Sukses

Cara Membuat Daftar Isi Skripsi di Word Secara Otomatis dan Manual

Liputan6.com, Jakarta Cara membuat daftar isi skripsi otomatis di Microsoft Word membuat pekerjaanmu lebih rapi dan mudah diperiksa kembali. Tentunya jika dilakukan secara manual akan membutuhkan waktu yang lama, dan biasanya membuat hasilnya kurang rapi.

Cara membuat daftar isi otomatis ini sebenarnya cukup mudah diterapkan. Sebagai salah satu bagian yang sangat berguna pada buku, laporan tugas maupun skripsi, daftar isi berfungsi untuk memudahkan pembaca mencari halaman yang ingin ditinjau.

Cara membuat daftar isi otomatis menjadikan titik-titik yang menghubungkan sub judul dengan nomor halaman lebih rapi. Kamu bisa menerapkannya pada Microsoft Word dengan sangat mudah, walaupun tugas atau skripsi kamu memiliki halaman dan sub bagian yang cukup banyak.

Selain itu, saat membuat skripsi kamu tentu juga harus membuat jurnal skripsi. Kamu juga bisa menerapkan beberapa cara membuat jurnal skripsi yang benar.  Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (23/2/2021) tentang cara membuat daftar isi.

2 dari 5 halaman

Cara Membuat Daftar Isi Skripsi Secara Otomatis

Mengatur Heading

Cara membuat daftar isi otomatis yang pertama adalah dengan mengatur heading. Hal ini dilakukan supaya bagian dan sub bagian tugasmu dapat dibaca oleh Word. Cara membuat daftar isi otomatis pada langkah pertama ini mudah saja.

1. Pertama-tama, kamu perlu blok pada bagian yang ingin kamu buat jadi daftar isi terlebih dahulu.

2. Kemudian, atur Heading dengan menggunakan fitur Styles yang terletak pada tab Home.

3. Lalu pilih Heading 1 untuk bagian utama dan Heading 2 untuk sub bagian.

4. Lakukan begini seterusnya bila tugasmu memiliki banyak bagian dan sub bagian.

Memasukkan Daftar Isi

Cara membuat daftar isi otomatis selanjutnya adalah memasukkan daftar isi.

1. Silakan masuk ke tab References, kemudian pilih Table of Contents.

2. Kamu bisa memilih antara membuat daftar isi secara otomatis atau manual di sini.

3. Opsi pertama dan kedua adalah Tabel Otomatis (Automatic Table 1 dan Automatic Table 2), sedangkan opsi ketiga merupakan Tabel Manual (Manual Table).

4. Setelah memilih salah satu opsi ini, maka daftar isi yang kamu masukkan akan langsung jadi dengan rapi.

5. Selanjutnya, kamu hanya perlu mengubah beberapa kata yang dibutuhkan.

Cara membuat daftar isi otomatis ini sangat mudah untuk diterapkan. Kamu tinggal mengikuti langkah-langkahnya dan daftar isi akan lebih rapi.

Melakukan Pembaruan Tabel

Selain itu, cara membuat daftar isi otomatis ini juga akan memudahkan kamu dalam memperbarui tabel nantinya. Jika ada beberapa perubahan yang kamu terapkan pada dokumen sehingga diperlukan adanya perubahan juga pada daftar isi, kamu tinggal menekan tombol Update Table di pojok kiri atas. Kamu bisa memilih untuk update nomor halaman saja atau update tabel secara keseluruhan.

Itulah cara membuat daftar isi otomatis yang langkah-langkahnya sangat mudah dilakukan. Dengan begitu, kamu akan lebih mudah memeriksa tugasmu dan pembaca juga akan lebih mudah meninjau halaman yang ingin dibaca. Selain itu, kamu juga tetap bisa menerapkan cara membuat daftar isi secara manual.

3 dari 5 halaman

Cara Membuat Daftar Isi Skripsi Secara Manual

Selain bisa menerapkan cara membuat daftar isi otomatis, kamu tentunya tetap bisa membuatnya secara manual dengan langkah yang tidak terlalu sulit. Biasanya cara manual ini akan dipilih kebanyakan orang bila tugas yang dikerjakan tidak memiliki sub bagian, atau tidak begitu panjang.

Jadi, dibandingkan cara membuat daftar isi otomatis, kamu lebih baik memilih cara manual jika pekerjaan yang kamu buat tidak begitu panjang. Berikut cara membuat daftar isi secara manual:

1. Dalam membuat daftar isi secara manual, langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah mengatur right tab terlebih dahulu. Untuk menampilkan ikon right tab ini, kamu harus terlebih dahulu menampilkan Ruler pada tab View.

2. Setelah Ruler ditampilkan, kamu baru bisa melihat ikon Tab ini, di pojok kiri atas, tepatnya di bawah ikon Paste. Klik ikon Tab tersebut hingga terpilih Right Tab.

3. Selanjutnya kamu bisa mengatur posisi Right Tab tersebut melalui ruler yang telah ditampilkan tadi, di bagian atas dokumen.

