Sukses

Arti LOL dalam Bahasa Gaul, Ketahui Waktu Tepat Menggunakannya

Arti LOL termasuk bahasa slang atau bahasa gaul saat ini.

Liputan6.com, Jakarta Arti LOL banyak digunakan dalam percakapan teks sehari-hari. Singkatan ini sering digunakan dalam chat atau postingan media sosial. Arti LOL merupakan singkatan kekinian yang populer di seluruh dunia.

Arti LOL termasuk bahasa slang atau bahasa gaul saat ini. Arti LOL cocok digunakan dalam percakapan santai bersama teman dan orang-orang terdekat. Arti LOL menjadi salah satu ekspresi yang paling banyak digunakan di era digital saat ini.

Arti LOL telah menjadi representasi dari sedikit hiburan atau penanda bahwa pesan tersebut ditafsirkan dengan ringan. Sebenarnya apa sih arti dari LOL?

Mengetahui arti singkatan ini bisa membantumu kapan harus menggunakan bahasa gaul ini. Berikut arti LOL dan kapan harus menggunakannya, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu (24/02/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Mengenal arti LOL

Arti LOL adalah singkatan dari laugh out loud. Dalam bahasa Indonesia, arti LOL adalah tertawa terbahak-bahak. Tanggapi dengan LOL menunjukkan bahwa menurutmu ada sesuatu yang sangat lucu. LOL kebanyakan digunakan dalam percakapan online seperti SMS, chat, dan media sosial.

Tidak ada aturan kapitalisasi untuk LOL. Ini karena LOL merupakan bahasa gaul yang tidak terikat dengan penulisan baku apapun. LOL dan banyak akronim serupa sering dieja dalam huruf besar, tetapi ejaan huruf kecil dapat diterima dengan sempurna dan memiliki arti yang sama.

Secara gramatikal, LOL diklasifikasikan sebagai kata kerja dan kata seru, atau kata yang mengekspresikan emosi yang kuat. LOL biasanya lebih kuat dari "ha" atau "haha" yang lebih sederhana.

3 dari 5 halaman

Kapan waktu yang tepat untuk menggunakan LOL

Arti LOL mengindikasikan sebuah humor atau keceriaan. LOL bisa kamu gunakan saat menemukan sesuatu atau berada dalam momen yang lucu. LOL menunjukkan bahwa benar-benar tertawa terbahak-bahak. Variasi dari LOL termasuk LOLZ, LML, dan LULZ.

LOL biasanya digunakan untuk menanggapi sesuatu yang lucu. Ini seperti melihat meme, membaca lelucon, menonton video lucu, atau membaca cerita konyol. Pastikan kamu menggunakan LOL pada waktu yang tepat.

LOL paling baik digunakan untuk komunikasi informal. Ini seperti percakapan dengan teman atau dengan orang-orang yang sudah akrab denganmu. Penggunaan LOL dalam percakapan formal seperti dengan atasan atau klien pastinya dianggap tidak profesional.

4 dari 5 halaman

Singkatan gaul bahasa Inggris lainnya

Selain LOL ada banyak singkatan gaul dalam bahasa Inggris. Kamu bisa menggunakan singkatan ini untuk percakapan sehari-hari. Dengan singkatan gaul ini, kosa kata percakapanmu jadi bertambah dan lebih bervariasi. Berikut singkatan gaul bahasa Inggris yang populer:

ASAP: As Soon As Possible. Kata gaul ini biasanya digunakan untuk menganjurkan kepada teman untuk melakukan sesuatu sesegera mungkin.

4EAE: singkatan dari Forever and Ever yang artinya selama-lamanya.

AFAIK: singkatan dari As Far As I Know, artinya sepengetahuanku atau sejauh yang aku tahu.

AKA: singkatan dari As Known As, artinya dikenal juga atau alias.

Anw: singkatan dari Anyway, artinya ngomong-ngomong.

b/c: singkatan dari because, artinya karena.

BRB: Be Right Back. Singkatan BRB ini umumnya digunakan untuk menginformasikan ketika kita ingin meninggalkan percakapan untuk sementara waktu.

BTW: MBy The Way. Istilah gaul BTW sama juga artinya dengan istilah ‘ngomong-ngomong’.

CMIIW: Correct Me If I’m Wrong, yang jika diterjemahkan ke bahasa Indonesia dapat berarti ‘koreksi jika saya salah’.

DGMW: Don't get me wrong. Artinya jangan salah paham.

FYI: For Your Information. Kata ini biasa digunakan di media sosial untuk memberitahu tambahan informasi.

GG atau GGWP: Good Game atau Good Game, Well Played. Singkatan ini biasa digunakan oleh para gamer setelah pertandingan dengan orang lain secara online usai. Kata ini digunakan buat menunjukkan sikap sportif.

GWS: Get Well Soon, yang berarti semoga cepat sembuh.

IDK: singkatan dari I Don’t Know, artinya aku tidak tahu.

IKR: singkatan dari I Know, Right? artinya aku tahu, kan?

IMO: singkatan dari In My Opinion, artinya menurutku.

IYKWIM: singkatan dari If You Know What I Mean, artinya kalau kamu tahu maksudku.

J/K: singkatan dari Just Kidding, artinya hanya bercanda.

Kepo: Merupakan akronim dari kalimat Knowing Every Particular Object, yang berarti atau ditujukan kepada orang yang serba ingin tahu.

5 dari 5 halaman

Singkatan gaul bahasa Inggris lainnya

LMAO: singkatan dari Laughing My Ass Off, artinya tertawa ngakak.

OOT: Out of Topic. Singkatan ini merupakan peringatan dan tanggapan yang dilontarkan ketika membahas sesuatu di luar dari kategori dan topik yang sudah ditetapkan.

OOTD: Outfit of The Day. Kata ini biasa digunakan dalam caption media sosial untuk unggahan foto satu badan penuh menjelaskan apa paduan pakaian yang digunakan hari ini.

OTW: On The Way, yang berarti sedang di jalan atau perjalanan.

PAP: Post a Picture. Digunakan untuk meminta seseorang mengirim foto terkininya.

ROTFL: singkatan dari Rolling On The Floor Laughing, artinya tertawa sampai terguling-guling.

SYS: singkatan dari See You Soon, artinya sampai ketemu lagi.

TGIF: singkatan dari Thanks God it’s Friday, artinya semangat menuju akhir pekan.

TQ/THX: Thank You. Artinya terima kasih.

YMMD: You made my Day. Artinya kamu telah membuat hariku menjadi lebih baik.

WTH: What the Hell / What the Heck artinya apa apaan.

XOXO: singkatan dari Hugs and Kisses, artinya peluk dan cium.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini