Sukses

12 Macam-Macam Warna dan Artinya, Bisa Mencerminkan Kepribadian

Kenali macam-macam warna yang sering dikenakan dan pahami artinya.

Liputan6.com, Jakarta Macam-macam warna yang kerap digunakan ternyata bisa mencerminkan kepribadian seseorang. Macam-macam warna pun bisa dijadikan penilaian tentang keberuntungan karena menunjukkan simbol tertentu, yang bisa didapatkan oleh pemakainya.

Kepribadian dan keberuntungan ini bisa diamati dari macam-macam warna yang disertai dengan artinya. Menurut psikologi warna, merah dan kuning adalah macam-macam warna yang paling mencolok di mata. Merah mencerminkan keberanian dan kuning menunjukkan kebahagiaan.

Setiap orang pasti punya minimal satu warna favorit dari sekian banyak macam-macam warna yang ada. Dari sinilah penilaian tentang macam-macam warna dan artinya yang dapat menunjukkan kepribadian, dapat dijadikan penilaian. Mulai dari warna pakaian, sepatu, tas, rambut, lipstik, eyeshadow, interior, dan masih banyak lagi.

Berikut Liputan6.com ulas macam-macam warna dan artinya dari berbagai sumber, Selasa (23/2/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Macam-Macam Warna dan Artinya

Merah 

Di tradisi masyarakat Cina, pengantin menggunakan merah yang kontras dengan putih. Warna ini membawa keberuntungan yang baik. Di banyak kebudayaan Asia faktanya merah sering dihubungkan dengan kebahagiaan dan kemakmuran (juga dihubungkan dengan semangat).

Menggunakan sentuhan merah di palet tema pernikahan Anda akan memberi suasana ceria pada awal perjalanan sebagai suami dan istri. Merah merupakan simbol kekuatan, gairah, dan energi. Warna ini juga dapat memotivasi dan memberi energi seseorang.

Warna merah sangat cocok kamu gunakan untuk memacu semangat dalam menyelesaikan tugas, pekerjaan, dan kegiatan lainnya yang harus segera diselesaikan. Warna ini juga membantumu untuk meningkatkan kepercayaan diri.

Dalam warna Feng Shui, merah adalah salah satu macam-macam warna yang paling penting dan menjadi filsafat timur. Merah mewakili unsur api dan dianggap beruntung.

Merah juga dikaitkan dengan berani. Namun untuk orang-orang yang cemas atau terlalu aktif, mungkin warna merah di kamar tidur tidak disarankan. termasuk orang yang menderita insomnia.

Hijau 

Hijau merupakan warna kehidupan sehingga warna ini terhubung dengan emosi, keseimbangan, keamanan, dan stabilitas. Hijau juga dapat menginspirasi kesejahteraan dan recharge energy.

Tak kalah dengan macam-macam warna lainnya. Dalam Feng Shui, hijau terletak di jantung dalam sistem chakra dan merupakan perwakilan dari pertumbuhan dan keseimbangan.

Ketika ditempatkan di lokasi di rumah, warna hijau menandakan pertumbuhan dan kehidupan yang makmur. Ini adalah warna yang bagus untuk dekorasi rumah dan setiap gadis harus memiliki sesuatu berwarna hijau di lemari pakaiannya.

Hijau merupakan simbol dari kehidupan abadi, bersama dengan kelahiran kembali dan pembaruan. Ini adalah warna dan makna paling tepat untuk musim semi, saat semua mulai mekar lagi.

3 dari 7 halaman

Macam-Macam Warna dan Artinya

Kuning 

Kuning merupakan warna yang dapat memberikan rasa bahagia, ceria, selalu positif, tanpa rasa khawatir atau takut, dan membuat orang yang melihatnya menjadi fokus.

Kuning adalah salah satu macam-macam warna semangat dalam Feng Shui. Warna kuning, dianggap sebagai warna bahagia dan merangsang mental. Mungkin karena warnanya seperti matahari, membuat warna ini mewakili kekuatan dan energi dan aktivitas.

Dalam ilmu psikologi arti warna kuning merupakan simbol imajinasi, kepandaian, dan kebahagiaan. Penyuka warna kuning adalah tipe orang yang penuh petualangan, berinsting tajam, dan punya peluang baik dalam usaha atau bisnis yang dijalani.

Tidak hanya itu warna kuning adalah salah satu macam-macam warna yang mendiskripsikan intelektualitas. Bisa juga berarti optimis dan bisa juga tidak sabar dan pengecut.

Penyuka warna kuning cenderung memiliki kecerdasan tinggi. Mereka sangat tangkas dalam menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan ketangkasan. Mereka juga sangat mudah untuk fokus dan teliti dalam mengambil keputusan penting dalam hidup.

Putih 

Secara teknis, putih bukanlah warna, namun rona ini adalah yang paling popular dalam pernikahan. Putih sering diasosiasikan dengan kemurnian (berkaitan dengan gaun pengantin), cahaya dan bahkan iman.

Bahkan dikaitkan juga dengan kesempurnaan dan awal yang baru. Putih merupakan salah satu dari macam-macam warna yang melambangkan kemurnian dan kepolosan serta menjadi warna untuk bunga bakung Paskah yang memiliki banyak makna keagamaan.

Contohnya, lili putih Paskah disebut tumbuh di Taman Getsemani setelah penyaliban Kristus. Sementara dalam seni, bunga lili putih sering dikaitkan dengan the Virgin Maria sebagai simbol kemurniannya.

Putih mencerminkan kepolosan. Orang yang senang memakai warna Putih ingin meyakinkan orang lain dan dirinya sendiri akan kemurnian yang tidak mereka miliki. Mereka juga sangat cermat dalam hal penampilan.

4 dari 7 halaman

Macam-Macam Warna dan Artinya

Biru 

Warna biru dapat membuatmu merasakan kenyamanan dan kedamaian. Kita cenderung mengasosiasikan biru dengan warna air dan langit yang merupakan simbol kebebasan dan ketenangan.

Biru sangat cocok untuk relaksasi. Kamu bisa menggunakan warna biru sebagai ornamen rumahmu atau tempat lain yang membutuhkan kedamaian dan ketenangan.

Dalam Feng Shui, biru adalah salah satu dari macam-macam warna yang menyeimbangkan merah. Biru bersifat menenangkan api. Biru juga mewakili langit dan laut yang menandakan kedamaian, ketenangan dan kebenaran. Warna biru memang biasanya disukai orang namun saat Anda tertekan, sebaiknya hindari warna ini.

Merah Muda 

Warna merah muda banyak disukai wanita karena melambangkan sifat feminin. Warna ini juga menjelaskan daya tarik wanita. Selain memiliki arti feminim, warna ini pun memiliki makna kehangatan, kepedulian, dan mewakili rasa romantis.

Merah muda mewakili cinta tanpa syarat dan asmara maka itu perlu dicermati jika ada seorang yang ingin terlihat maskulin memakai pakaian berwarna merah muda ini.

Dari fuchsia hingga blush, pink adalah salah satu macam-macam warna dari kombinasi putih dan merah yang artinya perpaduan antara semangat yang tinggi dan kemurnian. Pink sering juga dihubungkan dengan feminitas, romantisme, harapan dan cinta tanpa syarat, membuatnya ideal untuk dijadikan pilihan warna hanya berdasar arti dari warnanya saja.

5 dari 7 halaman

Macam-Macam Warna dan Artinya

Hitam 

Menurut Feng Shui, seseorang yang menyukai warna hitam, memiliki kepribadian atau sifat yang elegan. Feng Shui merupakan sebuah ilmu kuno yang berasal dari Tiongkok, yang dipercaya bisa membantu memperbaiki kehidupan dengan energi positif

Hitam merupakan salah satu macam-macam warna yang menggambarnya kepribadian yang cuek. Orang yang cuek biasanya lebih menikmati menjalani kehidupannya, karena ia sering kali tidak menghiraukan orang lain, keadaan, pemikiran atau perasaan orang lain, yang ia anggap tidak penting untuk hidupnya. 

Orang yang menyukai warna hitam, cenderung memiliki kepribadian yang lebih suka melindungi diri sendiri. Orang ini pemberani dan ia tidak akan takut menghadapi apapun, jika ia merasa apa yang dilakukan adalah sesuai dengan kebenaran.