4. Dengan begitu, kamu bisa meletakkan nomor halaman dengan rapi dari sini.

5. Setelah itu, kamu bisa double click pada Tab tersebut hingga muncul menu pop-up.

6. Pada menu pop-up tersebut, pilih opsi kedua yang merupakan titik-titik yang biasa digunakan dalam daftar isi.

7. Kemudian, kamu tinggal memasukkan isi dari daftar isi tugasmu.

8. Setelah memasukkan judul bagian, tekan tombol Tab pada keyboard untuk memunculkan titik-titik.

9. Lalu, terakhir kamu tinggal memasukkan nomor halaman yang sesuai dengan judul bagian tersebut.

Begitulah cara membuat daftar isi secara manual pada Microsoft Word. Tentunya dua cara yang telah dijelaskan tersebut mengharuskan kamu untuk menerapkan langkah-langkah yang tidak begitu sulit. Jadi, Kamu bisa memilih menggunakan cara membuat daftar isi otomatis atau manual sesuai dengan kebutuhanmu.

4 dari 5 halaman

Cara Membuat Jurnal Skripsi

Judul. Jurnal penelitian karya ilmiah tetap harus memiliki judul yang jelas. Penulisan judul akan memudahkan pembaca memahami keseluruhan inti jurnal. Jika tidak ingin susah-susah membuat judul jurnal penelitian lagi bisa menggunakan judul sama dalam skripsi. Pastikan lagi bahwa judul penelitian dari skripsi tidak memiliki makna ganda.

Perhatikan Penulisan Nama. Urutan menulis nama dalam jurnal penelitian dari skripsi juga harus runtut. Dimulai dari nama penulis, nama pembimbing, dan tanpa gelar akademik. Penulisannya sangat dianjurkan dengan disertai nama lembaga. Seperti nama prodi, fakultas, dan universitas. Kemudian ditambah dengan alamat terang dan email penulis.

Abstrak. Abstrak yang ada dalam jurnal penelitian skripsi berbeda dengan skripsi. Abstrak jurnal lebih singkat, padat, dan jelas. Tujuan dari pembuatan abstrak adalah untuk memudahkan pembaca mengetahui isi jurnal dalam waktu singkat. Jadi, usahakan untuk menyajikannya dengan tidak lebih dari 250 kata.

Kata Kunci. Kata kunci dalam jurnal penelitian dari skripsi sebanyak 3-5 kata. Bisa juga dengan menggunakan kata kunci yang sudah tertera dalam skripsi. Jika ingin membuat kata kunci baru, ambil dari inti yang akan dibahas dalam penelitian.

Pendahuluan. Pendahuluan dalam menulis jurnal penelitian dari skripsi hampir sama dengan skripsi. Pendahuluan akan memaparkan tentang kasus yang hendak dibahas. Kasus ini juga harus sesuai dengan judul jurnal penelitian. Pendahuluan ini ditulis dengan spasi 2 dan tidak lebih dari 4 halaman. Lebih baik perbanyak pembahasan atau analisis daripada pendahuluannya.

5 dari 5 halaman

Cara Membuat Jurnal Skripsi

Metode Penelitian. Metode penelitian juga masih harus dicantumkan dalam jurnal penelitian dari skripsi. Metode penelitian dalam menulis jurnal penelitian dari skripsi ini memaparkan pencarian data dan batasan masalah penelitian.

Aturan dari penulisan jurnal penelitian adalah tetap memaparkan secara rinci dan jelas metodenya. Tujuannya agar pembaca memiliki pengetahuan dan teknik dasar penelitian baru atau lanjutan. Penulisan Metode diketik dengan 2 spasi dan kurang lebih 1 halaman.

Pembahasan atau Analisis. Pembahasan atau analisis dalam menulis jurnal penelitian dari skripsi tetap menggunakan subbab. Hal ini diterapkan untuk memudahkan pembahasan atau analisis yang akan dipaparkan. Penulisannya dengan diketik 2 spasi dan tidak lebih dari 6-8 halaman.

Pembahasan dalam jurnal penelitian dari skripsi ditulis dengan meringkas dari skripsi. Ringkaslah dengan lebih jelas dengan model atau teori yang digunakan. Jangan lupa untuk memaparkan terlebih dahulu bagian penemuannya. Memaparkan penemuan akan memudahkan pembaca memahami hasil dari penelitian.

Kesimpulan. Kesimpulan dalam menulis jurnal penelitian dari skripsi bisa dibuat lagi atau meringkas dari skripsi. Cobalah dengan mulai memaparkan pembuktian hipotesis penelitian dengan lebih ringkas. Tetap perhatikan untuk menulisnya dengan menjawab rumusan masalah yang sudah dibuat. Tuliskan juga kelebihan dan kekurangan penelitian. Terakhir tuliskan saran yang tepat untuk penelitian selanjutnya.

Daftar Pustaka. Daftar pustaka dalam menulis jurnal penelitian dari skripsi bisa dengan menyalin dari skripsi. Tuliskan sesuai dengan urutan sama seperti skripsi. Dimulai dari buku, jurnal, dan website. Penulisan daftar pustaka diberi judul DAFTAR PUSTAKA, dengan dicetak tebal, dan huruf tegak kapital secara keseluruhan.

Unsur yang ditulis dalam daftar pustaka secara berturut-turut meliputi: (1) nama pengarang ditulis dengan urutan: nama akhir, nama awal, dan nama tengah, tanpa gelar akademik, (2) tahun penerbitan, (3) judul, termasuk subjudul, (4) tempat penerbitan, dan (5) nama penerbit.