Sukses

18 Cara Memutihkan Gigi dengan Bahan Alami

Cara memutihkan gigi bisa menggunakan bahan alami dan mudah dipraktikkan.

Liputan6.com, Jakarta Cara memutihkan gigi ternyata sangat mudah. Cukup terapkan cara memutihkan gigi dengan bantuan bahan-bahan yang ada di sekitar Anda. Dengan penerapan cara memutihkan gigi yang konsisten, maka secara berkala gigi kuning akan bertahap cerah kembali.

Lantas, apa untungnya memiliki gigi putih? Bayangkan saja, ketika harus bertemu orang atau acara penting, Anda perlu tersenyum agar terlihat ramah. Meski penampilan sudah sangat maksimal, baju dengan setelan terbaik, namun jika gigi belum putih cerah, maka akan menurunkan penampilan Anda. 

Kendati ada cara memutihkan gigi yang cepat, yaitu dengan tindakan medis. Namun cara memutihkan gigi tersebut cukup mengeluarkan biaya yang tidak sedikit. Nah, maka dari itu Liputan6.com telah merangkum dari berbagai sumber bagaimana cara memutihkan gigi yang mudah tersebut, Kamis (25/2/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Cara Memutihkan Gigi

1. Apel

Cara memutihkan gigi yang pertama bisa menggunakan buah apel. Buah ini dikenal kaya akan serat, maka, ketika sedang mengunyahnya, secara otomatis akan membersihkan noda yang terdapat pada gigi. 

2. Arang

Arang juga merupakan salah satu cara memutihkan gigi yang tepat. Sifat alkali dalam arang berfungsi untuk mengikis dan menghilangkan noda kuning pada gigi. Kendati terlihat kotor, penggunaan arang dalam skala kecil tidak akan berdampak negatif pada tubuh. 

3. Lemon

Lemon memiliki kandungan asam yang berfungsi sebagai alkali alami dan berguna untuk menyeimbangkan kadar pH dalam mulut. Lemon juga salah satu antibakteri yang efektif untuk membasmi bakteri penyebab gigi kuning.

3 dari 7 halaman

Cara Memutihkan Gigi

4. Jeruk nipis

Selain cara memutihkan gigi dengan buah lemon, jeruk nipis juga sangat efektif digunakan untuk membasmi bakteri dalam mulut sehingga gigi menjadi putih.

5. Cuka apel

Penggunaan cuka apel juga dikenal efektif sebagai cara memutihkan gigi secara alami. Penggunaannya juga mudah dan minim efek samping.

6. Minyak kelapa

Selanjutnya, cara memutihkan gigi bisa menggunakan minyak kelapa. Bahan ini selain kaya akan vitamin, juga bisa membersihkan noda penyebab gigi kuning.

4 dari 7 halaman

Cara Memutihkan Gigi

7. Minyak cengkeh

Minyak cengkeh dikenal memiliki khasiat untuk mengobati sakit gigi. Akan tetapi, minyak cengkeh juga menjadi salah satu cara memutihkan gigi yang efektif. Penggunaan minyak cengkeh ini juga sangat mudah.

8. Siwak

Bagi umat muslim, tentu sudah tidak asing dengan siwak. Siwak sangat dikenal sebagai obat herbal untuk menjaga kesehatan mulut. Siwak sendiri, dipercaya ampuh dalam menghambat pertumbuhan bakteri, mengikis plak, mencegah gigi berlubang, serta menjadi salah satu cara memutihkan gigi secara alami. Sejak zaman dahulu, penggunaan siwak yang paling umum dengan cara dikunyah.

9. Daun sirih

Daun sirih merupakan cara memutihkan gigi yang tidak kalah efektif. Bahkan, penggunaan daun sirih adalah resep tradisional sejak zaman nenek moyang yang terbukti manjur. Selain salah satu cara memutihkan gigi, daun sirih berguna sebagai penguat gigi, menghentikan pendarahan pada gusi, hingga menghilangkan bau mulut.

5 dari 7 halaman

Cara Memutihkan Gigi

10. Daun salam

Daun salam dikenal memiliki banyak kandungan yang bisa menjaga kesehatan gigi secara efektif. Di dalam daun salam terdapat kandungan minyak atsiri, sitral, tannin, flavonoid, metal kavikol, serta mengandung vitamin A, B, C, D, kalsium, zat besi, kalium, serta magnesium. Gabungan beragam zat-zat ini ampuh dijadikan salah satu cara memutihkan gigi.

11. Daun mimba

Kemudian, cara memutihkan gigi bisa menggunakan daun mimba. Daun mimba mengandung azadirahtin yang sangat berguna sebagai antibakteri dan dikenal efektif sebagai cara memutihkan gigi secara alami. Cara penggunaannya mudah dan sangat aman.

12. Kulit jeruk

Adanya kandungan zat pektin dan juga minyak atsiri yang ada di dalam kulit jeruk, sangat berguna untuk memutihkan gigi secara alami. Di sisi lain, kulit jeruk juga bisa menjaga kesehatan mulut dan gigi Anda.

6 dari 7 halaman

Cara Memutihkan Gigi

13. Kulit pisang

Cara memutihkan gigi dengan bahan alami salah satunya bisa menggunakan kulit pisang. Jadi, setelah makan pisang jangan langsung dibuang kulitnya, ya.

14. Pinang

Kemudian, buah pinang di dalamnya mengandung astringent dan hemostatik dari zat tannin, yang mana bisa digunakan sebagai salah satu cara memutihkan gigi dengan bahan alami.

15. Stroberi

Buah stroberi ternyata bahan alami yang bisa menjadi salah satu cara memutihkan gigi. Stroberi mengandung Vitamin C dan asam malat yang akan mengikis noda pada gigi. Selain itu, stroberi juga berguna untuk mencegah sariawan, gusi berdarah serta ampuh dalam membunuh bakteri dalam mulut.

7 dari 7 halaman

Cara Memutihkan Gigi

16. Susu

Minum susu dapat mencukupi asupan kalsium pada tubuh yang berfungsi untuk menjaga kekuatan gigi Anda. Di dalam susu terkandung fosfor dan magnesium yang dapat berfungsi sebagai cara memutihkan gigi secara alami.

17. Jahe

Kemudian, salah satu bahan masakan ini dikenal punya kandungan antibakteri yang berfungsi untuk membersihkan noda yang menempel pada gigi. 

18. Dark chocolate

Dark chocolate atau cokelat hitam di dalamnya terkandung suatu zat yang bisa melapisi dan memutihkan gigi. Namun ingat, jangan terlalu berlebihan dalam konsumsi cokelat tersebut, terutama jika di dalamnya terkandung gula.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini