Sukses

6 Kota Terbesar di Dunia dan Punya Sejarah Panjang, Istanbul Didirikan Tahun 660 SM

Sederet kota terbesar di dunia ini, perkembangannya bikin takjub.

Liputan6.com, Jakarta Setiap kota di dunia tentunya mengalami perkembangan yang sangat pesat. Walaupun ada banyak perubahan di kota tersebut, namun bangunan-bangunan yang identik dengan sejarahnya kerap dipertahankan. Hal tersebutlah menjadi salah satu alasan wisatawan mengunjungi kota yang penuh dengan keindahan. 

Seiring dengan perkembangan zaman, beberapa kota terbesar di dunia ini juga ikut berkembang. Bahkan berkembangnya zaman membuat seseorang memilih untuk berpindah dari satu negara ke negara lainnya. Tak heran jika kemudian populasi di beberapa negara terbesar ini berkembang pesat.

Setiap kota tentunya memiliki keindahannya masing-masing, tak terkecuali kota-kota terbesar di dunia. Bahkan kota-kota terbesar di dunia ini populasi penduduknya semakin berkembang pesat. Tentunya dapat dibayangkan seberapa luasnya kota-kota tersebut sampai jumlah penduduknya saja berkembang pesat.

Berikut Liputan6.com merangkum dari Brainberries tentang kota terbesar di dunia dan populasinya semakin berkembang pesat, Rabu (24/2/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Shanghai, China

Shanghai merupakan kota terbesar atau terluas di China dan dunia. Kini populasi penduduk Shanghai sekitar 24 juta jiwa. 4 juta lebih banyak dari Beijing, dimana jumlah populasi penduduk di Beijing sudah menginjak 20 juta jiwa. Kemudian disusul oleh Kota Tianjin memiliki populasi 12,7 juta jiwa. Sejarah Kota Tianjin juga sarat dengan kolonialisme, sehingga terdapat perpaduan arsitektur tradisional Cina dan Eropa.

Kota Shanghai, China adalah kota yang terletak di lokasi yang strategis di Delta Sungai Yangtze dan merupakan kota tersibuk di dunia. Lokasi Kota Shanghai yang strategis pernah menjadikannya titik pertikaian Inggris dan Prancis, yang ingin menguasai kota pada abad ke-19. Selama perang dunia ke 2, Jepang menginginkan untuk memiliki kota tersebut.

Kota Shanghai juga merupakan salah satu kota yang yang sejarahnya cukup kental. Kesuksesan Kota Shanghai dan populasi penduduknya yang berkembang pesat tentu saja tak terlepas dari sejarah. Saat ini, Shanghai adalah pusat perdagangan Tiongkok modern, dan telah dilaporkan menunjukkan pertumbuhan dua digit dalam populasi dan hasil ekonominya sejak 1992.

3 dari 7 halaman

2. Istanbul, Turki

Kota Istanbul, Turki merupakan salah satu kota yang ingin dikunjungi oleh banyak orang. Budaya dan keindahan Kota Istanbul membuat kota tersebut menjadi tujuan wisatawan untuk habiskan waktu liburan. Turki juga merupakan salah satu negara yang menyimpan banyak sejarah unik tentang dunia bahkan tentang agama.

Ibukota Turki ini didirikan pada 660 SM di kekaisaran Bizantium. Sejak saat itu, kota ini menjadi ibu kota kekaisaran Romawi, Bizantium, Latin, dan Utsmaniyah, yang sekarang menjadi ibukota Turki. Seiring dengan perkembangan zaman, kota tersebut juga mengalami perkembangan yang cukup pesat. Saat ini, Kota Istanbul memiliki populasi 14,6 juta orang dan menarik jutaan orang tambahan yang datang ke Istanbul sebagai turis setiap tahun.

Sejarah Kota Istanbul yang cukup panjang dan kaya juga diketahui oleh banyak masyarakat dunia tentunya membuat Kota Istanbul, Turki sangat menarik bagi wisatawan yang tertarik dengan sejarah, budaya, seni, dan hiburan secara umum.

4 dari 7 halaman

3. Tokyo, Jepang

Kota Tokyo, Jepang tentunya sudah tak asing lagi di telinga masyarakat dunia. Sama seperti Kota Istanbul, Tokyo juga merupakan salah satu kota yang memiliki sejarah unik dan menarik sehingga menarik perhatian wisatawan. Tempatnya yang nyaman dan indah bahkan membuat kota tersebut menjadi pilihan untuk mahasiswa melanjutkan studinya.

Saat ini, populasi Tokyo adalah 13,6 juta orang. Kota Tokyo merupakan rumah bagi 51 dari 500 perusahaan Fortune dan peringkat ke-4 di Indeks Kota Global. Selain itu, hal menarik lainnya yakni Kota Tokyo merupakan salah satu kota modern di dunia, dimana kota tersebut berhasil memanfaatkan populasinya yang berkembang pesat dan menyesuaikan infrastrukturnya dengan semestinya.

5 dari 7 halaman

4. Moskow, Rusia

Kota Moskow, Rusia adalah kota terbesar selanjutnya. Populasi penduduk ibukota Rusia ini yakni sudah menginjak 13,1 juta jiwa. Pertumbuhan penduduk kota yang konstan telah mengakibatkan perluasan perbatasan kota secara bertahap. Perkembangan kota yang cukup baik membuat kota tersebut kerap mengalami perluasan dan perubahan.

Seiring denga perkembangan zaman, Kota Moskow semakin menarik mata masyarakat dunia sehingga banyak orang yang kemudian memilih untuk berpindah dan tinggal di kota. Hal ini menyebabkan kemacetan lalu lintas yang parah setiap pagi dan sore hari, selama jam sibuk sibuk. Meski demikian, kota ini memiliki banyak kawasan hijau dan arsitektur yang unik.

6 dari 7 halaman

5. Manila, Filipina

Kota terbesar selanjutnya adalah kota yang terletak di salah satu negara di Asia Tenggara yakni Manila, Filipina. Manila merupakan salah satu kota yang juga menyimpan ragam keindahan yang juga selalu berhasil menarik mata masyarakat dunia untuk mengunjungi kota tersebut. Saat ini Manila memiliki populasi 12,8 juta orang.

Kota Manila didirikan oleh orang Spanyol pada tahun 1571, tetapi tata letak kota Manila yang modern direncanakan oleh perencana kota Amerika, Daniel Burnham, pada tahun 1905. Manila adalah ibu kota Filipina yang juga merupakan kota pelabuhan yang melihat banyak perdagangan.

Manila adalah kota di Filipina yang sangat rawan bencana alam seperti banjir, tsunami, dan angin topan. Walaupun begitu, populasi penduduknya kian bertambah dan selalu menyita perhatian siapapun yang datang berkunjung ke negara tersebut.

7 dari 7 halaman

6. Mumbai, India

Kota terbesar selanjutnya yang juga didukung dengan populasi penduduk yang semakin berkembang pesat adalah Kota Mumbai, India. Kota Mumbai berada di pantai barat anak benua India, dan didirikan oleh Inggris pada abad ke-17 dan kini jumlah populasinya sudah menyentuh angka 12,4 juta orang.

Terletak di pantai barat anak benua India dan menjadi kota pesisir tentunya membantu pertumbuhannya. Pada pertengahan abad ke-18 Mumbai menjadi kota yang berkembang pesat yang menjadi pusat perdagangan dan manufaktur. Mumbai juga merupakan pusat industri Bollywood, menjadikannya kota dengan salah satu PDB tertinggi di dunia.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini