Sukses

23 Kuliner Bali Khas dan Unik, Lezat Mengguggah Selera

Kuliner Bali memiliki kekhasan tersendiri.

Liputan6.com, Jakarta Kuliner Bali tak kalah menariknya dengan pesona alam pulau Dewata. Bali merupakan surga bagi pencinta keindahan alam sekaligus eksotisme budayanya. Di Bali, kamu bisa menikmati beragam destinasi menarik mulai dari alam, budaya, hingga kuliner.

Kuliner Bali memiliki kekhasan tersendiri. Mulai dari teknik memasak, bumbu, hingga rasa, kuliner Bali akan memberi pengalaman tak terlupakan. Kuliner Bali termasuk masakan yang beragam seperti sayur, daging, dan ikan. Kuliner Bali termasuk kekayaan Nusantara yang terkenal dengan kelezatannya.

Jika kamu berlibur ke pulau Bali, jangan lupa untuk mencicipi kuliner Bali yang unik. Berikut kuliner Bali yang lezat, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin(20/2/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 9 halaman

Kuliner Bali

Ayam Betutu

Ayam Betutu termasuk kuliner Bali yang sangat terkenal. Ayam betutu merupakan ayam yang dimasak dengan teknik betutu. Selain ayam, bebek juga biasa digunakan dalam teknik memasak betutu ini. Untuk membuat ayam betutu, daging ayam direbus dan dibumbui dengan bumbu genep khas Bali. Ayam yang sudah agak matang kemudian dibakar di bara api sampai matang. Menurut tradisi Bali, ayam betutu biasanya disajikan pada saat upacara adat seperti odalan, otonan, maupun perkawinan.

Lawar

Lawar adalah kuliner Bali yang terbuat dari daging cincang dan sayur-sayuran seperti kacang panjang, nangka, dan parutan kelapa yang nantinya akan dicampurkan dengan bumbu khas bali. Biasanya lawar menjadi teman setia segala lauk pauk khas Bali.

3 dari 9 halaman

Kuliner Bali

Nasi Jinggo

Nasi Jinggo merupakan kuliner Bali yang dibungkus dengan daun pisang. Nasi Jinggo berisi satu kepal nasi putih, daging ayam suwir, mie gorang, tempe goreng dan sambal yang pedas. Nasi ini memiliki porsi kecil, mirip dengan nasi kucing yang ada di Jawa Tengah.

Nasi Sela

Nasi sela merupakan nasi yang campur dengan potongan kecil ubi. Nasi sela juga biasanya dihidangkan bersamaan dengan berbagai macam lauk seperti sambal, lawar, dan ayam goreng. Nasi sela merupakan kuliner Bali khas Karangasem.

Nasi tepeng

Nasi tepeng merupakan kuliner Bali khas Gianyar. Tekstur nasi tepang agak lembek dan lembut. Nasi tepang mirip dengan nasi campur dengan variasi lauk yang lebih beragam.

Nasi Campur Ayam Bali

Meski bernama nasi campur ayam, nasi ini tak hanya berisi nasi dan ayam. Kuliner Bali satu ini biasa disajika bersama dengan sate lilit, lawar ayam, serta suwiran ayam.

4 dari 9 halaman

Kuliner Bali

Sate lilit

Kuliner Bali yang tak kalah populer adalah sate lilit. Sate ini bisa dibuat menggunakan daging ayam, daging babi, atau ikan tenggiri. Sate lilit dibuat dengan cara melilitkan daging cincang berbumbu rempah pada batang daun serai, tidak seperti sate-sate pada umumnya.

Sate plecing

Sate plecing terkenal dengan bumbu plecingnya yang terbuat dari cabe rawit, tomat, terasi, garam, serta perasan jeruk limau. Sate plecing biasanya terbuat dari daging ayam atau ikan. Namun, ada juga versi daging sapi atau babi.

Sate susu

Kebanyakan kuliner Bali tidak menggunakan daging sapi karena pengaruh budaya Hindu. Namun, ada sejumlah olahan sapi yang masih bisa ditemukan di Bali, salah satunya adalah sate susu. Sate susu adalah sate yang terbuat dari daging payudara sapi. Sate ini banyak ditemukan di Kampung Jawa, Desa Wanasari, Denpasar Barat, Bali. Sate susu biasa jadi hidangan khas Ramadan di Bali.

