Sukses

12 Cara Cepat Hamil yang Ampuh, Hitung Masa Subur Setelah Menstruasi

Liputan6.com, Jakarta Banyak pasangan suami istri yang ingin segera mendapat momongan tetapi tidak memperhatikan cara cepat hamil yang ampuh. Bukan hanya penting dilakukan dan diperhatikan oleh wanita, tetapi pria wajib memahaminya juga.

Cara cepat hamil bagi wanita bisa di mulai dari menghitung masa subur setelah menstruasi untuk mengenali masa ovulasinya tiba. Namun, pahami bahwa perhitungan bagi wanita yang teratur menstruasi dan tidak tertur sedikit berbeda, jangan asal menghitung! 

Bagi pria khususnya, cara cepat hamil yang ampuh harus memperhatikan pakaian yang dikenakan untuk menutupi alat vitalnya, jangan memakai yang terlalu ketat. Selain itu, pahami porsi dan posisi hubungan seks yang memudahkan sel sperma menuju sel telur.

Memperhatikan gaya hidup seperti olahraga, memenuhi asupan nutrisi, pola makan, sampai konsultasi dengan dokter juga termasuk kunci cara cepat hamil. Berikut Liputan6.com ulas cara cepat hamil yang ampuh dari berbagai sumber, Rabu (24/2/2021).

2 dari 7 halaman

Cara Cepat Hamil yang Ampuh

Perhatikan Gaya Hidup

Gaya hidup sehat memengaruhi potensi hamil seorang wanita. Cara cepat hamil yang ampuh bisa di mulai dengan menghentikan untuk melakukan kebiasaan buruk seperti merokok, konsumsi obat-obatan, dan minum alkohol. Kebiasaan buruk ini dapat memberikan dampak negatif bagi tubuh Anda.

Adanya kandungan yang tidak sehat dalam rokok dan alkohol dapat menurunkan kesuburan, bahkan membuat janin yang Anda kandung dapat lahir prematur, cacat, bahkan keguguran.

Aktif beraktivitas merupakan salah satu cara cepat hamil yang bisa dilakukan. Namun, aktivitas fisik yang berlebihan seperti terlalu banyak olahraga berat dapat mengganggu ovulasi.

Dokter melihat banyak gangguan menstruasi pada wanita yang melakukan olahraga berat. Oleh karena itu, penting untuk mengurangi latihan berlebihan jika Anda ingin hamil.

Cara cepat hamil yang ampuh perlu memperhatikan masalah psikologis. Faktor psikologis merupakan hal utama dalam upaya program kehamilan. Kesehatan mental yang buruk juga dapat menghambat program hamil.

Penuhi Asupan Nutrisi

Mengonsumsi makanan yang tepat dengan kandungan nutrisi lengkap, merupakan cara cepat hamil yang ampuh. Jenis makanan dengan nutrisi yang baik bisa berasal dari asupan sayur dan buah.

Kedua jenis makanan ini banyak mengandung vitamin dan mineral agar kesuburan lebih optimal. Vitamin dan mineral yang sangat dibutuhkan tersebut seperti vitamin E, vitamin C, vitamin B6, vitamin B12, zinc, omega-3, beta karoten, arginin, dan l-carnitine.

Selain itu, cara cepat hamil yang ampuh bisa dengan mencukupi tubuh pakai asam folat selama satu bulan penuh. Hal ini dapat membantu Anda mengurangi risiko bayi terlahir cacat.

Kandungan asam folat tinggi bisa berasal dari sayuran hijau seperti bayam, brokoli, sereal, kacang hijau, serta lain sebagainya. Jumlah konsumsi yang disarankan sekitar 400 mcg (mikrogram) asam folat tiap harinya.

Namun, lebih baik untuk tidak banyak mengonsumsi makanan yang mengandung kadar vitamin A tinggi. Hal ini dikarenakan kadar vitamin A yang berlebihan berisiko menurunkan kesehatan kehamilan dan dapat menyebabkan janin yang dikandung mengalami cacat.

3 dari 7 halaman

Cara Cepat Hamil yang Ampuh

Mulai Hitung Masa Subur untuk Menstruasi Teratur

Menghitung masa subur bagi yang menstruasinya teratur sangat mudah dan ini kunci dari cara cepat hamil. Perhitungan dimulai pada hari pertama menstruasi, saat dinding rahim meluruh dan menjadi darah.

Pada masa menstruasi, sel telur akan berkembang di dalam ovarium. Saat sel telur sudah matang, ovarium akan melepaskan sel telur tersebut. Proses ini disebut ovulasi.

Proses ovulasi terjadi sekitar 12-16 hari sebelum menstruasi. Masa subur terjadi 5-6 hari sebelum masa ovulasi. Pada umumnya rata-rata wanita mengalami masa subur antara hari ke 10 - 17 (setelah hari pertama menstruasi).

Cara menghitung masa subur dengan siklus menstruasi teratur, mudah saja. Caranya yaitu mengurangi hari pertama menstruasi yang berikutnya dengan 14, lalu masa suburnya akan diketahui.

