Sukses

15 Cara Memutihkan Wajah dengan Cepat dan Aman, Gunakan Bahan Alami

Cara memutihkan wajah bisa dilakukan dengan berbagai metode.

Liputan6.com, Jakarta Cara memutihkan wajah bisa dilakukan dengan berbagai metode. Dari menggunakan peralatan modern nan canggih hingga menerapkan beberapa bahan alami pada wajah bisa kamu lakukan. Membuat wajah lebih putih dan cerah tentu diinginkan banyak orang.

Penggunaan peralatan modern bisa membuat kamu mendapatkannya dengan praktis, namun hal ini tentu memakan biaya yang tidak sedikit. Oleh karena itu, banyak orang yang memilih penggunaan bahan-bahan alami yang lebih murah dan aman sebagai perawatan wajah.

Cara memutihkan wajah secara alami tentunya akan menghemat pengeluaran dan aman digunakan. Bahan-bahan seperti buah, tanaman sayur, dan bahan sehat lainnya dapat kamu gunakan untuk memutihkan wajah dengan penerapan rutin.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (24/2/2021) tentang cara memutihkan wajah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Jeruk Nipis, Bengkuang, dan Mentimun

Jeruk Nipis

Cara memutihkan wajah yang pertama adalah dengan jeruk nipis. Hal ini berkaitan dengan kandungan jeruk nipis yang kaya antioksidan dan vitamin C. Hal ini akan membantu kulit agar terhindar dari jerawat, mencerahkan wajah, mengatasi minyak berlebih, dan mengangkat sel kulit mati.

Bukan hanya berfungsi untuk memutihkan kulit wajah, tetapi kandungan vitamin C pada jeruk neipis juga mampu menangkal radikal bebas.

Cara memutihkan wajah dengan jeruk nipis juga cukup mudah, yaitu:

1. Belah jeruk menjadi dua bagian

2. Oleskan pada wajah secara merata

3. Diamkan selama 30 menit sampai mengering

4. Bilas dengan air bersih

5. Lakukan cara ini secara teratur 2-3 kali seminggu.

Bengkuang

Cara memutihkan wajah selanjutnya tentu sudah banyak kamu dengar, yaitu dengan bengkuang. Bahkan, mungkin kamu sangat sering mendengarkan adanya produk kecantikan yang menggunakan bengkuang sebagai bahan utamanya. Hal ini karena bangkuang kaya akan vitamin B dan juga vitamin C untuk memutihkan wajah dan juga menjaga kulit tetap cerah. 

Kamu hanya perlu memarut bengkuang hingga benar-benar lembut. Kemudian peras parutan tersebut hingga mengeluarkan sari-sari bengkoang. Kamu bisa menggunakan sari bengkuang sebagai masker wajah.

Diamkan pada wajah selama kurang lebih 20 menit, setelah itu bilas menggunakan air hingga bersih. Kamu bisa menggunakannya secara rutin dan juga teratur agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Mentimun

Mentimun dikenal kaya mineral dan vitamin yang dapat menyegarkan kulit. Jika kamu mengalami wajah kusam, maka mentimun menjadi salah satu cara ampuh untuk mengatasinya.

Berikut cara penggunaannya:

1. Iris timun tipis-tipis.

2. Tempelkan pada wajah secara merata.

3. Diamkan selama 30 menit dan basuh wajah hingga bersih.

3 dari 6 halaman

Tepung Beras, Susu, dan Alpukat

Tepung Beras

Salah satu cara memutihkan wajah selanjutnya adalah menggunakan tepung beras. Hal ini karena tepung beras mengandung vitamin B, allantoin dan juga tirosinane yang bisa mambuat kulit cerah secara alami. Kamu bisa menggunakan susu ataupun madu sebagai bahan campuran untuk masker tepung beras.

