berikut ini Liputan6.com telah merangkum dari berbagai sumber, apa saja makanan khas Bengkulu yang patut dicoba, Senin (22/2/2021).

2 dari 4 halaman

Makanan Khas Bengkulu

1. Pendap

Makanan khas Bengkulu yang pertama adalah pendap. Jangan sampai melewatkan makanan khas Bengkulu ini saat berkunjung. Sebab, makanan ini tidak bisa ditemukan di daerah lain. Lantas, apa bahan dasar dari pendap?

Pendap adalah makanan makanan khas Bengkulu yang menggunakan bahan dasar ikan. Bahan tersebut kemudian dikombinasikan dengan aneka ragam bumbu seperti bawang putih, cabe giling, kencur, serta kelapa muda parut.

Selanjutnya, bahan-bahan yang sudah dicampur rata sedemikian rupa, akan dibungkus dengan Daun talas. Untuk menikmati makanan khas Bengkulu ini, bisa dengan pendamping nasi putih hangat yang tentu menggugah selera.

 

2. Bagar Hiu

Selanjutnya, salah satu makanan khas Bengkulu adalah bagar hiu. Ya, sesuai namanya, makanan khas Bengkulu ini dibuat menggunakan bahan dasar daging hiu, tepatnya jenis hiut tanduk. Bahkan, makanan khas Bengkulu ini dipercaya menjadi salah satu makanan favorit Presiden Soekarno, tepatnya saat beliau diasingkan pada tahun 1938 hingga 1942. Penasaran dengan makanan khas Bengkulu ini?

 

3. Rebung Asam Undak Liling

Makanan khas Bengkulu ini salah satu yang populer di tengah masyarakat. Rasanya dijamin mantap dan siap menggoyang lidah penikmatnya. Bahan dasar yang digunakan dalam makanan khas Bengkulu ini adalah keong hitam serta bambu muda atau yang akrab disebut dengan rebung.

Mengingat makanan khas Bengkulu ini masih tradisional dalam proses pembuatannya, maka tidak heran jika waktu masaknya cukup lama. Sebab, aneka bahan yang digunakan dalam makanan khas Bengkulu ini harus direndam selama beberapa hari supaya rasa asam yang ada di dalam rebung dapat keluar.

Kemudian, jika sudah direndam, rebung tersebut selanjutnya akan dimasak bersama liling atau yang dikenal dengan keong hitam. Keong ini biasa hidup di sawah. Rasa unik dari makanan khas Bengkulu ini semakin lengkap dengan kehadiran keong tersebut.

3 dari 4 halaman

Makanan Khas Bengkulu

4. Gulai Kemba’ang

Gulai Kemba’ang merupakan salah satu makanan khas Bengkulu yang tidak kalah populer, terutama di daerah Mukomuko. Pasalnya, makanan khas Bengkulu ini merupakan gulai yang dibuat dari iga sapi. Kemudian, iga sapi tersebut akan dimasak dengan bumbu khas Bengkulu.

 

5. Lempuk Durian

Jangan heran apabila banyak makanan khas Bengkulu yang menggunakan bahan dasar Durian. Pasalnya, durian tumbuh subur di daerah ini. Salah satu makanan khas Bengkulu yang dibuat dari buah tersebut adalah lempuk durian.

Lempuk durian merupakan makanan khas Bengkulu yang bentuknya cukup menyerupai dodol, tentunya dengan bahan tambahan tepung gandum serta buah durian.

 

6. Lemang Tapai

Lemang tapai merupakan sejenis makanan khas Bengkulu yang menggunakan bahan dasar beras ketan serta santan. Proses pembuatan lemang dengan cara dibakar di atas bara api dalam seruas bambu muda. Selanjutnya, tapai ketan hitam dibubuhkan untuk melengkapi makanan khas Bengkulu ini.

Ternyata, selain menggunakan tapai ketan hitam, makanan khas Bengkulu ini bisa juga dinikmati dengan Durian. Tapi ingat, jangan banyak-banyak konsumsi duriannya, ya.

4 dari 4 halaman

Makanan Khas Bengkulu

7. Tempoyak

Makanan khas Bengkulu yang berasal dari buah durian lainnya yaitu tempoyak. Bahan dasar yang digunakan untuk membuat tempoyak adalah fermentasi buah durian. Yang unik, tempoyak khas Bengkulu ini biasa diolah dengan ikan patin.

Maka tidak heran jika rasanya sangat unik dan lezat. Sehingga tempoyak wajib dicoba saat sedang berkunjung ke Bengkulu.

 

8. Kue Lepek Biniti

Jika dilihat secara sekilas, memang salah satu makanan khas Bengkulu ini mirip dengan kue tradisional nagasari. Akan tetapi, jenis makanan khas Bengkulu ini punya komposisi yang berbeda. Sebab, bahan dasar yang digunakan di dalamnya yaitu tepung ketan, garam, santan, daun salam, lengkuas, serta bahan lainnya.

 

9. Kue Tat

Makanan khas Bengkulu ini bisa dibilang jenis makanan yang sangat mewah. Pasalnya, pada zaman dahulu kue ini hanya disajikan untuk raja serta kalangan ningrat. Namun tidak perlu khawatir, makanan khas Bengkulu ini sudah mudah ditemukan dan dicicipi masyarakat luas.