Sukses

5 Jurus Ampuh Basmi Tikus Saat Musim Hujan

Selain kecoa dan ular, Tikus menjadi hewan yang kerap muncul saat musim hujan tiba. Hewan ini merupakan hama yang sering mengganggu di rumah.

Liputan6.com, Jakarta Selain kecoa dan ular, Tikus menjadi hewan yang kerap muncul saat musim hujan tiba. Hewan ini merupakan hama yang sering mengganggu di rumah.

Hewan pengerat ini tak cuma suka mengotori dan merusak perabot rumah, tetapi bisa juga membawa penyakit. Untuk itu, jagalah kebersihan di rumah untuk mencegah tikus datang. Ingat, tikus selalu senang dengan tempat yang kotor, gelap, dan lembab.

Ada banyak cara mengusir tikus yang berdiam di dalam rumah. Pengusiran tikus sebaiknya dilakukan cepat saat Anda menyadari ada tikus di rumah. Dilansir dari berbagai sumber, berikut beberapa cara mudah untuk mengusir tikus di rumah.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cara alami

1. Lada bubuk

Cara mengusir tikus dengan lada bubuk adalah dengan menaruh lada bubuk di tempat persembunyian tikus atau di tempat yang sering didatangi. Senyawa piperin yang ada pada lada sangat menyengat akan membuat tikus merasa terganggu dan pergi.

2. Irisan bawang

Bawang sangat efektif untuk menyingkirkan tikus secara alami. Bau bawang dianggap tikus sangat menjijikkan. Tikus tidak menyukai aroma dari bumbu dapur yang satu ini. Letakkan irisan bawang di tempat yang sering tikus datangi atau di tempat persembunyiannya, dijamin tikus tidak akan betah berlama-lama di sana.

3. Bubuk atau saus cabai dicampur deterjen dan air

Cara mengusir tikus yang lainnya adalah dengan menggunakan campuran saus cabai dengan deterjen dan dicampur dengan air. Taruh campuran tersebut ke dalam botol semprotan. Kamu bisa menyemprotkan cairan tersebut ketika tikus muncul. Cairan ini efektif sebagai cara mengusir tikus karena tikus akan merasa panas dan kemudian akan lari.

4. Baking soda

Baking soda bisa menjadi cara mengusir tikus secara alami. Cara mengusir tikus dengan menggunakan baking soda adalah dengan mencampurkan baking soda ke makanan yang kerap diincar oleh tikus. Melahap makanan yang sudah diberi soda akan menyebabkan badan tikus menggembung karena mereka tidak bisa mengeluarkan gas yang dihasilkan soda. Tikus tidak akan langsung mati di tempat, melainkan mereka akan lari ke ruang terbuka sebelum mati karena menahan gas tersebut.

5. Lem tikus       

Selain bahan yang mudah itu, kamu juga bisa menggunakan lem tikus. Biasanya lem ini memiliki bentuk seperti papan yang bisa dibuka. Kamu tinggal taruh makanan di atas lem tersebut. Saat tikus itu makan, ia akan terjerat dalam lem. Kamu tinggal tutup dan membuangnya. Lebih mudah kan.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.