Sukses

20 Cara Mengecilkan Perut Buncit, Sehat dan Alami

Liputan6.com, Jakarta Cara mengecilkan perut harus dilakukan dengan aman dan sehat. Perut buncit menjadi masalah bagi pria maupun wanita. Lemak yang menumpuk di perut membuat perut tampak buncit dan mengganggu penampilan.

Perut buncit juga menjadi tanda adanya masalah metabolisme tubuh. Perut buncit dan kelebihan berat badan meningkatkan risiko masalah kesehatan seperti diabetes tipe 2 dan penyakit jantung. Ini sebabnya penting mengetahui cara mengecilkan perut buncit. 

Cara mengecilkan perut bisa terasa sulit karena gaya hidup yang dijalani. Cara mengecilkan perut buncit perlu dilakukan dengan menurunkan berat badan secara keseluruhan. Cara mengecilkan perut juga tak boleh sembarangan.

Cara mengecilkan perut buncit ini harus dilakukan dengan cara sehat dan aman. Berikut cara mengecilkan perut buncit, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin(23/02/2021).

2 dari 9 halaman

Cara mengecilkan perut buncit

Konsumsi cukup serat larut

Serat larut bisa meningkatkan rasa kenyang dan mencegah makan berlebihan. Ini menjadi cara mengecilkan perut dan menurunkan berat badan. Serat larut menyerap air dan membentuk gel yang membantu memperlambat makanan saat melewati sistem pencernaan. Makanan dengan serat larut di antaranya adalah biji-bijian, alpukat, dan aneka sayuran.

Konsumsi makanan tinggi protein

Cara mengecilkan perut buncit selanjutnya adalah mengonsumsi makanan tinggi protein. Konsumsi cukup protein bisa meningkatkan rasa kenyang dan menurunkan nafsu makan. Protein yang baik untuk mengecilkan perut adalah protein tanpa lemak. Ini bisa ditemukan di daging tanpa lemak, kacang-kacangan, dan polong-polongan.

Konsumsi ikan berlemak

Ikan berlemak adalah sumber protein sekaligus lemak sehat. Lemak sehat seperti omega-3 dalam ikan dapat membantu mengurangi lemak visceral di perut. Mengonsumsi lemak sehat dapat membantu mengurangi lemak tubuh secara keseluruhan dan mencegah berbagai penyakit kronis. Ikan berlemak yang bisa dikonsumsi seperti tongkol, salmon, sarden, teri, atau ikan kembung.

3 dari 9 halaman

Cara mengecilkan perut buncit

Coba cuka sari apel

Minum cuka sari apel memiliki manfaat kesehatan yang mengesankan, termasuk mengurangi lemak. Cuka sari apel dapat membantu mengurangi penyimpanan lemak perut. Mengonsumsi 1–2 sendok makan (15–30 mL) cuka sari apel per hari aman bagi kebanyakan orang dan dapat menyebabkan penurunan lemak ringan. pastikan untuk mengencerkannya dengan air, karena Cuka yang tidak diencerkan dapat mengikis enamel pada gigi.

Gunakan minyak kelapa untuk memasak

Cara mengecilkan perut yang cukup penting adalah mengurangi minyak trans. Kamu bisa menggantinya dengan minyak kelapa yang sehat. Lemak rantai menengah dalam minyak kelapa dapat meningkatkan metabolisme dan menurunkan jumlah lemak yang disimpan tubuh.

4 dari 9 halaman

Cara mengecilkan perut buncit

Konsumsi probiotik

Probiotik dapat membantu menurunkan berat badan, termasuk menghilangkan lemak perut. Bakteri yang terbukti mengurangi lemak perut termasuk anggota keluarga Lactobacillus.

Minum teh hijau

Teh hijau dikenal manfaatnya untuk menurunkan berat badan. Teh ini mengandung kafein dan antioksidan epigallocatechin gallate (EGCG) yang bisa meningkatkan metabolisme. EGCG juga termasuk senyawa yang bisa membantu menghilangkan lemak perut.