Sate asem

Sate asem memiliki bumbu dengan cita rasa asam yang terbuat dari asam Jawa. Sate ini merupakan kuliner Bali yang bisa ditemukan di Karangasem. Sate asem bisa terbuat dari daging ayam, ikan, atau babi. Di Bali, sate ini memiliki cita rasa pedas yang nikmat.

5 dari 9 halaman

Kuliner Bali

Babi guling

Kuliner Bali juga terkenal dengan olahan babi, salah satunya babi guling. Makanan khas Bali satu ini merupakan tujuan utama kuliner bagi masyarakat Bali maupun wisatawan lokal dan mancanegara. Babi guling khas Bali dimasak dengan rempah-rempah khas yang dimasukkan ke dalam perut babi, dan diguling di atas bara api.

Babi Genyol

Olahan babi lainnya di Bali adalah babi genyol. Kuliner Bali ini biasa dihidangkan ketika hari raya Galungan. Daging babi diolah dengan dicampur bumbu genep khas bali dan digoreng hingga empuk.

6 dari 9 halaman

Kuliner Bali

Bulung

Bulung termasuk kuliner Bali yang unik. Bulung terbuat dari rumput laut yang disajikan bersama bumbu khusus. Ada dua jenis bulung yang disajikan berbeda, bulung buni dan bulung rambut.

Bulung buni diolah dengan mencuci rumput laut dengan air panas lalu disajikan dengan arutan kelapa bakar, lengkuas, jahe, serai, potongan cabai, air jeruk limau, dan taburan kacang. Bulung rambut diolah dengan merebus sebentar rumput laut dan dibumbui dengan cabai, terasi, gula putih, air jeruk limau, lalu disiram dengan kuah pindang atau kaldu.

Entil

Entil merupakan ketupat khas Tabanan Bali. Sekilas ketupat ini mirip dengan buras dari Makassar. Entil dibungkus dengan daun Telengidi yang menambah cita rasanya. Entil biasa disantap bersama urap, sayuran, taburan sambal kelapa, hingga kuah santan.

Rujak Kuah Pindang

Rujak Kuah Pindang terbuat dari irisan manga muda dengan kuah yang sangat pedas. Rujak kuah pindang juga bisa dinikmati dengan berbagai macam buah lainnya seperti bengkuang, kedondong, serta rumput laut.

7 dari 9 halaman

Kuliner Bali

Tipat Blayag

Tipat Blayag merupakan kuliner berupa ketupat Bali yang disajikan ebrsama kuah kental yang terbuat dari tepung beras dan campuran bumbu Bali. Tipat Blayag tambah nikmat jika disantap bersama urap, ayam sisit, kerupuk kulit ayam, dan kacang kedelai.

Tipat cantok

Tipat cantok juga merupakan olahan ketupat yang disajikan bersama kacang panjang, tauge, dan kangkung. Olahan ini kemudian disiram dengan bumbu kacang yang lezat.

Bubur Mengguh

Bubur Mengguh merupakan kuliner Bali yang berasal dari Buleleng. Bubut ini terbuat dari beras yang dimasak bersama santan dan disajikan bersama suwiran ayam. Bubur kemudian disiram kuah ayam kental dan disajikan bersama urap.

8 dari 9 halaman

Kuliner Bali

Berengkes

Berengkes kerap disebut dengan pepes khas Bali. Berengkes berisi ikan yang telah dibumbui dan dikukus hingga matang. Kuliner Bali ini memiliki cita rasa pedas yang lezat.

Timbungan

Timbungan merupakan teknik memasak khas Bali yang biasanya digunakan untuk memasak bebek, ayam, ikan, atau babi. Timbungan merupakan proses mengawetkan makanan dengan memasukkan makanan ke dalam satu ruas bambu. Makanan yang dimasukkan seperti lawar daging, lawar kelapa muda, daun singkong, dan lain sebagainya. Bambu dihangatkan di dekat perapian selama beberapa hari.

Tum Ayam

Tum ayam merupakan olahan ayam cincang yang dimasak bersama bumbu khas Bali. Ayam kemudian dibungkus daun pisang dan dikukus hingga matang.

9 dari 9 halaman

Kuliner Bali

Jukut ares

Jukut ares merupakan kuliner Bali yang terbuat dari batang pisang muda. Batang pisang ini dimasak bersama kaldu tulang yang nikmat. Jukut ares banyak disajikan di upacara keagamaan.

Serombotan

Serombotan atau jukut srombotan merupakan olahan kecipir, terong bulat, pare, tauge, kubis yang dimasak setengah matang. Sayuran ini kemudian diberi santan yang sudah dibumbui dan dimasak hingga kental.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.