Pastel

Warna pastel adalah macam-macam warna yang mengarah ke warna muda dari jenis warna atau warna cerah. Misalnya saja warna biru, ketika bercampur dengan warna putih akan menjadi biru muda. Umumnya warna pastel, terlihat lebih cerah namun tidak begitu kuat warnanya.

Merupakan kombinasi antara warna merah dan putih. Warna merah yang selama ini diidentikkan dengan warna penuh dengan semangat, sensual, romantik, dan cinta. Sementara warna putih sendiri melambangkan kemurnian, kepolosan dan keterbukaan.

Abu-abu merupakan perpaduan warna antara hitam dengan putih. Warna hitam sendiri memberikan kesan suram, menakutkan namun elegan. Maka nggak banyak penghuni rumah berani mengaplikasikan warna ini pada properti di hunian mereka.

6 dari 7 halaman

Macam-Macam Warna dan Artinya

Cokelat 

Warna cokelat memiliki arti alami, sederhana, dan menghibur. Warna ini juga dapat membuat kita merasa di rumah sendiri ketika berada di suatu tempat dengan nuansa cokelat.

Anda yang menyukai warna cokelat biasanya suka tampil sederhana dan nyaman. Anda tidak merasa perlu tampil luar biasa. Anda menyukai hal apa pun secara apa adanya, dan tidak kesulitan menerima perubahan. Anda bisa diandalkan dan hemat. 

Warna cokelat mewakili bumi. Meskipun salah satu macam-macam warna ini bersifat kepuasan dan kedamaian, tapi ketika memulai sebuah proyek baru atau ketika Anda ingin berkembang dan melihat perubahan dalam hidup Anda, hindari warna ini.

Oranye 

Oranye merupakan perpaduan antara warna merah yang menunjukkan kehangatan dan kuning yang berarti keoptimisan. Sehingga warna ini dapat memberikan energi dan menstimulasi kamu dalam hal aktivitas fisik yang selalu berani dan optimis.

Oranye merupakan salah satu macam-macam warna yang dapat meningkatkan kreativitas dan kesenangan seseorang. Oranye adalah yang paling ramah dari Feng shui. Ini adalah warna ekstrovert dan orang-orang kreatif. Sebagai warna sosial, oranye merupakan pribadi yang bahagia, riang dan menyenangkan.

Individu yang menyukai warna Oranye selalu ingin jadi pusat perhatian, cenderung flamboyan, dan tidak suka memikirkan hal-hal serius. Mereka ramah dan orang-orang menyukai mereka karena hal itu. 

Menurut Faber Birren, yang mempelajari warna, mereka yang menyukai warna Oranye biasanya tidak ingin menikah. Jika pun mereka menikah, pernikahan akan cenderung dianggap remeh. 

7 dari 7 halaman

Macam-Macam Warna dan Artinya

Ungu 

Di beberapa kebudayaan, ungu memang sering dihubungkan dengan ritual pemakaman. Walau demikian, di Jepang ungu diibaratkan dengan kekuasaan dan di Mesir melambangkan kepercayaan, dan seperti biru juga warna ini melambangkan status bangsawan.

Dalam Feng Shui, warna ungu melambangkan kemewahan serta mewakili kebijaksanaan. Ungu diyakini memberikan keseimbangan mental, stabilitas, dan merupakan salah satu macam-macam warna pencerahan spiritual. Ungu merupakan warna favorit di kalangan bangsawan, sehingga warna ini sering dikaitkan dengan kemewahan.

Individu yang tertarik dengan warna Ungu memandang dunia dengan caranya sendiri. Mereka cenderung mempercayai mistis dan cara mereka yang unik memandang dunia kadang sulit dipahami oleh orang di sekitarnya. 

Biru Pirus

Warna biru sendiri memberikan efek menenangkan dan diyakini mampu mengatasi insomnia, kecemasan, tekanan darah tinggi dan migran. Jika ruangan berwarna biru dengan pemberian cahaya yang dikurangi, maka dapat memberikan nuansa ketenangan.

Anda bisa menggunakan warna biru pirus ini pada cat dinding kamar tidur. Warna biru pirus mengundang dimensi berbeda di kamar tidur. Warna cat dinding ini memberikan rasa ingin merebahkan diri di atas tempat tidurnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.