5 dari 9 halaman

Cara mengecilkan perut buncit

Kurangi karbohidrat olahan

Karbohidrat olahan rendah nilai gizi dan berkalori tinggi. Karbohidrat ini ada dalam roti putih, biji-bijian olahan, serta makanan dan minuman manis. Coba ganti karbohidrat olahan dengan karbohidrat kompleks. Karbohidrat kompleks ada di buah-buahan, sayuran, dan makanan biji-bijian.

Hindari lemak trans

Lemak trans ditemukan pada minyak goreng, margarin, fast food, dan makanan olahan lainnya. Lemak ini telah dikaitkan dengan peradangan, penyakit jantung, resistensi insulin, dan penambahan lemak perut. Untuk membantu mengurangi lemak perut dan melindungi kesehatan, hindari konsumsi lemak trans dan ganti dengan lemak sehat.

Hindari stres

Cara mengecilkan perut buncit yang tak kalah penting adalah menghindari stres. Stres membuat nafsu makan bisa meningkat dan mendorong penyimpanan lemak perut. Pelepasan hormon stres kortisol memengaruhi nafsu makan seseorang dan dapat menyebabkan makan lebih banyak.

6 dari 9 halaman

Cara mengecilkan perut buncit

Hindari makanan manis

Makanan manis dengan gula yang tinggi sangat terkait dengan peningkatan lemak perut. Asupan gula yang berlebihan merupakan penyebab utama kenaikan berat badan pada banyak orang. Batasi asupan permen dan makanan olahan yang tinggi gula tambahan.

Hindari minuman dengan gula tambahan

Minuman manis dengan gula tambahan perlu dihindari dalam cara mengecilkan perut. Minuman manis menyebabkan peningkatan lemak perut. Otak tidak memproses kalori cair dengan cara yang sama seperti otak padat, ini membuat kemungkinan besar mengonsumsi terlalu banyak kalori di kemudian hari dan menyimpannya sebagai lemak.

Hindari alkohol

Terlalu banyak alkohol dapat menyebabkan perut buncit. Mengurangi alkohol dapat membantu mengurangi ukuran perut. Mengkonsumsi alkohol secara berlebihan juga dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, termasuk penyakit lever dan peradangan.

7 dari 9 halaman

Cara mengecilkan perut buncit

Olahraga kardio

Kardio atau olahraga aerobik cara mengecilkan perut yang efektif membakar kalori. Olahraga dapat menyebabkan penurunan berat badan di seluruh tubuh, termasuk di sekitar perut.

Lakukan latihan ketahanan

Latihan ketahanan, juga dikenal sebagai angkat beban atau latihan kekuatan, penting untuk menjaga dan menambah massa otot. Latihan ketahanan juga bisa bermanfaat untuk menghilangkan lemak perut.

Terus bergerak

Cara mengecilkan perut yang perlu dilakukan setiap saat adalah terus bergerak. Bergerak lebih banyak juga dapat memperkuat otot dan meningkatkan mood. Hindari banyak berbaring setiap hari. Pastikan untuk melakukan peregangan secara teratur saat duduk dalam waktu lama. Cobalah untuk berolahraga secara rutin.

8 dari 9 halaman

Cara mengecilkan perut buncit

Cukup tidur

Cara mengecilkan perut buncit selanjutnya adalah mendapatkan cukup tidur. Orang yang tidak cukup tidur cenderung berisiko mengalami kenaikan berat badan, termasuk meningkatnya lemak perut. Selain tidur minimal 7 jam per malam, pastikan untuk mendapatkan tidur yang cukup berkualitas.

Coba puasa intermiten

Puasa intermiten adalah pola makan yang berputar antara periode makan dan periode puasa. Puasa intermiten bisa membantu mengurangi lemak tubuh.

9 dari 9 halaman

Cara mengecilkan perut buncit

Berhenti merokok

Berhenti merokok dapat menjadi cara mengecilkan perut buncit. Merokok merupakan faktor risiko peningkatan lemak perut, serta banyak masalah kesehatan serius lainnya. Berhenti secara signifikan dapat mengurangi risiko kelebihan lemak perut, serta meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Lacak asupan makanan dan olahraga

Melacak asupan makanan dan rutinitas olahraga bisa membantu cara mengecilkan perut. Strategi ini telah terbukti bermanfaat untuk menurunkan berat badan. Pelacak makanan membantu melihat asupan protein, karbohidrat, serat, dan mikronutrien yang dikonsumsi.