Cara membuat masker ini sangatlah mudah. Kamu hanya perlu siapkan 1 sendok makan tepung beras, kemudian tambahkan 1 sendok makan susu full cream dan aduk hingga merata. Setelah itu usapkan pada wajah kurang lebih 15 menit. Selanjutnya, kamu bisa bilas menggunakan air dingin hingga bersih.

Susu

Cara memutihkan wajah selanjutnya adalah menggunakan susu. Pada wajah terdapat kolagen agar kulit tetap terlihat kenyal dan tidak berkerut. Susu memiliki kandungan vitamin D yang dapat meningkatkan produksi kolagen, serta vitamin B6 di dalamnya berperan dalam merawat dan menjaga kulit agar tetap sehat dan lembap.

Cara memutihkan wajah dengan susu ini cocok untuk kulit yang kering. Berikut cara memutihkan wajah menggunakan susu:

1. Campur 2 sdm susu segar dengan 1 sdm madu

2. Jadikan masker wajah

3. Biarkan selama 30 menit

4. Bilas dengan air bersih sesudahnya

Alpukat

Alpukat merupakan salah satu buah yang juga bisa digunakan sebagai cara memutihkan wajah.  Kandungan nutrisi yang ada pada buah alpukat ialah karotenoid anti oksidan, vitamin E dan juga vitamin C. Vitamin C pada alpukat bisa membuat kulit tetap kenyal.

Kamu hanya perlu menghaluskan daging buah hingga lembut, kemudian olehkan pada wajah untuk dijadikan masker wajah. Setelah itu diamkan kurang lebih 25 menit. Jika telah menunggu sekitar 25 menit, kamu bisa membilasnya menggunakan air hingga bersih.

4 dari 6 halaman

Pisang, Lemon, dan Tomat

Pisang

Pisang juga efektif digunakan sebagai cara memutihkan wajah. Hal ini karena pisang memiliki kandungan vitamin C yang cukup banyak.

Caranya pun cukup mudah, kamu hanya perlu menghaluskan pisang hingga benar-benar lembut. Kemudian tambahkan satu sendok makan madu dan aduk hingga rata. Gunakan bahan tersebut sebagai masker wajah dan diamkan hingga mengering. 

Setelah itu, bilas dengan air bersih. Kamu bisa menggunakan masker pisang ini secara rutin. Hal ini dilakukan agar kamu mendapatkan hasil yang maksimal.

Lemon

Lemon yang juga kaya antioksidan dan vitamin C juga bisa dijadikan cara memutihkan wajah selanjutnya. Tidak hanya itu, lemon juga mengandung asam alpha hidroksi yang dapat menangkal radikal bebas yang ada dalam kulit.

Caranya menggunakannya sebagai berikut:

1. Oleskan perasan air lemon pada wajah Anda

2. Diamkan selama 15 menit

3. Bilas dengan air hangat

Tomat

Cara memutihkan wajah selanjutnya bisa juga dengan menggunakan tomat. Senyawa antioksidan yaitu likopen yang ada dalam tomat terbukti dapat menangkal radikal bebas agar wajah cerah dan berseri. Tomat juga dapat menjadi tabir surya alami untuk meminimalisir kerusakan yang diakibatkan sinar UV.

Cara penggunaannya adalah dengan menumbuk halus tomat hingga menjadi bubur. Kemudian oleskan pada wajah, lalu diamkan selama 30 menit. Setelah itu, bilas dengan air bersih. Terapkan secara rutin 2-3 kali seminggu maka kamu akan melihat hasilnya.

5 dari 6 halaman

Kentang, Yoghurt, dan Putih Telur

Kentang

Kandungan mineral yang ada pada kentang dapat menjadi antibiotik alami agar penuaan wajah dapat melambat dan membantu regenerasi kulit. Anti-oksidannya yang alami juga berperan penting agar noda atau flek wajah dapat tersamarkan dan hilang sempurna.