Misalnya: menstruasi mulai tanggal 2 Juli, tambahkan dengan 28, dan itu adalah hari pertama menstruasi berikutnya, jadi 30 Juli. Setelah itu kurangi 30 dengan 14, dan ketemulah masa subur. 30 - 14 = 16, maka masa suburnya jatuh tanggal 16 Juli.

Mulai Hitung Masa Subur untuk Menstruasi Tidak Teratur

Setelah mengetahui cara menghitung masa subur teratur, cara cepat hamil perlu dilakukan bagi yang menstruasinya tidak teratur. Cara menentukan masa suburnya agak sedikit rumit, karena harus mengetahui siklus menstruasi minimal 6 bulan terakhir.

Satu siklus menstruasi dihitung dari hari pertama menstruasi sebelumnya sampai dengan hari pertama menstruasi berikutnya. Setelah itu, hitung dengan cermat berapa jumlah hari dan masing-masing siklus menstruasi selama 6 kali berturut-turut dan kemudian lihat berapa hari siklus terpanjangnya dan berapa hari juga siklus terpendeknya.

Misalnya: siklus menstruasi selama 6 bulan berturut-turut adalah 29 hari, 31 hari, 27 hari, 28 hari, 26 hari, 30 hari. Melihat contoh tersebut, maka siklus menstruasi terpendek adalah 26 hari dan siklus terpanjang 31 hari. Sampai di sini masa subur bisa diketahui sendiri.

Ketahui siklus menstruasi terpendek, misalnya 26 hari. Kurangi angka ini dengan 18, maka hasilnya 6. Angka ini adalah hari pertama pada posisi paling subur. Setelah itu ketahui siklus terpanjang menstruasi, misalnya 31 hari. Kurangi angka ini dengan angka 11, maka hasilnya 20. Angka ini adalah hari terakhir masa subur yang dimiliki.

4 dari 7 halaman

Cara Cepat Hamil yang Ampuh

Melakukan hubungan seks saat muncul tanda ovulasi atau masa subur merupakan salah satu cara cepat hamil yang ampuh. Ada sekitar enam tanda yang cukup mencolok selain gairah seks tinggi.

Perhatikan Tanda Ovulasi di Tubuh

1. Merasa Lebih Seksi

Wanita yang merasa seksi dan genit menjadi salah satu tanda masa subur wanita. Selain itu, wanita juga akan nampak lebih menarik dan cantik pada masa ini. Bahkan, secara alami wanita ini akan mengeluarkan aroma tubuh yang cukup menggairahkan.

2. Perubahan Air Liur

Jika merasa ada perubahan pada air liur atau saliva, misal terasa lebih kering. Kondisi ini termasuk tanda masa subur wanita. Hal ini terjadi karena pengaruh hormon progesteron dan estrogen. Kedua hormon ini mengubah konsistensi air liur yang kering dan membentuk motif menyerupai kristal pada lidah.

3. Payudara Nyeri

Payudara yang terasa nyeri termasuk tanda masa subur wanita. Nyeri ini terasa beberapa saat saja tepat setelah masa haid berakhir. Jika nyeri yang dirasa lebih lama seperti ketika haid, harus lebih diwaspadai.

Perhatikan Tanda Ovulasi di Vagina

4. Muncul Bercak Cokelat

Perut yang terasa sakit pada bagian bawah disertai keluarnya cairan kecokelatan menjadi tanda masa subur wanita. Wanita sedang mengalami masa ovulasi dan siap untuk dibuahi. Istilah medisnya Mittelchmerz.

5. Rahim Lembut

Ketika rahim terasa lebih terbuaka dan lembut, ini tanda masa subur wanita. Secara alami, rahim yang lebih terbuka membuat vagina terasa lembut.

Sebab, cairan pelumas vagina menjadi lebih banyak diproduksi. Menjadi sebuah tanda wanita siap melakukan reproduksi.

Cairan vagina yang lebih melar seperti putih telur juga tanda masa subur wanita. Kondisi ini terjadi ketika wanita lebih banyak memroduksi hormon esterogen.

6. Perut Kembung

Ketika merasakan perut lebih kembung, ini adalah kabar baik untukmu. Perut kembung adalah tanda masa subur wanita. Jangan sampai melewatkannya. Kebung ini akan terasa tiba-tiba dan hilang dengan sendirinya. Kembung terjadi ketika ada peningkatan retensi air akibat kadar estrogen tubuh meningkat.

5 dari 7 halaman

Cara Cepat Hamil yang Ampuh

Tingkatkan Frekuensi Seks

Meningkatkan frekuensi berhubungan seks menjadi salah satu cara cepat hamil yang ampuh. Pastikan saat berhubungan seks tidak menggunakan alat kontrasepsi agar kemungkinan hamil meningkat. Akan tetapi jangan melakukannya berlebihan, serta hindari hubungan seks ketika menstruasi.

Sperma sendiri bisa diproduksi tiap tiga hari sekali. Maka dari itu hubungan seks untuk segera mendapatkan anak sebanyak 2-3 kali dalam seminggu.

Kemudian, supaya kemungkinan hamil bisa meningkat, wanita dianjurkan untuk langsung berbaring di tempat tidur selama 10 hingga 15 menit setelah selesai berhubungan seks.

Lakukan Pemeriksaan ke Dokter

Bukan hanya meningkatkan frekuensi hubungan seks, cara cepat hamil yang ampuh perlu konsultasi dengan dokter. Hal ini penting terutama sebelum menjalankan program kehamilan.

Pasangan yang telah menikah sebaiknya diperiksa secara bersamaan agar cara cepat hamil lebih efektif. Di sini dokter akan memberikan penanganan lanjut untuk menunjang keberhasilan program kehamilan.

Bagian organ reproduksi istri dan suami perlu diperiksa terlebih dahulu, agar mengetahui apakah organ reproduksi dari keduanya dalam kondisi normal atau tidak.

Hal ini sangat berdasar, karena organ reproduksi yang normal akan menghasilkan sperma serta sel telur yang baik. Maka organ reproduksi yang baik sangat berperan dalam peningkatan peluang terjadinya kehamilan.

6 dari 7 halaman

Cara Cepat Hamil yang Ampuh

Perhatikan Pakaian

Kehamilan bukan hanya wanita yang perlu memerhatikan kondisi tubuhnya, melainkan pasangan prianya. Bagi pria cara cepat hamil untuk pasangan, dianjurkan menghindari pakaian dalam atau celana ketat karena dapat memperburuk kualitas sperma.

Sama halnya dengan berendam di air panas, sauna ataupun sering duduk di atas mesin motor. Berendam dengan air panas juga tidak disarankan bagi pria.

Mengapa tidak disarankan berendam dengan air panas? Sebab suhu panas bisa merusak kualitas sperma. Maka menjadi sangat penting terutama bagi para pria, untuk menghindari berendam di dalam air panas selama program hamil.

Pastikan untuk istirahat cukup sebagai salah satu cara cepat hamil yang ampuh. Pastikan Anda dan pasangan mendapat tidur berkualitas selama 8 jam tiap malam. Tidur malam berguna untuk mengoptimalkan hormon-hormon yang berfungsi dalam reproduksi.

Mulai Hindari Alkohol dan Rokok

Berdasar penelitian berjudul Alcohol and Infertility yang diterbitkan Journal of Human Reproductive Sciences bisa disimpulkan, bahwa kebiasaan yang harus dihindari sebagai salah satu cara cepat hamil yang ampuh adalah minum alkohol.

Konsumsi minuman dengan kandungan alkohol tiap hari bisa menurunkan kadar testosteron serta jumlah sperma. Bahkan alkohol akan meningkatkan jumlah sperma abnormal.

Selain berhenti konsumsi alkohol, cara cepat hamil yang ampuh perlu menghentikan kebiasaan merokok. Kebiasaan ini bisa menurunkan kinerja dan kualitas sperma yang sehat, terutama ketika menjalani program hamil. Itulah mengapa, salah satu cara cepat hamil perlu berusaha menghentikan kebiasaan merokok.

7 dari 7 halaman

Cara Cepat Hamil yang Ampuh

Perhatikan Posisi Hubungan Seks

Pasangan yang ingin segera mendapat momongan perlu tahu cara cepat hamil dengan memperhatikan posisi seks. Gaya misionaris dilakukan dengan cara posisi wanita berbaring telentag di bawah pria.

Kemudian sang suami melakukan penetrasi melalui memasukkan penis ke dalam vagina istri dari atas tubuh menjalar ke bawah.

Posisi hubungan seks selanjutnya, doggy style. Langkah awal dengan sang suami yang melakukan penetrasi dari belakang tubuh wanita. Bisa dilakukan dengan cara berdiri ataupun berlutut.

Hasil studi oleh para ilmuwan, dengan melakukan pemindaian atau scan untuk melihat yang terjadi dalam tubuh pada saat penggunaan dua posisi bercinta di atas. Pemindaian menunjukkan, bahwa kedua posisi tersebut memang memberikan kesempatan guna terjadinya penetrasi yang lebih dalam.

Jarak sperma menuju rahim menjadi semakin dekat, sehingga kemungkinan hamil semakin besar. Meski belum bisa menjamin 100 persen, namun bisa dicoba sebagai cara cepat hamil.

Pastikan Mencapai Organsme

Beberapa riset membuktikan, wanita yang mencapai orgasme akan membantu sperma berpindah dari serviks menuju saluran tuba, karena rahim berkontraksi secara optimal untuk menerima pembuahan sperma. Maka cara cepat hamil dengan memastikan organsme sangat penting.

Orgasme yang dicapai oleh wanita akan mendorong sperma menuju tuba fallopi untuk segera bertemu sel telur, serta membuat wanita lebih kantuk. Ketika istri tertidur, berarti membuatnya lebih lama berbaring dan baik dalam proses pembuahan.

Alangkah baiknya lagi tidurnya disanggah oleh bantal yang diletakkan di bawah paha, sekitar 10 hingga 15 menit setelah melakukan posisi seks yang tepat. Posisi bantal yang menyangga akan membantu sel sperma untuk berenang ke arah yang benar dan bertemu sel telur.