Cara menggunakannya cukup dengan tumbuk halus kentang yang telah direbus, lalu campurkan dengan 2 sdm susu hingga berbentuk pasta. Kemudian, oleskan pada wajah dan diamkan selama 30 menit. Setelah itu, bilas dengan air bersih.

Cara memutihkan wajah ini akan efektif jika kamu mengaplikasikannya secara rutin pada malam hari sebelum tidur.

Yoghurt

Yoghurt mengandung kalsium dan zinc yang baik untuk wajah. Kalsium berperan penting untuk mencegah kulit kering dan dehidrasi, sedangkan zinc berperan mengatasi masalah kulit. Ada juga vitamin B kompleks yang dapat menyehatkan kulit dan membuatnya bersinar alami.

Penggunaanya cukup mudah, cukup dengan menyediakan yoghurt segar tanpa rasa, lalu gunakan sebagai lulur pada tubuh.

Putih Telur

Protein yang tinggi akan membantu regenerasi kulit agar sel kulit mati segera hilang dan tergantikan dengan sel kulit baru yang lebih sehat. Kamu bisa menerapkan cara memutihkan wajah dengan putih telur dengan mudah.

Tinggal pisahkan putih dan kuning telur, lalu kocok hingga berbusa. Kamu bisa menambahkan madu dan jeruk nipis agar bau amis dapat tersamarkan. Terapkan pada wajah, kemudian diamkan selama 30 menit. Setelah itu, tinggal bilas dengan air hangat. Lakukan dengan rutin setelah mandi.

6 dari 6 halaman

Kulit Jeruk, Lidah Buaya, dan Pepaya

Kulit Jeruk

Dibandingkan dengan buahnya, kulit jeruk ternyata lebih banyak mengandung vitamin C. Kulit jeruk dapat dipakai sebagai masker wajah yang berguna untuk memutihkan wajah dan menghilangkan noda di wajah. Kadar anti-oksidan yang ada pada kulit jeruk akan membantu kulit untuk memperbaiki kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.

Cara memutihkan wajah dengan kulit jeruk adalah sebagai berikut:

1. Jemur kulit jeruk hingga benar-benar kering

2. Tumbuk kulit jeruk hingga halus

3. Campur dengan air hingga berbentuk pasta

4. Oleskan pada wajah Anda yang sebelumnya telah dibersihkan

5. Diamkan selama 30 menit

6. Bilas dengan air hangat

Untuk memperoleh hasil yang maksimal, sebaiknya lakukan perawatan ini dua kali dalam seminggu.

Lidah Buaya

Zat yang menghambat pembentukan melanin yang membuat wajah menjadi gelap yakni aloesin ada dalam lidah buaya. Itulah sebabnya banyak jenis produk pencerah wajah yang memasukkan lidah buaya dalam komposisinya. Selain itu, lidah buaya juga berfungsi untuk melembabkan dan membersihkan kulit wajah.

Cara memutihkan wajah dengan lidah buaya adalah sebagai berikut:

1. Ambil gel lidah buaya yang ada di tengah

2. Oleskan secara merata pada kulit wajah

3. Diamkan selama 15 menit

4. Bilas dengan air bersih

Sebaiknya lakukan cara ini secara rutin pada pagi dan sore hari agar mendapatkan hasil yang memuaskan.

Pepaya

Enzim papain yang ada dalam pepaya dapat membantu meregenerasi kulit. Vitamin A, C, dan E sebagai anti-oksidan akan turut membantu menutrisi dan melembapkan kulit. Pepaya akan menjadi sunscreen atau tabir surya alami bagi kulit wajah kamu.

Cara menggunakannya mudah saja, pertama haluskan pepaya. Setelah lembut, gunakan sebagai masker. Lalu, diamkan selama 30 menit dan bilas dengan air hangat. Melakukan perawatan ini dengan rutin selama 2 3 kali dalam seminggu akan membantu kulit wajah memutih dengan cara yang alami.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini